25th Wedding Anniversary

fitri QM
Fitriavi Noeriman ST, AEPP, CFP Lulusan jurusan Teknik Pertambangan ITB. Perencana Keuangan Independen.
Have question for our experts ?
Feel free to ask them here!

Fit, datang ya ke acara syukuran ulang tahun pernikahan kami yang ke-25
Hari Sabtu 15 Maret 2014, di Bumi Bandhawa Bandung

Wah… sudah 25 tahun Teteh menikah dengan Akang, teh? Ya ampun kok masih cantik dan ganteng begini sih? Gak disangka! Insyallah datang, Teteh.

 

Maka datanglah saya ke acara syukuran pernikahan salah satu klien favorit yang sudah bersama QM Financial sekitar kurang lebih enam tahun. Acaranya sangat unik, cantik, hangat, dan berkesan sekali. Saya dan suami merasa beruntung sekali bisa hadir di acara ini. Mengapa? Karena di saat begitu banyak pernikahan kandas, perceraian, perselingkuhan, masih ada setitik harapan indah melihat kisah cinta romantis mereka berdua yang bertahan sampai dengan 25 tahun. Menginsiprasi kami berdua untuk melakukan hal yang sama, itu juga yang dikatakan oleh Zaira (anak pertama saya) saat melihat acara wedding anniversary ini. Kata Zaira, “ Ma, Pa, nanti kalau sudah menikah 25 tahun buat acara kayak gini ya.” Insyallah… Amin…

Mereka tidak mengundang banyak orang, hanya keluarga dekat dan sahabat. Tapi justru ini yang membuat sangat spesial. Acara diawali dengan lagu tahun 80-an yang dibawakan oleh MC sekaligus penyanyi kondang di zamannya, Ronny Waluya. Kemudian dilanjutkan dengan pemutaran video jejak perjalanan pernikahan yang dibuat oleh kedua anak Kang Ricky dan Teh Anne. Setelah itu pasangan yang berbahagia dipanggil ke depan dan ditanya apa resep awet pernikahan mereka, jawaban nya hanya satu: CINTA. Cinta yang mereka jaga untuk tetap utuh dan tidak memudar dan cinta dari kedua orangtua dan keluarga besar mereka. Acara diakhiri dengan pemberian tanda kasih yang secara simbolik menunjukkan terima kasih dari Kang Ricky dan Teh Anne kepada ayah-ibu dan keluarga besar yang telah memberikan teladan dan CINTA. Duh, momen itu membuat saya menitikkan air mata. Ini adalah acara syukuran ulang tahun  pernikahan paling berkesan yang pernah saya hadiri…

Selama mengenal mereka berdua, Kang Ricky dan Teh Anne, kurang lebih 6 tahun ini. Banyak hal yang saya petik dari kebersamaan mereka, banyak cerita yang menginspirasi saya. Mungkin mereka belajar tentang cara mengatur uang dari saya. Tapi justru saya belajar lebih banyak dari mereka. Bagaimana cara mempertahankan pernikahan dan tetap membuatnya menyenangkan. Misalnya, meskipun kantor mereka berjauhan, setiap hari mereka selalu saling mengobtrol dan saling menelepon menemani perjalanan sampai ke kantor masing-masing, pulang kantor terkadang mereka janjian untuk karaoke bersama sebelum pulang, sering pula mereka pergi berdua piknik ke tempat-tempat nostalgia. Ini dimungkinkan karena anak-anak mereka sudah cukup besar, sehingga bisa memiliki waktu luang bersama. Tapi tetap saya salut karena meskipun mereka telah berpacaran sejak SMP sepertinya tidak ada kebosanan di antara mereka.

Satu hal lain yang tidak kalah penting sebagai resep awetnya pernikahan mereka adalah keterbukaan soal uang. Karena berdasarkan hasil survei, penyebab utama dari perceraian adalah masalah uang. Kesannya sepele, tapi ternyata hal sepele ini bisa menjadi masalah besar bahkan menjadi penyebab utama perceraian. Mereka berdua selalu berkomitmen untuk hadir di setiap meeting untuk membahas keuangan, mereka terbuka menginformasikan pendapatan dan pengeluaran masing-masing, mereka memiliki mimpi dan tujuan bersama yang ingin dicapai, dengan memiliki mimpi bersama membuat mereka berdua berkomitmen untuk mengatur uang, menabung bersama. Salah satu tujuan jangka panjang yang membuat mereka tetap semangat adalah pensiun nyaman sejahtera. Tujuan lucu lainnya adalah mempersiapkan dana pernikahan untuk anak-anaknya, bahkan dana pernikahan untuk Kakak sudah siap meskipun anak sulung mereka belum siap menikah secepat dananya terkumpul.

Terimakasih Ma Anne dan Pa Ricky yang telah mengizinkan saya untuk membuat artikel ini, semua isi artikel telah dibaca dan disetujui oleh mereka berdua. Semoga cerita ulang tahun pernikahan ke-25 ini tidak hanya menginspirasi saya, tapi juga semua urban mama yang baru menjalani pernikahan beberapa tahun.

11 Comments

  1. dina_s47
    dina_s47 April 2, 2014 at 12:28 pm

    Menginspirasi, tks sharingnya… Ingin seperti itu….

  2. arninta
    arninta pusiptasari April 2, 2014 at 2:24 pm

    inspiratif bangeet…semoga bisa ky gini juga sama suami :’)

  3. ibumaliq
    ibumaliq April 2, 2014 at 3:08 pm

    semoga bisa mengikuti jejaknya, tfs mba fitri :)

  4. NilaTalitha
    NilaTalitha April 4, 2014 at 6:03 am

    Wow..wow..subhanallah.. sangat inspiratif. Terharu bacanya :’)

  5. gabriella
    Gabriella Felicia April 4, 2014 at 7:33 am

    Keren banget ya… merayakan wedding anniversary itu prestasi tersendiri ya! Beberapa tahun lalu opa-oma gw juga merayakan ulang tahun pernikahan mereka yang ke-60!

  6. netta
    netta April 4, 2014 at 11:29 am

    waa…terharu bacanya, smg bisa ky gini jg, aamiin

  7. bububaim
    bububaim April 4, 2014 at 1:24 pm

    Subhanallah.. semoga bisa mengikuti jejak mereka ya.. TFS ya mba Fitri.. inspiratif bgtsss.. :)

  8. ZataLigouw
    Zata Ligouw April 5, 2014 at 10:51 am

    terharu bacanya. makasihhh mbak Fitri atas ulisannya yang inspiratif…

    jadi pengen ngerayain anniv. yg ke-13 juga tahun ini.. *lho*

  9. Shinta_daniel
    Shinta Daniel April 7, 2014 at 7:42 am

    Waah pestanya intimate dan romantis banget yaa.. subhanallah, semoga bisa menjadi teladan keluarga muda (dan saya juga) untuk bisa mempertahankan perkawinan langgeng dan awet seperti Kang Ricky dan Teh Anne.. Happy 25th anniversary untuk Kang Ricky dan Teh Anne :)

  10. Nanda Melantika
    Nanda Melantika April 7, 2014 at 9:30 am

    wow… hebat,pelajaran berharga banget

  11. fitri QM
    fitriavi noeriman April 7, 2014 at 9:40 am

    hihi .. makasih udah pada baca and comment. pengen sharing cerita ini ke semua pasangan yang baru nikah beberapa tahun. karena emang yang susah itu pertahanin pernikahan. mudah2an kita semua bisa yaaaa

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.