Anak Tidur Pulas Tanpa Digigit Nyamuk

Sejak tinggal di Jakarta, salah satu PR saya adalah mengusir nyamuk. Saya sendiri paling tidak tahan kalau digigit nyamuk. Serba salah jadinya, tidak digaruk tapi kok gatal, mau digaruk, tapi takut menimbulkan bekas luka pada kulit. Jujur saja nyamuk tuh bisa bikin saya uring-uringan. Apalagi dulu saya pernah terkena demam berdarah. Pokoknya saya musuhan berat sama nyamuk. Sejak punya anak, duh rasanya saya ingin menjauhkan anak-anak dari nyamuk. Kesal sekali kalau sampai melihat ada bekas gigitan nyamuk pada anak-anak. Kasihan juga kalau tidur anak-anak terganggu karena nyamuk. Padahal kualitas tidur sangat penting bagi pertumbuhan anak-anak.

Agar anak-anak bisa tidur pulas tanpa digigit nyamuk, ada beberapa hal yang saya usahakan di rumah. Tentu saja saya tidak bisa hanya mengusir nyamuk dari dalam kamar tidur saja, melainkan harus membersihkan seluruh rumah agar menjadi sehat dan bebas nyamuk.

Berikut ini beberapa usaha saya agar anak-anak tidak digigit nyamuk:


  1. Memasang kawat nyamuk pada semua jendela dan ventilasi udara. Jadi udara bebas keluar masuk, tetapi nyamuk tidak ikutan masuk.

  2. Merapikan dan merawat halaman rumah minimal sebulan sekali. Jadi tanaman tetap rapi, dan tidak tempat berkumpulnya nyamuk.

  3. Mengusahakan agar tidak ada genangan air di sekitar rumah. Air selokan mengalir lancar, dan saluran pembuangan air berfungsi dengan baik. Selalu memeriksa dan mengosongkan tempat-tempat penampungan air yang sering terlupakan, seperti di bawah keran dispenser atau di belakang kulkas.

  4. Ember tempat penampungan air bersih ditutup rapat, kamar mandi kami menggunakan shower sehingga tidak ada bak mandi.

  5. Menjaga kerapian rumah dengan menggunakan kontainer-kontainer tertutup sebagai tempat mainan, buku-buku, dan pakaian. Dengan begitu, tidak ada tumpukan barang yang bisa mengundang debu dan menjadi tempat berkumpulnya nyamuk.

  6. Mencegah adanya piring kotor bertumpuk di tempat cuci piring, sehingga dapur tetap rapi dan bersih.

  7. Menanam beberapa tanaman anti nyamuk di halaman rumah.

  8. Memakaikan anak-anak baju berwarna terang yang tidak mengundang nyamuk.

  9. Memasang obat nyamuk elektrik di kamar tidur dan ruang bermain anak-anak di rumah.


Mungkin urban mama punya berbagai cara efektif dan teruji untuk membuat anak-anak bisa tidur tenang tanpa diganggu nyamuk? Ikuti kompetisi blog the urban mama bekerja sama dengan Baygon di sini.

11 Comments

  1. avatar
    tokecang June 28, 2015 2:11 am

    kalau misal pakai obat nyamuk elektirk gak aman ya ??

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    Retno Aini May 22, 2015 12:07 am

    iya yah, nyamuk Jakarta memang makin ganas... kemarin pas mudik ngerasain banget, nutup jendela n pintu rapat2 plus sedia raket nyamuk aja nggak cukup xD bener banget ni tipsnya, tfs yaa Chika. Pas mudik kemarin di rumah lsng pasang obat nyamuk elektrik, efektif bgt nyamuknya ilang semua dari kamar hihi

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    May Sukmasari May 18, 2015 8:01 am

    terima kasih mama siska tipsnya, penting banget ini. Belum pernah pakai obat nyamuk sih di kamar anak-anak krn bingung katanya tidak aman, tapi musim nyamuk kaya gini jadi pensaran juga pengen coba. Tfs ya, nanti ke spm liat2 obat nyamuk elektrik yg aman untuk anak.

    1. avatar

      As .



  4. avatar
    Ayu Utami May 18, 2015 7:33 am

    waaaaaaa.... ada satu info penting nih ( baru tau ), pakaikan baju anak warna terang, emang deh sebel kalo pagi2 nyalain lampu pasti banyak nyamuk gendut sempoyongan karena kenyang hisap darah , obat nyamuk elektrik ternyata aman ya... harus coba sepertinya nih..... thanks mama siska untuk tipsnya^^

    1. avatar

      As .



  5. avatar
    musdalifa anas May 17, 2015 7:42 pm

    Thanks ya mama chika tipsnya, pas banget ini di rumah lagi banyak nyamuk, padahal biasanya di rumah jarang bgt ada nyamuk.

    1. avatar

      As .