AIMI Breastfeeding Fair 2013: Dari Ibu, Untuk Ibu

siska.knoch

Salah satu acara yang saya tunggu-tunggu adalah AIMI Breastfeeding Fair 2013 yang bertemakan Dari Ibu, Untuk Ibu. Acara ini berlangsung pada tanggal 18-20 Oktober lalu. Kebetulan sekali karena saya memang sedang hamil anak kedua dan harus mewakili The Urban Mama yang menjadi media partner pada acara yang diadakan di West Mall Grand Indonesia.

Wah, rasanya saya ingin sekali mengikuti semua acara yang diadakan selama tiga hari itu, mulai dari talkshow, kelas edukasi menyusui versi mini, konsultasi menyusui gratis dari konselor laktasi, dan berbagai acara hiburan lainnya. Di samping itu, saya juga senang bisa melihat-lihat barang-barang keperluan bayi pada bazarnya. Jadi selain mendapatkan update pengetahuan tentang menyusui, saya juga bisa mulai menyusun daftar barang-barang yang saya perlukan untuk menyambut si kecil. Sayangnya karena keterbatasan waktu, saya hanya sempat hadir di hari Minggu.

Sebagai informasi, pada Jumat 18 Oktober 2013, panggung #BFF2013 dimeriahkan oleh talkshow dengan tema “Apakah Hakku?” dengan narasumber Ketua Umum AIMI, Mia Sutanto. Talkshow yang dimoderatori oleh Adenita ini mengupas mengenai hak ibu untuk memberikan empat standar emas pemberian makanan bayi melalui menyusui yang dilindungi oleh Peraturan Pemerintah dan Undang-undang. Penyiar radio dan bintang stand up comedy, Soleh Solihun dan istrinya Tetta Valentia, ikut hadir sebagai bintang tamu. Mereka berbagi cerita tentang kekuatan dukungan sebagai faktor kesuksesan pemberian ASI kepada anaknya.

Sore harinya ada talkshow dengan tema “MatematikASI” dengan narasumber perencana keuangan Prita Ghozie  yang dimoderatori oleh Moza Pramita. Prita Ghozie memaparkan betapa pentingnya sebuah keluarga muda memiliki perencanaan keuangan yang baik demi masa depan anak. Menurutnya keputusan menyusui dan memberikan ASI kepada anak tidak hanya mendatangkan keuntungan finansial bagi keluarga, tapi juga kesehatan sehingga membuat keluarga menjadi bahagia. Hal itu juga dibenarkan oleh Dipa, salah satu founder Ayah ASI yang hadir berbagi cerita sebagai bintang tamu.

Pada hari kedua hadir dr. Tan Shot Yen, dokter yang merupakan praktisi Brain Gym dan Quantum, serta Hypnoterapist yang aktif mengampanyekan hidup sehat dengan mengatur pola makan yang benar. Mama Sophie Navita yang juga konselor laktasi hadir sebagai bintang tamu juga ikut mengampanyekan pola  makan sehat dan mengajak masyarakat Indonesia untuk lebih  banyak makan buah dan sayur agar bisa meningkatkan kualitas kesehatan. Talkshow ini dimoderatori oleh wakil ketua AIMI, Nia Umar.

Pada sore harinya ada talkshow tentang “Siap Menyusui Selama Kehamilan” dengan moderator konselor laktasi Sisca Baroto yang sedang hamil anak kedua. Narasumber pada talkshow ini adalah dr. Nurwansyah,  dokter kandungan yang pro ASI dan mendukung ibu untuk segera menyusui bayinya sesaat setelah lahir. Zaskia Mecca yang menjadi bintang tamu juga ikut berbagi cerita tentang manfaat menyusui.

Saat saya tiba di sana pada hari Minggu, 20 Oktober 2013, sedang berlangsung hiburan Kabaret seru dari Badalohor dengan judul “Timun Emas” yang sangat menarik. Talkshow pertama di hari Minggu yang bertema “Sibling Rivalry dalam Menyusui” ini dimoderatori oleh CCO Majalah Parenting Indonesia, Prameswari Sugiri dengan narasumber praktisi pendidikan Najeela Shihab serta bintang tamu Della Irfan Hakim dan Shelomita.

Sebagai penutup acara, hadir Ketua Sentra Laktasi Indonesia dr. Utami Roesli sebagai narasumber pada  talkshow dengan tema “Menyusui: Investasi Jangka Panjang”. Dr. Utami menjelaskan bahwa manfaat ASI bukan hanya pada bayi, melainkan juga meningkatkan tingkat kesehatan ibu. Hadir pula penyanyi Lea Simanjuntak yang memeriahkan acara ini.

Saya senang sekali bisa hadir pada acara Breastfeeding Fair AIMI ini yang menurut saya sangat efektif untuk menyampaikan dan menyebarkan informasi mengenai pentingnya ASI untuk bayi. Saya sempat juga mengintip ruang menyusui yang disediakan selama acara berlangsung, ternyata sangat nyaman sekali!

Selama ini AIMI berupaya untuk memberikan edukasi tentang pentingnya ASI dengan berbagai cara, yaitu melalui milis asiforbaby, twitter @aimi_asi, dan facebook AIMI. Melalui media sosial tersebut para ibu dan ayah ASI dapat berkonsultasi langsung dengan konselor AIMI atau berbagi kiat dan pengalaman para ibu hamil dan menyusui.

6 Comments

  1. ninit
    ninit yunita October 24, 2013 at 12:12 am

    bagus banget yaaa acara AIMI breastfeeding fair 2013 ini. banyak info yang penting diketahui oleh para mama mengenai ASI. narasumber yang mengisi acaranya keren2!

    angkat topi & jempoool buat AIMI yg selalu mendukung & mengedukasi kita semua mengenai ASI.

    btw mommyluv cantik deeeh… seneng liatnya :) lagi hamil, glowing banget! hayooo borong apa aja di AIMI breastfeeding fair 2013? ;)

  2. eka
    Eka Wulandari Gobel October 24, 2013 at 6:01 am

    Iyaa…mommyluv cantik banget! Lagi hamil tetep modis dan bersinar! :*
    Talkshownya bagus2 yaa… harus sering2 bikin acara spt ini. Sukses terus ya, AIMI!

  3. siska.knoch
    Siska Knoch October 24, 2013 at 7:18 am

    @teh ninit: Makasi teh ^^ Eventnya emang lengkap banget, seneng deh pas kesana. Blanja apa yaa.. aku bungkus nursing wear dari emeno sama bekel alat makan migu sekolah :p

    @Eka: makasi ka, setuju deh talkshownya bagus2.

  4. yulia handayani
    yulia handayani October 24, 2013 at 1:23 pm

    Waduh terlambat saya. Padahal pengen banget datang, tapi apa mau dikata wiken ada acara yg tidak bisa di tolak.
    Bisa di share ga ya mama siska?
    Dikehamilan ke dua ini, pengen banget bisa ngasi ASI.
    Sekarang baca2 dari mba google aja soal si ASI ini.

  5. hananafajar
    hanana fajar October 25, 2013 at 10:58 am

    wahh seru kayanyaa… sayaang mbaa ga bisa dateng:(

  6. ZataLigouw
    Zata Ligouw October 26, 2013 at 4:47 pm

    makasih liputannya Chikaa..

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.