Bayi Hebat

hetti ageru-timur

Selasa tanggal 13 November 2012 saya harus menerima kenyataan pahit bahwa janin saya harus lahir prematur karena ketuban saya rembes duluan. Waktu itu umur kehamilan saya baru 33 minggu (HPL saya 27 Desember). Malam hari saya USG, Obgyn bilang bahwa bayi saya sungsang (karena memang belum masuk panggul), berarti saya harus menjalani operasi sesar. Sepanjang malam itu saya menangis.

Selalu ada hal baik dari setiap hal buruk, untunglah kandungan saya berhasil dipertahankan 1 minggu. Selasa (20/11) saya menjalani operasi sesar pada umur kehamilan 34 minggu. Dan bayi saya laki-laki, serasa mimpi rasanya, jujur saya ingin anak laki-laki (sebelumnya USG berulang-ulang Obgyn bilangĀ  janin saya perempuan). Sayangnya saya tidak bisa langsung melihat bayi saya karena mungkin kondisi bayi saya yang tidak memungkinkan.

Alhamdulillah bayi saya lahir dengan dengan panjang 44 cm dan berat 2,25 kg. Walaupun kecil, Hideo tak perlu masuk inkubator (karena lebih dari 2 kg). Tetapi Hideo harus pakai oksigen, sonde, dan infus. Ia juga sempat disinar biru karena bilirubinnya agak tinggi, rata-rata bayi prematur memang pernah kuning. Saya baru bisa melihatnya setelah 3 hari, dan saya baru bisa menyentuhnya 7 hari kemudian. Saat itu saya diberitahu bahwa saya boleh belajar menyusui bayi saya di kamar NICU (sebelumnya hanya mengirim ASI saja)…. Senang sekali rasanya, berdebar-debar karena akan bertemu bayi kami langsung, tanpa kaca.

Saya selalu membayangkan dan yakin kalau menyusui itu mudah. Kenyataannya saya salah besar. Hideo belum bisa mengisap dan puting saya tenggelam. Perawat NICU memberi tahu saya “Harus sabar ibu, karena bayi prematur memang seperti ini, mereka belum punya naluri untuk menyusu.” Ya saya harus sabar… Sabar sekali….

Hari berikutnya berjalan seperti ini, semua serasa berjalan lambat. Perawat NICU lain memarahi saya karena tidak menarik puting saat masih hamil. Saya bilang tidak (teman-teman saya di kantor yang sebagian besar bidan, melarang saya untuk menarik-narik puting karena bisa menyebabkan kontraksi, saya pernah mengalami abortus dengan pendarahan sebelumnya, jadi saya sangat berhati-hati untuk kehamilan setelahnya). Seiring waktu berjalan, saat waktunya menyusui (peraturan rumah sakit mengatakan jam menyusui 05.30, 08.30, 11.30, 14.30, 17.30, 20.30 dan 23.30 sebagai jam terakhir menyusui). Seminggu belajar menyusui rasanya membingungkan. Bagaimana tidak, di antara jam-jam menyusui saya harus memerah ASI. Begitu terus sepanjang waktu. Jika waktu setengah jam menyusui bayi tidak efektif, maka ia harus disuapi dengan asi yang diperah sebelumnya menggunakan sendok. Benar-benar membuat saya sangat stres sehingga kadang ingin menyerah. Tapi saya tetap bertahan karena ingat Hideo. Bayi hebat kami.

Bagaimana dia tidak hebat? Saya sempat mengalami flek saat hamil tujuh minggu. Kemudian saat hamil 13 minggu saya ikut pelatihan di Solo selama tiga hari. Saat hamil 15 minggu saya diare dan keracunan makanan. Kemudian saat hamil 20 mingug saya dan suami jatuh dari motor. Dan saat saya hamil 26-29 minggu, saya harus diklat selama tiga minggu di Semarang. Terakhir, ia harus lahir prematur.

Pada hari ke-15 Hideo boleh dibawa pulang. Semua memang tidak mudah. Pelan-pelan kami mengajarinya untuk langsung menyusu lewat payudara. Awalnya puting saya disambung dulu dengan nipple (seperti dot, tapi berwarna cokelat), walaupun kadang hanya diisap sebentar-sebentar. Lama-kelamaan ia bisa menyusu langsung. Sekarang Hideo sudah 5 bulan, biarpun waktu terasa merayap, yang penting ia sehat dan makin pintar. Semoga kelak ia menjadi anak yang hebat.

18 Comments

  1. eka
    Eka Wulandari Gobel May 13, 2013 at 6:10 am

    hideo lucu bangeet! gemeees :*
    semoga selalu sehat, tumbuh dan kembang sempurna yaaa…aamiin

  2. naniyusuf
    nani yusuf May 13, 2013 at 6:50 am

    hideo hebaaaat!!
    semoga sehat selalu yaa

  3. Bunda MedinaMecca
    Bunda MedinaMecca May 13, 2013 at 9:33 am

    Bayi hebat, Mama hebaat ^^b

  4. LuchiaChendana
    Luchia Chendana May 13, 2013 at 9:59 am

    Halo Hideo…bahagia sekali kamu punya orangtua yang mau begitu keras berjuang untukmu :)
    sehat selalu ya nak…

  5. bundaliffa
    liana kirana May 13, 2013 at 10:41 am

    hebat.. selalu terharu kalo baca artikel tentang perjuangan ibu dan bayinya.. tidak mudah..
    langsung kaget liat foto terakhir hahaha.. mungkin hideo bilang “ampun deh ma”

    sehat terus yaa hideo (bagus namanya)

  6. elisa_sby
    Elisabeth May 13, 2013 at 11:49 am

    Hideo…..hampir sama ama cerita baby Aji.
    Sesuai HPL harusnya aku melahirkan tgl. 31 Des 2012. Tapi sejak tgl. 1 Nov aku dah mulai flek karena kecapekan (mulai bln agustus ngurus pindahan kantor, A-Z aku jadi koordinatornya). Tgl. 15 Nov aku hrs bedrest di rumah sakit karena kontraksi terus dan harus tidur di rumah sakit selama seminggu. Pulang ke rumah besoknya lgs kerja lagi, pas hari jumat (tgl 23 nov) plg kerja mulai kontraksi (tp inget pesan dokter klo itu hanya kontraksi palsu krn kecapean, jd hrs istirahat), semakin malam kontraksi semakin hebat, aku nggak bisa tidur dan suamiku dengan setia memberikan kompres blue gel hangat di punggung untuk meredakan sakit, jam 6 pagi (tgl. 24) dah nggak kuat, akhirnya meluncur ke rumah sakit, sampai di sana dicek ternyata dah bukaan 8, 10 menit kemudian melahirkan normal bayi laki2 berat 2,5 kg panjang 49 cm.
    Baby Aji nafasnya tersengal-sengal dan harus dibantu oksigen, minum jg harus pake sonde.
    Sekarang dah 5 bulan lebih, beratnya 7,6 kg, sehat.

  7. rikavega
    rikavega May 13, 2013 at 12:29 pm

    *terharu*

    amazing mom n son…^^
    semoga sehat selalu…

  8. kanahayaku
    kanahayaku May 13, 2013 at 3:04 pm

    terharu banget baca nya :’)
    jd ibu baru itu memang banyak pelajaran hidup yg bs diambil dan semua pelajaran itu ya bayi kita sendiri guru nya .
    belajar sabar dan percaya .
    sabar dalam menghadapi setiap masalah nya tapi juga belajar percaya bahwa bayi kita lebih hebat daripada apa yg kita pikir .

    sehat terus yya hideo :)

  9. herminhandayanti
    herminhandayanti May 13, 2013 at 10:19 pm

    senasib mom..
    anak ke2 HPL 28 Des 2012, tp akhirnya caesar tgl 26 nov krn eklampsi. sebelumya mmg bermasalah dgn berat badan dan tumbuh kembang akhirnya de kekei lahir di week 35, bb 1,980gr dan pjgn 42cm..pertma liat aduh,,ngga tega rasanya, dia mungil sekali!
    tp de kekei jg bayi hebat, kena herpes 2 kali kehamilan bulan ke-4 dan ke-6 ,sempat down wkt dokter bilang klo kehamilan msh d bwah 4 bulan hrs d kuret..alhamdulillah skrg sehat..sama2 sehat trus yah Hideo!!

  10. azitafebriani
    azitafebriani May 14, 2013 at 10:30 am

    Halo abang hideo :)
    Sehat selalu yaaa, suka deh sama matanya.
    Toss dari dedek arjuna :D

  11. riscamomlifa
    riscamomlifa May 15, 2013 at 1:31 pm

    hideo hebat,, salam dr kakak lifa (5y),, dlu lahir prematur juga berat 1,35 kg,, alhamdulillah sehat,,salahsatunya krn ASIX sampe 2,5thn,,

  12. giratri23
    Giratri May 16, 2013 at 3:19 pm

    Ceritanya persis banget sama my little warrior, Halmar.

    Lahir 33 minggu, kontraksi duluan secara tiba2. kondisi sendirian tanpa suami dan keluarga (lagi merantau) karena lahir jauuuh sebelum hpl. berat hanya 2kg. selama hamil bundanya juga keliaran kemana2 karena tugas negara (ceilah). pas melahirkan belom punya pengetahuan apa2 soal pernapasan, walhasil meski melahirkan bisa normal tapi penuh drama dan air mata.

    sempet kuning, gak mau nyusu sama sekali. plus nipple inverted. akhirnya kasi asip pake botol plus nenen melalui nipple shield. belom lagi gumoh2 terus sampe keluar lewat idung, bundanya sampe gak berani tidur takut halmar gak bisa napas malem2.

    tepat satu bulan, baru bisa menyusu langsung (sujud syukur), dan langsung bales dendam. nenen terus kerjanya :)

    sehat terus hideo, salam dari baby halmar (4,5 mo. 6,8kg)

  13. Anjani
    Anjani May 17, 2013 at 6:21 pm

    hay baby hideo,

    hampir sama ya,, dlu aq jg hamil tanpa disadari, tau2 hamil padahal aq sempet datang bulan looh,, certa nya pulang kerja aq pingsan d angkutan umum mampir dibawa deh k rs terdekat,kta dokternya aq hamil,tp di tespek pun negatif sempat ga percaya krna aq bru aja datang bln krg lbh 2minggu yg lalu *masa iya hamil, tetep cuek tetep melanjutkan kontrol gigi *ktnya klo lg hamil gigi sering sakit makanya gigi yg bermasalah d atasi, 2kali cabut gigi,1x bersihin karang dan 2x nambel gigi slama 1bln lbh menjalanin periksa gigi. certa trnyata slma aq menjalanin periksaan gigi sm kjadian pingsan itu aq ternyata hamil beneran loh hnya saja d tespek tetep negatif, penasaran aq ke RSIA muhamdiyah tmn puring kontrol abs d blng hamil,pas d USG jg kosong ga ada tanda2 hamil
    ya sudah akhirnya aq urut deh dtukang urut langganan kt dy yuuups bener aq hamil, hnya saja blum terdeteksi krna msh muda kira2 aq sdh hamil 6minggu, ktnya dsuruh nunggu smpe bln dpan bener sj tau2 khamilanku sdh 10minggu, stlh tw hamil aq extra hati2,,tp malah aq kepleset d kamar mandi, H2C deh gara2 jatuhnya lmyan sakit euy,
    dtng lg k RSIA BUHA ciputat lgsng kontrol stlh jatuh, alhamdullh sehat tdk knp2
    sampai skrg baby adrian sehat trus, walaupun mommy nya selebooor hahahaaa
    salam kenal baby hideo

  14. Aniflakitnac
    Aniflakitnac May 18, 2013 at 12:18 pm

    Slm hebat buat kakak hideo…dari baby chalief 3,5mos…sht trs ya nak..sst baju nya sama ma baby chalief loh :P

  15. hetti ageru-timur
    hetti ageru May 19, 2013 at 7:06 pm

    wah senang rasanya bisa share ya bund.. sebagai bunda dengan bayi prematur memang kita harus saling suport, karena di luar sana kita tidak sendirian.. jadi tambah semangat neh.. dulu waktu hamil muda saya selama 2 bulan kerja lapangan dari pagi, kadang maghrib baru pulang. mungkin saya..kecapekan kali ya???

  16. dhewee zhoe
    dhewee zhoe May 20, 2013 at 10:40 am

    terharu baca semua pengalaman bunda…alhamdulillah 2x hamil dan melahirkan saya dan baby tidak pernah mengalami hal yang buruk,two tumb buat semua bunda dan bayi hebatnya :*

  17. umi farhat
    Yayu Romdhonah July 14, 2013 at 11:03 am

    Slm kenal bunda hideo. Ceritanya sangat memotivasi sy utk ttp optimis. Tfs.
    Skrg sy hamil 30 w dan lg jalanin perawatan kontraksi. Janin baru 1.5kg dan sungsang. Kt dokter blm blh dilahirin. So, skrng dtahan di dlm setidaknya sampe janin 2kg.. Sy minum obat penguat rahim dan antikontraksi 2x sehari, bedrest total. Tp tetep, sampai td mlm msh kontraksi dan keluar air. Mhn doanya dr moms smg saya dan janin bs kuat sampai waktu lahiran.

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.