8 Tips Agar Rumah Tetap Bersih dan Sehat

Marsha Maria An interior designer who works at home. She loves fashion and enjoy styling her baby girl and lives in Jakarta.
 

Bicara tahun baru, rasanya hampir semua orang selalu membuat daftar resolusi untuk di lakukan di tahun yang baru. Sayangnya kebanyakan dari mereka yang membuat resolusi tahun baru justru tidak melaksanakan resolusinya dengan sungguh-sungguh dan cenderung 'lupa' dengan apa yang dijanjikannya menjelang pergantian tahun. Menurut saya daripada sekedar membuat target yang terlalu muluk-muluk, ada sebuah resolusi penting yang bisa dijalankan dari sekarang dan tidak harus menunggu tahun berganti yaitu menjaga kebersihan rumah. Jangan sampai kita sibuk dengan daftar resolusi yang panjang sehingga urusan rumah menjadi terbengkalai. Sebagai seorang istri dan ibu kita harus ingat bahwa keluarga kita membutuhkan rumah yang bersih dan sehat agar terbebas dari segala sumber penyakit.

Tinggal dengan seorang anak yang sedang senang-senangnya bereksplorasi, membuat saya jadi harus lebih ekstra dalam memperhatikan kebersihan dan kesehatan rumah terutama kamar mandi. Kamar mandi adalah bagian yang sangat penting dari rumah kita, namun seringkali kurang diperhatikan karena sering dianggap sebagai hal yang melelahkan, perlu waktu lama dan tenaga ekstra sehingga sering timbul rasa malas untuk membersihkannya. Kita tidak boleh menganggap sepele soal kebersihan kamar mandi. Karena jika kita tidak merawat kamar mandi,  bukan hanya kotor dan licin tapi juga bisa mengancam kesehatan keluarga kita. Seandainya saja kita malas menyikat lantai kamar mandi, hasilnya bukan hanya terlihat jorok namun lantai yang licin bisa menyebabkan terpeleset apalagi dengan adanya balita dirumah. Kamar mandi kotor juga akan menjadi sarang penyakit karena keadaan kamar mandi yang kotor menjadi tempat yang ideal bagi berkembangnya kuman dan bakteri.

Oleh sebab itu saya harus menjaga kondisi kamar mandi tetap bersih karena kamar mandi adalah representasi dari kita sebagai pemilik rumah. Jika kamar mandi kotor, maka pemilik rumah akan dianggap sebagai orang yang kurang bersih juga.

Untuk memiliki kamar mandi yang bersih dan sehat, hal-hal yang saya lakukan, antara lain:

  1. Bersihkan kamar mandi secara teratur: Pastikan area kamar mandi tetap bersih dan tidak licin dengan secara teratur menyikat lantai kamar mandi
  2. Jangan menumpuk pakaian/handuk kotor: Jangan biasakan menggantung/menumpuk pakaian kotor di kamar mandi. Keluarkan dan cucilah pakaian/handuk basah dari kamar mandi.
  3. Jangan menumpuk botol-botol kosong: Terkadang kita lupa membuang botol/wadah yang isinya sudah habis. Selalu cek dan buang jika memang sudah habis agar tidak menumpuk di kamar mandi.
  4. Susun botol-botol dalam wadah dengan teratur: Susun botol-botol produk dalam kamar mandi dengan teratur pada satu wadah sehingga mudah untuk diangkat / dipindahkan saat akan membersihkan kamar mandi.
  5. Perhatikan lubang saluran air: perhatikan lubang saluran air/floordrain yang berada di sudut kamar mandi. Bersihkan lubang dari kotoran seperti plastik dan rambut menutup permukaan lubang. Jika lubang tersumbat kotoran akan membuat air menggenang lebih lama, yang pada akhirnya membuat lantai menjadi licin dan timbul noda.
  6. Gunakan alat pembersih yang tepat: Penting untuk menggunakan alat yang tepat dalam membersihkan kamar mandi agar mendapatkan hasil yang optimal. Gunakan sikat yang tepat untuk membersihkan lantai dan dinding kamar mandi serta kloset. Untuk kegiatan membersihkan kamar mandi jangan lupa menggunakan sarung tangan untuk melindungi tangan kita.
  7. Gunakan produk pembersih yang tepat: Kotoran yang membandel akan mudah dibersihkan jika menggunakan alat dan produk yang tepat. Untuk kamar mandi saya mempercayakan pilihan saya kepada Vixal adalah pembersih porselen yang dapat dengan cepat menghilangkan segala noda, bahkan noda dan kerak paling bandel sekalipun, pada kamar mandi dan kloset. Dengan bahan aktif asamnya (HCl), Vixal mampu mengembalikan permukaan kamar mandi dan kloset bersih mengkilap serta bebas kuman dan bau tak sedap. Cukup dengan Vixal, dijamin kamar mandi Urban Mama akan selalu bersih dan sehat.
  8. Biasakan selalu menjaga kebersihan: Supaya kamar mandi tidak cepat kotor, maka jangan jorok saat menggunakan kamar mandi. Perhatikan botol sabun/sampo setelah menggunakannya apakah masih ada tetesan yang menempel di botolnya. Bersihkan selalu setelah menggunakannya agar tidak menimbulkan kerak yang mengganggu pemandangan. Simpan peralatan pembersih kamar mandi dengan rapih di kamar mandi supaya anggota keluarga juga bisa mengikuti cara kita menjaga kebersihan kamar mandi.

Nah, demikian cara saya dalam menjaga kebersihan kamar mandi di rumah saya. Kamar mandi yang bersih dan sehat menciptakan keluarga yang sehat pula dan kita tidak perlu malu saat ada tamu yang berkunjung ingin menggunakan kamar mandi kita yang bersih dan sehat. Nah sahabat Urban Mama selain selalu tetap menjaga kebersihan dan kesehatan kamar mandi, kita juga harus selalu menjaga kebersihan setiap area di rumah kita terutama kebersihan lantai dan dapur kita dengan selalu menggunakan alat dan produk pembersih yang tepat.

Nah, urban mama, sekarang kita juga bisa membeli produk pembersih yang tepat untuk menjaga kebersihan rumah dengan lebih mudah, secara online di blibli.com.

 

12 Comments

  1. avatar
    Aini Hanafiah January 4, 2017 4:29 pm

    Marsha, kamar mandinya cling bangeeett :D Saya malah menikmati sekali kegiatan ngosek kamar mandi sekalian menyalurkan stress, hihi. Kalau kamar mandi bersih, rasanya tuh puaaasss banget. Dan paling suka pakai pembersih kamar mandi yg beraroma pinus, wanginya terkesan bersih & segaarr.

    1. avatar
      Marsha Maria January 5, 2017 3:07 pm

      ahh..makasih.. iya aroma pinus seger banget yaaa.. jadi betah dikamar mandi..hehehe

      1. avatar

        As .



    2. avatar

      As .



  2. avatar
    Musdalifa Anas January 4, 2017 1:56 pm

    Marsha, setuju banget kalau kamar mandi tuh merepresentasikan pemilik rumah, gue biasanya kalau berkunjung ke rumah orang atau menginap dimana gitu pasti yang pertama kali dilihat adalah kamar mandi. Toss ah di rumah juga pakai vixal, superpell dan tentunya sunlight yg warna biru buat cuci piring :P

    1. avatar
      Marsha Maria January 5, 2017 3:08 pm

      toss! produk2nya emang oke banget deh buat kegiatan bersih-bersih.. semuanya lengkap!

      1. avatar

        As .



    2. avatar

      As .



  3. avatar
    May Sukmasari January 4, 2017 10:49 am

    mama Marsha terima kasih ya tipsnya, sama nih di rumah pakai produk pembersih unilever, pencuci piring, superpell yang aroma apel dan vixal buat kamar mandi. Lumayan ya promonya yang diblibli, dapat keranjang cantik, oke banget buat pajangan :)

    1. avatar
      Marsha Maria January 5, 2017 3:08 pm

      duh superpell yang apel emang paling enak wanginya..aku juga pakeee..hehehe.. oh ya dapet keranjang cantik ya? langsung meluncur ke blibli.. hehe

      1. avatar

        As .



    2. avatar

      As .



  4. avatar
    Siska Knoch January 4, 2017 9:32 am

    Makasi tipsnya Cha, rumah nyaman ato engga bisa dirasain dari bersih engga-nya memang!

    1. avatar

      As .



  5. avatar
    Eka Gobel January 3, 2017 7:16 pm

    Toss marsha! Bersih2 toilet tuh andalan banget pake vixal :)

    1. avatar

      As .



Post a Comment

You must be logged in to post a comment.