Barbeque Satay

siska.knoch

Merasa bosan dengan menu yang itu-itu saja, beberapa waktu lalu saya membeli buku menu khusus masakan ayam. Setelah mencoba beberapa resep, ada satu menu baru yang jadi favorit keluarga di rumah, yaitu barbeque satay. Cara membuatnya pun terbilang mudah. Dan yang terpenting, seluruh anggota keluarga pun menyukainya.

Bahan:

  • 2 potong dada ayam fillet (atau bisa juga ½ ekor ayam, buang tulangnya)
  • 4-5 potong sosis
  • 1 buah bawang bombay
  • 1 pack tomat cherry
  • 1 buah paprika hijau

Saus Rendaman:

  • 1 sdm cuka apel (kalau tidak ada boleh diganti dengan cuka anggur)
  • 2 sdm kecap asin
  • 2 sdm gula pasir
  • 1 sdt garam
  • ½ merica bubuk
  • 1 sdm madu
  • 6 sdm saus barbeque (saya pakai bbq sauce dari kraft)

Cara membuat:

  1. Campur semua bahan saus rendaman, aduk rata.
  2. Masukan potongan dada ayam dan sosis aduk rata. Diamkan selama 20 menit sampai bumbu meresap.
  3. Ambil tusuk satai, tusuk selang seling: bawang bombay – ayam – tomat cherry – sosis – paprika hijau – ayam. (urutan bebas sesuai selera)

  1. Panggang satai di double sided pan yang telah diolesi mentega sambil dibolak-balik hingga matang. (Jika urban mama ingin memanggangnya langsung di atas bara api juga bisa dilakukan).
  2. Sajikan hangat dengan saus sambal, mayones, dan kentang goreng.

 

Selamat mencoba!

*modifikasi dari resep asli Ibu Sisca Soewitomo

5 Comments

  1. ninit
    ninit yunita August 20, 2013 at 6:17 am

    yummm yummm… bbq satay ini enak bangeeet!
    kirim dong chik :D hahaha…

  2. ZataLigouw
    Zata Ligouw August 20, 2013 at 6:58 am

    wah Chika..makasih banget resepnya yaaa.., gw yakin anak2 gw pasti juga suka nih sama sate barbeque ini. Pas buat cemilan akhir minggu sambil santai2 di rumah..dan yang terpenting buat gw: gampang bikinnya, cucok buat ibu yg gak bisa masak kayak gw ;p

  3. siska.knoch
    Siska Knoch August 20, 2013 at 10:00 pm

    @teh ninit – kirim via gojek yaa :)) :))

    @zata – toss! gue juga kalo baca resep yang banyak stepnya mundur duluan ta..! :D

  4. eka
    Eka Wulandari Gobel August 20, 2013 at 11:39 pm

    kirim ke cibubur juga doong mommyluv! :)

  5. earneeKris
    irni kristianti September 12, 2013 at 7:37 pm

    mbaaaa ini cuka apel bs didapat dimana ya?

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.