6 Tips Memotret si Kecil

ikeow

Mama Papa, ayo siapkan kamera!

1. Play, don’t pose
Aturan pertama pada saat memotret anak-anak adalah biarkan mereka bergerak bebas sesuai keinginan mereka, bukan sesuai dengan keinginan kita. Setiap anak secara alami adalah foto model yang luar biasa. Mereka memiliki ekspresi-ekspresi menarik untuk diabadikan, yang tidak dimiliki oleh orang-orang dewasa. Jangan paksa anak untuk tersenyum atau berpose. Lebih baik, buat ekspresi atau suara-suara selucu mungkin untuk membuat mereka tertawa alami, ajak mereka bermain, dan… klik!

2. Berhati-hati dengan background
Background foto yang tidak terlalu ramai akan membuat si kecil yang merupakan fokus utama, menjadi lebih menonjol. Pada saat memotret, cobalah lebih jeli dengan latar belakang foto untuk menghasilkan foto-foto yang bagus. Foto di bawah ini, contohnya, biarpun saya sangat menyukai ekspresi si model kecil dan juga lokasi pemotretannya, tapi karena saya kurang berhati-hati, ‘penampakan’ mobil silver di belakang menjadi terlihat sangat mengganggu. Sayang sekali ya?

3. Bermain dengan foreground
Foregound bisa membantu Mama ‘membingkai’ ekspresi lucu si kecil dan menciptakan foto-foto yang unik. Cobalah sekreatif mungkin dalam memilih foreground, bisa jadi itu adalah mainan, tanaman, atau… teralis jendela seperti yang saya coba di bawah ini.

4. Perhatikan sumber cahaya
Sumber cahaya adalah resep utama untuk menghasilkan foto-foto yang bagus. Untuk mendapatkan hasil foto yang oke, hindari menggunakan blitz kamera dan pilihlah pencahayaan alami. Alih-alih memotret di bawah sinar matahari langsung yang akan membuat wajah si kecil berbayang-bayang, pilihlah area yang teduh yang akan membuat cahaya tersebar merata ke seluruh wajah. Cahaya dari arah samping akan menampilkan siluet dan menambah dimensi yang menarik, sementara cahaya dari arah depan juga akan menghasilkan refleksi yang cantik di mata si kecil sehingga membuat matanya terlihat lebih hidup dan berbinar-binar.

5. Zoom in
Siapa sih yang tidak gemas melihat kaki atau tangan anak-anak yang chubby? Atau siapa yang tidak tersentuh melihat mata-mata bening mereka yang polos tidak berdosa dan bibir mungil mereka yang belum dipenuhi gigi? Fokuskan kamera Mama lebih dekat lagi untuk mengabadikan bagian tubuh si mungil. Suatu hari nanti, pasti Mama akan merindukan itu semua.

6. Jangan lupakan properti.
Apakah itu mainan favoritnya, buku cerita, kursi-kursi kecil yang lucu, atau balon warna-warni, pilihlah properti yang sekreatif mungkin. Di sini Mama bisa bermain dengan warna, membuat tema yang unik, atau sekedar mengambil suasana sehari-hari dengan menggunakan barang-barang di sekitar kita. Bonusnya, properti biasanya akan membuat anak ‘melupakan’ kamera, sehingga Mama bisa lebih asyik mengambil foto-foto secara candid.

Selamat mencoba!

14 Comments

  1. middutt
    mia utami April 4, 2013 at 7:27 am

    fotonya bagus-bagus yaaa…
    makasih tipsnya !!

  2. putrism
    Putri SM April 4, 2013 at 8:21 am

    Terimakasih tipsnya :)
    Jadi makin pingin sering2 foto bareng si kecil :d

  3. bundacarissa
    EKA WULANDARI April 4, 2013 at 9:09 am

    KEREENNN;)

  4. wikit
    wikit April 4, 2013 at 9:16 am

    dan… kameranya juga jangan pake kamera HP/smartphone yg ala kadarnya… kebanyakan jadi blur deh karena nda sanggup capture pergerakan anak2… *curcol*

  5. sLesTa
    shinta lestari April 4, 2013 at 9:45 am

    foto2nya keren keren bangeettt.. tapi emang motoin anak2 itu bikin nagih. karena ekspresi mereka yang lepas, lucu dan gak dibuat2. gara2 ini nih, gue malah menggantungkan kamera gue.. gak moto2 landscape lagi, moto anak2 sendiri aja lah.

  6. donaspeed
    dona April 4, 2013 at 11:52 am

    photonya bagus2 ya…aku dan suami juga senang photo-in anak. anak baru 6 bln photonya sdh 2 album, belum lg yg tersimpan di laptop hihihi

  7. ikeow
    ikeow April 4, 2013 at 3:47 pm

    Terimakasih semuanya untuk responnya…Semoga bermanfaat ya tipsnya :)

  8. marce febriyanto
    marce febriyanto April 5, 2013 at 9:58 am

    tipsnya mantep,makasih mom dah sharing…

  9. Ranti Rizanti
    Ranti Rizanti April 5, 2013 at 2:59 pm

    wah tips nomor 1 penting banget itu…
    biasanya kalo lg asik main sm anak dan pas anaknya lagi ceria, baru deh ngibrit cari kamera..biar ga kehilangan momen-nya…

    thanks for the tips! :)

  10. ZataLigouw
    Zata Ligouw April 7, 2013 at 6:47 am

    ahhh..can’t agree more sama nomor 1. Soalnya anak2 kalo disuruh pose malah aneh bahkan kadang lebay hehehe. Thanks tips-nya ya..secara ibu2 kaya kita emang photographer pribadi-nya anak2 kan…

  11. mamaobito
    Ade Yudiastuti April 8, 2013 at 4:48 pm

    Keren! Thank you for sharing.

  12. Madamkoo
    Yulia Karnain April 9, 2013 at 8:39 am

    bagus mbak tipsnya tp ya tetep kalo sama anak kecil tergantung mood ya. sama ya itu naturalnya paling penting.

  13. adhe007
    adhe007 April 11, 2013 at 6:50 pm

    kereeen….makasih tipsnya :)

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.