Agar Rumah Bebas Kuman

Siapa sih yang tidak mau punya rumah bersih?

Saya pun begitu, walaupun saya bukan clean freak dan tidak punya fobia berlebih terhadap kuman, saya tetap peduli masalah kebersihan rumah. Apalagi, saya punya Arasy (3 tahun) yang sedang senang-senangnya mengeksplorasi lingkungan sekitar. Ia suka bermain mobil-mobilan di lantai; bermain air, sepeda, dan bola di halaman; atau mengacak-acak semua pajangan dan buku yang ada di dalam lemari.

Tentunya, saya harus memastikan kenyamanan rumah agar Arasy bisa asyik bermain. Kami menjauhkan barang-barang berbahaya dari jangkauannya, seperti pisau dan gunting, colokan listrik dan barang kecil lainnya kemungkinan mudah tertelan. Kami juga memastikan kalau lantai dipel setiap hari dan mainan dilap agar terhindar dari debu tebal. Kami juga mengajari Arasy untuk mencuci tangan.

Apakah semua itu cukup?

Jujur saja, saya kadang tidak #100PersenYakin bahwa mencuci tangan hanya dengan air dan sabun langsung membuat tangan saya (dan Arasy) bebas kuman. Saya juga tidak #100PersenYakin kalau mengelap mainan bisa membuatnya benar-benar bersih. Mungkin memang terlihat bebas debu, tetapi apakah sudah bebas kuman?

Apalagi, banyak sekali barang di rumah yang suka terlewat dibersihkan, padahal sebenarnya membawa potensi kuman. Barang-barang ini sering kita gunakan sehari-hari, misalnya:


  • sakelar lampu

  • remote control TV

  • mouse laptop

  • gagang telepon

  • pegangan pintu

  • pegangan kulkas

  • pegangan lemari

  • keran air

  • pegangan gayung dan shower di kamar mandi

  • tombol-tombol dispenser

  • kunci


Kapan urban mama terakhir membersihkan barang-barang yang saya sebutkan di atas? Padahal anak-anak cukup sering menyentuhnya di sela-sela aktivitas bermainnya. Misalnya sambil asyik main, Arasy mengambil minum sendiri dari dispenser, atau membuka kulkas untuk meraih cemilan favoritnya. Perpindahan kuman pun terjadi dari alat-alat tersebut ke mainannya, belum lagi kalau si kecil masih hobi menggigiti mainannya! Wah, berapa banyak kuman yang masuk ke tubuhnya?

Coba urban mama lihat alat-alat tersebut di rumah, jangan-jangan ada yang sudah berganti warna saking jarangnya dibersihkan! Hati-hati, karena mungkin sudah menjadi sumber kuman!

Memang sepenting apa sih, memberihkan kuman di rumah?

Penting sekali! Kuman atau bakteri jahat berpotensi membawa bibit penyakit ke dalam tubuh manusia. Mulai dari jerawat, TBC, kolera, radang tenggorokan, radang paru, tetanus, tifoid, mata merah, sampai muntaber, adalah contoh penyakit yang dibawa kuman dan bakteri. Duh, mengerikan, ya?

Pencegahan adalah cara terbaik untuk menghindari infeksi kuman dan bakteri. Agar #100PersenYakin rumah kami bebas kuman, kami menambahkan Dettol Antiseptic Liquid ke dalam air pembersih alat-alat rumah tangga. Cairan antiseptik Dettol efektif untuk membunuh atau menghambat pertumbuhan mikroorganisme seperti kuman dan bakteri jahat yang menempel pada benda maupun pada kulit. Dengan menggunakan Dettol, kami juga tidak perlu lagi berlebihan dalam memakai sabun atau deterjen sebagai pembersih. Apalagi, alat-alat elektronik termasuk mainan anak yang memakai baterai biasanya tidak dapat direndam dalam air dan deterjen. Dettol menjadi solusi yang tepat untuk tetap memastikan alat-alat tersebut bebas kuman.

Cukup menambahkan cairan Dettol sesuai aturan penggunaan ke dalam air, lalu sapukan kepada benda-benda di rumah yang sering luput dibersihkan. Jangan lupa, lap yang dipakai rendam dulu dalam cairan Dettol. Tidak perlu kerja dua kali menghilangkan sisa busa seperti kalau memakai sabun, dengan Dettol kami hanya tinggal menunggu benda-benda itu kering, lalu bisa langsung kembali digunakan. Dettol juga ramah di kulit, tidak terasa panas dan tidak memiliki aroma yang mengganggu. Saya malah suka dengan aroma Dettol, wanginya cemara segar.

Kini, kami tidak perlu khawatir lagi dengan Arasy yang mulai ingin mandiri. Ia boleh menyalakan lampu sendiri, boleh mandi sendiri, boleh membuka-tutup keran air sendiri, dan boleh membuka pintu sendiri, karena saya #100PersenYakin benda-benda tersebut sudah bersih dan aman.

Bersama Dettol, kami mewujudkan rumah bebas kuman!

9 Comments

  1. avatar
    Siska Knoch August 30, 2015 11:18 am

    Waaa simple banget tapi efeknya kece yah.
    tfs Vibe :)

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    diah anjani August 29, 2015 11:51 am

    hi Gigi...makasih atas sharingnya ;) kapan ya ketemuan sm abang kei lagi

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    Vibe August 25, 2015 6:33 pm

    maacih semuanyaa.. aku terutama paling gatel sama sakelar lampu sih, bisa jadi dekiiil banget lalu pas dilap Dettol langsung berubah kinclong hehehe

    1. avatar

      As .



  4. avatar
    WiwiT August 25, 2015 10:00 am

    setujuuu.. harus dibersihkan berkala benda-benda itu. Gagang telp, mouse, gayung, memang rutin dibersihkan. Karena kalo enggak, kelihatan sekali kotornya.Tapi belum pernah kepikiran bersihin tombol-tombol dan saklar-saklar. Jadi notice, dan ngeh.. iyaa..yaa.. kalo gak dilap, jadi sarang kuman. Terima kasih udah diingetin ya vibe. Tips bersihinnya praktis bangeeettt!

    1. avatar

      As .



  5. avatar
    Cindy Vania August 25, 2015 8:52 am

    Wah iya juga yaa.. beberapa banyak yang jarang dibersihkan,padahal paling sering dipegang anak-anak..
    Terimakasih sudah diingatkan ya Mama Vibe,untung minggu lalu habis beli dettol,jadi langsung bisa dibersihkan deh :)

    1. avatar

      As .