Aplikasi yang Bisa Membantu Melindungi Kesehatan Anak


Saat si bungsu dan kakak-kakaknya mengalami beberapa gejala seperti hidung berair, badan gatal-gatal, dan lain sebagainya, biasanya saya akan sibuk mencari di internet dulu sebelum memutuskan membeli obat di apotek atau pergi ke dokter. Namun, biar bagaimana pun saya tetap cemas apakah yang saya dapatkan dari internet adalah informasi yang kredibel atau bukan.

Saat saya diundang untuk menghadiri peluncuran aplikasi "Berbagi Sehat" oleh Lifebuoy di Goods Diner, SCBD pada tanggal 28 Januari 2016 lalu, saya langsung bersemangat sekali. Saya ingin tahu lebih banyak tentang aplikasi yang katanya bisa membantu melindungi kesehatan anak-anak kita ini.

Dalam kesempatan tersebut, ibu Indriani, Senior Brand Manager Lifebuoy, mengatakan bahwa aplikasi Berbagi Sehat ini merupakan inovasi dari Lifebuoy yang diciptakan berdasarkan aspirasi dari ibu Indonesia yang membutuhkan sumber informasi untuk membantu menjaga agar anak-anak mereka terhindar dari penyakit yang disebabkan kuman serta untuk mempermudah para ibu memperoleh berbagai informasi kesehatan anak dari sumber yang terpercaya.

[caption id="attachment_114555" align="aligncenter" width="327" caption="ibu Indriani mengajarkan cara menggunakan aplikasi Berbagi Sehat"][/caption]

Di acara tersebut saya dan tamu undangan lainnya pun mengunduh aplikasi Berbagi Sehat ini dan langsung mempraktikkannya bersama-sama. Saya mencoba memasukan gejala pilek dan hidung tersumbat lalu muncul 1 penyakit yang ditemukan yaitu laringitis atau radang pita suara. Lalu saya iseng-iseng mencoba memasukan gejala anyang-anyangan dan ada dua penyakit yang ditemukan yaitu infeksi eschericia coli dan infeksi saluran kemih (sistitis).

Menariknya saat saya klik nama penyakit-penyakit yang ada di layar smartphone saya, akan muncul ulasan lengkap mengenai penyakit tersebut seperti deskripsi, penanganan serta pencegahannya. Wah, saya setuju sekali jika aplikasi ini dikatakan bisa membantu melindungi kesehatan anak-anak.

Di dalam aplikasi ini ada juga fitur Diary Kesehatan yang memungkinkan para mama untuk merekam catatan harian medis anak. Saya pun berencana membuat diary kesehatan untuk ketiga anak saya, pasti akan sangat membantu saya menelusuri sejarah kesehatan mereka tanpa perlu repot membuat catatan-catatan di tempat lain.

Hal lainnya yang menurut saya keren sekali adalah fitur radar gejala penyakit yang dimiliki oleh aplikasi ini. Saya dan pengguna lainnya bisa memeriksa wabah apa saja yang sedang terjadi di sekitar kami, misalnya wabah diare, demam berdarah dan lain sebagainya. Informasi mengenai wabah ini pun sangat kompeten karena aplikasi ini bekerjasama dengan klikdokter.com yang memiliki 20 orang dokter umum dan 10 dokter spesialis.

[caption id="attachment_114562" align="aligncenter" width="168" caption="ini dia penampilan aplikasi Berbagi Sehat"][/caption]

Ersa Mayori, selebriti yang juga merupakan mama dari dua orang anak, turut hadir dalam acara peluncuran ini. Ersa mengatakan bahwa sebagai ibu, tantangan yang sering dihadapi adalah mudahnya mendapatkan banyak informasi tentang kesehatan di internet dari berbagai sumber yang belum tentu dapat dipercaya. Oleh karena itu aplikasi Berbagi Sehat dari Lifebuoy ini merupakan solusi yang sangat membantu untuk langkah lebih awal dalam melindungi anak dari kuman penyakit karena dihadirkan oleh sumber yang memiliki kredibilitas serta memiliki fitur lengkap untuk pencegahan dan penanganan pertama saat anak sakit.

Mengenai fitur yang terdapat dalam aplikasi Berbagi Sehat ini, Ersa menambahkan bahwa ia sangat menyukai fiturnya yang lengkap, seperti yang sudah saya ceritakan di atas, yaitu fitur radar gejala penyakit serta fitur diary kesehatan.

[caption id="attachment_114563" align="aligncenter" width="496" caption="ada photobomb saat saya berfoto dengan Ersa Mayori ;p"][/caption]

Ke depannya, Lifebuoy berencana mengembangkan fitur di mana para mama dapat berkonsultasi langsung dengan tim Klikdokter.com dan berbagi tips kesehatan dengan mama lainnya, kurang lebih seperti sebuah forum.

Nah, bagaimana urban mama, keren kan, aplikasi ini? Yuk unduh secara gratis di play store...

9 Comments

  1. avatar
    Rian Rosita Luthfi February 12, 2016 10:28 am

    sukaa banget aplikasi ini! jadi perbendaharaan dan pengetahuan penyakit anak juga makin banyak. Tfs Zata! Btw, Zata mirip Ersa ya hihi..

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    Honey Josep February 9, 2016 1:25 pm

    sukaaaa sama aplikasi berbagi sehat dari Lifebouy ini. Memudahkan sekali untuk tau gejala awal jadi penanganan pertama buat penyakitnya tepat :)

    Tfs Zata!

    Itu yg photobomb mbak Amy Zein?

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    Cindy Vania February 8, 2016 12:54 pm

    Aku sudah punya applikasi berbagi sehat ini. Asli kebantu banget,apalagi kemarin anak-anak sempat tumbang,bisa cari-cari di aplikasi dulu nah pas udah dapet cara penanganannya lega dan ga panik lagi. :)

    1. avatar

      As .



  4. avatar
    indah nildha February 8, 2016 1:06 am

    Tfs Zata... :D

    1. avatar

      As .



  5. avatar
    indah nildha February 8, 2016 1:05 am

    sudah unduh aplikasinya. bener2 bermanfaat. praktis, akurat, terpercaya. membantu sekali untuk para ibu. apalagi seperti saya yg kadang suka panikan kl anak2 kena gejala sakit.

    1. avatar

      As .