4 Alasan yang Menyenangkan Bersepeda Bersama Anak

Sudah cukup lama saya ingin punya sepeda. Tiga tahun yang lalu, saya pernah mampir ke beberapa toko sepeda di STC untuk melihat-lihat tapi kemudian keinginan tersebut terlupakan. Sampai akhirnya beberapa minggu yang lalu, keinginan itu datang lagi. Kali ini, sudah yakin untuk membeli sepeda yang dahulu saya taksir.

Sebelum sepeda datang, saya sibuk cari helm untuk anak dan saya. Bagi saya, bila bersepeda wajib memakai helm karena saya berencana menggunakannya di jalan raya, jadi faktor keamanan bagi saya sangat penting.  

Sabtu beberapa minggu yang lalu, akhirnya saya dan Alde, anak sulung saya bersepeda. Dari rumah sekitar pukul 7 pagi, menuju Monas dan kembali ke rumah.

Menyenangkan sekali ya bersepeda santai di hari Sabtu berdua dengan anak. Saya sangat merekomendasikan bersepeda bersama anak. Kenapa? Ini dia 4 alasannya:

1. Bonding
Setiap Sabtu pagi, saya deklarasikan sebagai hari kencan saya bersama Alde. Naik sepeda ke kafe untuk sekadar minum teh dan makan kue sambil mendengarkan cerita-ceritanya yang tanpa henti. Ini memperkuat bonding antara kita sebagai ibu dengan anak. Apalagi anak beranjak besar. Nanti pasti akan sibuk dengan kegiatannya sendiri. Jadi kita harus meluangkan waktu khusus untuk berkencan dengannya.

2. Melihat Dunia dari Sisi Lain
Kami sering melewati jalan yang sama dengan menggunakan mobil. Berbeda dengan bersepeda, Alde tidak berhenti berkomentar. Tentang gedung yang dilihatnya, tentang lingkungan yang kami lalui, dan percakapan berkaitan dengan hal lain. Saat bersepeda, kami lebih menikmati apa yang kami lalui. Merasakan angin berembus. Mendengar suara-suara dengan lebih jelas. Berbeda. 

3. Aktivitas Fisik yang Menyenangkan
Siapa yang tidak suka bersepeda? Kegiatan ini sangat menyenangkan dan satu hal yang paling penting, menyehatkan! Bersepeda adalah olahraga low impact yang bisa dilakukan siapa saja dan dapat menjauhkan kita dari penyakit seperti stroke, diabetes, obesitas, depresi. Bersepeda membuat kita bahagia, level fitness kita meningkat, dan memperkuat tulang. 

Tanpa harus banyak kata, kita melakukan nasihat dengan perbuatan, menjaga kesehatan dengan aktif beraktivitas fisik. Ini akan melekat pada ingatan anak dan dia akan melakukan apa yang kita contohkan. Oh lagi pula apakah Mama tahu kalau anak-anak diam-diam suka membanggakan Mama-nya kepada teman-teman di sekolah? "Mama-ku keren loh suka bersepeda dan pernah lari half marathon." Senang kan mendengarnya? 

4. Kenangan
Selesai bersepeda, Alde senang sekali dan langsung menyusun jadwal kencan kami minggu depan. Ternyata ini jadi kenangan yang menyenangkan untuknya. Dia juga bercerita kepada teman-teman mengenai kegiatan barunya bersama saya. 

Jadi, sudah siap kan bersepeda bersama si kecil? :) 

9 Comments

  1. avatar
    Siska Knoch October 24, 2016 11:17 pm

    Aaah ikut seneng liat foto2nya!
    iya teh menyenangkan emang kalo sepedahan sama anak-anak..
    Walo dulu niat awal beli sepeda buat anter jemput abang sekolah yang pada akhirnya ga memungkinkan karena jalan raya pagi itu macet dan rumit demi alasan keamanan jadi dipakai antar jemput kumon aja yg masih didalam komplek dan jalan2 sore dan weekend dipagi hari :))

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    Imelda Sutarno October 24, 2016 3:04 pm

    mba ninit serunyaaa sepedaan. Iya bener mbak, safety first. Even cuma sepedaan jarak deket dan gak di jalan raya, aku slalu biasain anak-anak pake helm. Btw kalo aku sepedaannya setiap pagi, karena anak lanang cuma mau diantar ibunya ke sekolah naik sepeda mini. Orang lain gak boleh nganter kecuali special case misalnya aku jatuh sakit. Gowes everyday deh judulnya hehe

    1. avatar
      ninit yunita October 24, 2016 4:46 pm

      wahhh asiknyaaa! jadi spesial banget dong mel... sepedaan cuma sama mama-nya <3 love banget.
      beneeer! pokoknya safety first ya mel :) toss!

      1. avatar

        As .



    2. avatar

      As .



  3. avatar
    Cindy Vania October 24, 2016 1:45 pm

    Sepedaan emang menyenangkan ya teh.. akupun udah lama gak sepedaan sama anak-anak semenjak sepeda rusak :( Pengen punya city bike biar enak boncengin anak, heheeh..

    1. avatar
      ninit yunita October 24, 2016 4:45 pm

      yahhh sepedanya rusak kenapa cin? coba dibenerin lagi deh... biar seru sepedaan sama anak-anak bareng-bareng.

      1. avatar

        As .



    2. avatar

      As .



  4. avatar
    maya rumi October 24, 2016 10:41 am

    mbak ninit, aq baru mau rencana untuk bersepeda lagi dengan anakku yang baru 2 tahun, dulu ketika dia usia 1 tahun, aq sering bonceng sepeda hampir setiap hari, keliling komplek saja, Terima kasih sudah mengingatkan lagi..

    1. avatar
      ninit yunita October 24, 2016 4:44 pm

      yay! menyenangkan banget yaaa maya :) asik banget bisa keliling komplek... itu seruuu :) nanti share yaaa gimana gimananya.

      1. avatar

        As .



    2. avatar

      As .



  5. avatar
    zata ligouw October 23, 2016 9:40 am

    aku udah jarang sepedaan bareng anak2 sejak kaka dan abang makin gede, karena biasanya wiken juga sering ada ekskul :(. Hmm, harus diusahain emang ya teh... bener, bondingnya berasa banget kalo sepedaan bareng anak-anak..

    1. avatar
      ninit yunita October 23, 2016 5:22 pm

      zata, ayooo!
      sama sabil ta :) ke sekolah kan deket.
      mayan loh bikin paha kencang :D

      1. avatar

        As .



    2. avatar

      As .



Post a Comment

You must be logged in to post a comment.