Babybjorn Baby Carrier Active

Shinta_daniel

Setelah melahirkan Baron 2 tahun lalu, saya baru tahu kalau ada perlengkapan untuk menggendong bayi modern seperti babywrap, babycarrier, soft structured carrier, dll. Biasanya di keluarga saya akrabnya hanya dengan jarik dari kain sogan (warna cokelat) atau kain pekalongan (warna-warni).

Setelah Baron berusia sekitar 4 bulan, ayahnya terpikir beli gendongan untuk kebutuhan traveling atau sekadar jalan-jalan bersama Baron kalau lagi malas membawa stroller. Selain itu alasannya karena suami tidak ahli menggendong Baron menggunakan jarik. Dari beberapa jenis gendongan yang kami lihat, si ayah suka sekali pada Babybjorn. Dari beberapa tipe yang dimiliki oleh Babybjorn, kami memilih Babybjorn Carrier Active.

Alasan kami memilih tipe Babybjorn Carrier Active:

  • Bentuknya cukup macho, cocok dipakai untuk bapak-bapak tapi tetap stylish untuk dipakai ibu-ibu.
  • Mudah digunakan sendiri tanpa bantuan orang lain.
  • Bahannya dari organic cotton dan polyester sehingga nyaman untuk bayi dan ayah/ibu jadi walaupun di udara dingin, baby tetap merasa hangat di dalam babybjornnya.
  • Dapat digunakan untuk dari bayi baru lahir 3,5 kg (53 cm) sampai dengan 12 kg
  • Bahannya tebal, kokoh dan kuat
  • Ukuran gendongan dapat disesuaikan dengan berat dan panjang badan bayi
  • Bentuknya ergonomis dan bagian depannya bisa dibuka tutup disesuaikan dengan posisi gendong bayi (menghadap depan atau belakang) sehingga badan, kepala, tangan dan kaki baby didukung dengan sempurna tapi tangan dan kaki baby tetap dapat bebas bergerak
  • Yang membedakan tipe ini dengan yang lainnya adalah bagian belakangnya benar-benar didukung penuh oleh bahan dari tengkuk atas sampai ke punggung bawah dekat pinggang atau istilahnya full comfortable back support sehingga kita tidak cepat capek.
  • Keuntungan dari full back support ini adalah berat badan baby dibebankan merata ke pundak dan punggung kita sehingga seberat apa pun bayi, badan kita tetap akan berdiri tegak karena ada penyangganya, sedangkan dibandingkan dengan babybjorn tipe lain atau baby carrier pada umumnya yang berbentuk tali silang ke belakang, berat badan baby akan dibebankan ke pundak kita sehingga akan terasa lebih capek sehingga lama2 secara tidak sadar kita akan berdiri membungkuk..

Kelemahan dari Babybjorn Carrier Active:

  • Hanya dapat digunakan untuk 1 posisi yaitu gendong di bagian depan
  • Bila digunakan di ruangan tidak ber-ac dalam waktu lama, bagian punggung kita jadi agak panas karena tertutup oleh full back support
  • Harganya cukup tinggi dibanding gendongan merk lain yang sejenis

Semoga bisa menjadi referensi urban mama yang sedang mencari gendongan bayi.

5 Comments

  1. vira.jamariss
    vira.jamariss January 9, 2013 at 9:57 am

    err..bukan nya merk ini termasuk yg TIDAK disarankan ya?krn tdk support “M position”. Berikut kutipan dari http://www.babywearingadvice.co.uk/anatomy.htm “The typical carriers you find in highstreet shops like the Babybjörn are SSCs, and there are others which support the M-position for your baby.

  2. sLesTa
    shinta lestari January 9, 2013 at 11:48 am

    dari anak pertama, gue pake si baby bjorn ini. tapi gak di pake fully karena lebih pengen ngebiasain anaknya pake stroller. baby bjorn ini emang enak dan bener, populer di kalangan bapak2! karena yang make emang selalu suami hehe.. di anak kedua pun tetep suami yang pake.

    tapi menjawab komennya vira, baby bjorn ini dipake bukan untuk heavy wearing. jadi hanya dipake ga lebih dari 2 jam dan hanya kalo jalan2 aja (in my daughters’ case, hanya on weekends), jadi harusnya gak masalah. dan dipake ketika anaknya sudah rada gedean kalo untuk kasus gue, setelah anak udah tegap dan udah bisa duduk malah. karena waktu masih kepalanya belom kuat, suami masih kurang sreg pake baby bjorn, jadi gue gendongnya pake sleepy wrap.

  3. eka
    Eka Wulandari Gobel January 10, 2013 at 12:24 pm

    iya, memang gendongannya macho ya, baby bjorn ini. warnanya juga netral, gak heran kalo populer di kalangan bapak2 :D
    TFS, shinta reviewnya

  4. Kitadayo
    Kitadayo January 12, 2013 at 8:53 am

    Kita juga Baby Bjorn kepake bangetttt, terutama pas dipake buat gendong Keisa ke supermarket, 2 tangan full nenteng belanjaan sambil gendong anak tapi pingang ga pegel sama sekali, super tokcer! Sebelum kita dapet mamachari yang ada babyseat didepan, diriku / suami selalu pake ini gendong Keisa sepedahan ke daycare pun. Super kebantu banget lah jaman di Jepang dulu, jadi kangen gendong bayi lagiii….

  5. ninit
    ninit yunita January 12, 2013 at 4:00 pm

    sempet pake baby bjorn :) sukaaa… tapi emang ga pernah dipake lama2 juga sih.

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.