270 Mutiara Inspirasi Ibu Hamil


270 Mutiara Inspirasi Bagi Ibu Hamil

Penulis: Navita Kristi Astuti
Penerbit: Pustaka Rama, 2012
ISBN: 978-602-914-12-9
Tebal: 210 hal

Kehamilan adalah kejadian besar bagi perempuan yang akan mengubah fisik maupun mentalnya. Kehamilan menjadi hal yang membahagiakan jika diingat apa yang akan perempuan peroleh sesudahnya, tetapi sebelum itu, kehamilan menjadi hal yang menakutkan karena melibatkan proses-proses fisik yang tidak mudah bagi perempuan.

Disadari atau tidak, seorang perempuan yang hamil akan mengalami kekhawatiran dari hari ke hari sepanjang kehamilannya. Di sisi lain, perempuan dituntut lebih rileks agar tidak berpengaruh buruk pada janin. Tentu bukan hal yang mudah untuk dilakukan.

Karena itu, perempuan hamil membutuhkan sumber ketenangan dari lingkungan sekitar, terutama suami dan keluarga. Berangkat dari situ, Navita Kristi Astuti menulis buku 270 Mutiara Inspirasi Bagi Ibu Hamil. Tujuan Navita adalah memotivasi para calon ibu yang tengah menanti kehamilan.

Buku ini berisi 270 renungan harian yang disesuaikan dengan usia kehamilan. Setiap hari ada satu mutiara inspirasi bagi calon ibu. Namun bukan berarti tidak boleh dibaca lebih banyak, karena kita pasti ingin terus membaca butiran-butiran mutiara tersebut tanpa berhenti.

Berikut sedikit cuplikan mutiara-mutiara inspirasi tersebut:

Hari ke-23: Apa pun yang terjadi, bersyukurlah. Di sini ibu hamil dituntun untuk bersyukur walaupun kehamilan mungkin tidak pada waktu yang diharapkan. Tuhan Mahatahu apa yang terbaik. Oleh karena itu bersyukur adalah cara Anda mengikhlaskan rencana Tuhan pada diri Anda.

Hari ke-37: Bersiaplah, petualangan besar dimulai. Sesiap apa pun merencanakan kehamilan, Mama harus siap menghadapi kejadian tak terduga. Setiap kehamilan tidak penah sama. Semua peristiwa dalam kehamilan adalah petualangan.

Hari ke-67: Terbawa arus atau menentukan arah sendiri? Mood swing saat hamil kerap terjadi dan wajar. Mama bisa saja tertawa atau menangis dalam waktu yang berdekatan. Akankah Anda terbawa arus perasaan tak menentu atau mengambil tindakan tertentu dan memberi arah sendiri bagi jiwa Anda? Biarkan perasaan mengalir, namun jangan terseret di dalamnya.

Hari ke-173: Terbentuknya insting keibuan. Begitu menjadi mama, Anda akan lebih awas terhadap kerentanan dan marabahaya.

Hari ke-219: Saya akan menghadapi rasa sakit dan mengalir bersamanya. Hukum aksi reaksi berlaku di muka bumi. Ketika Anda menolak sesuatu dengan keras, maka akan keras juga ia bertahan. Begitupun dengan rasa sakit.

Hari ke-249: Berbagi kasih sayang bukan membagi (mengurangi) kasih sayang. Biasanya mama yang tengah mengandung anak kedua dihantui perasaan tidak bisa berbagi kasih sayang secara adil. Pada kenyataannya, kasih sayang mama tidak akan berkurang. Yakinkan bahwa Anda tidak akan pernah meragukan kemampuan memberikan kasih sayang pada anak-anak.

Hari ke-270: menembus batas. Katakan pada diri Anda: Saya akan menghadapi babak baru dengan berani dan akan berjuang melampaui semua batas itu.

(Penasaran dengan 263 mutiara yang lain?)

Buku ini bukan kumpulan tips-tips walaupun di dalamnya terselip tips kehamilan sesuai usianya. Buku ini lebih bersifat meringankan kegalauan para calon ibu selama kehamilan. Butiran mutiara yang disusun berdasarkan hari kehamilan juga bukan berarti berlaku sama pada setiap kehamilan. Penomoran hanyalah untuk membuat pembaca dapat menikmatinya dengan mudah. Satu butir mutiara sehari akan meringankan beban calon ibu.

Selamat menikmati hari-hari kehamilan, Urban Mama.

3 Comments

  1. avatar
    Murtiyarini November 20, 2012 1:55 pm

    Isinya bagus Bunda, ringan tapi berisi. :)

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    arkandio November 18, 2012 7:59 pm

    Bagus niy bwt referensiin k temen takut melahirkan...

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    WiwiT November 18, 2012 12:20 pm

    wahh.. bukunya mungkin bisa membantu yang pas stress prenatal yaa.. agar bisa lbh rileks dan tetap optimis menghadapi proses persalinan. Thanks for share.. ;)

    1. avatar

      As .