Being A Natural Mother

adisanita

Invisible hand? Sepertinya kedengaran menyeramkan ga sih? Tapi yang saya maksud di sini adalah campur tangan Tuhan terhadap apa yang kita niatkan dan itu buat kebaikan, Insya Allah akan ada jalan yang mempertemukan ke arah tujuan kita tersebut dengan bantuan Tuhan tanpa kita sadari atau seringnya terlambat kita sadari.

Berawal dari keinginan saya untuk belajar menulis, menggali ilmu untuk bisa menulis secara baik, dan saya berkesempatan mendapatkan buku secara gratis dari panita workshop, buku yang diterbitkan dari Indie publishing, saya yakin panitia hanya berusaha memperkenalkan cara menerbitkan buku sendiri apabila kita sudah punya naskah dan akan diterbitkan, kita bisa mengikuti langkah ibu Aridha Prassetya, penulis buku: “Being a Natural Mother”, contoh buku yang diberikan kepada kami.

Minggu lalu baru saya bisa berkesempatan untuk membaca isi buku tersebut, dan sepertinya Allah memberikan jawaban dari kegundahan/kegelisahan saya atas apa yang saya rasakan tentang sulitnya menjadi ibu yang “baik” buat anak-anak saya, sulitnya menahan kesabaran apabila anak-anak mulai rewel, sulitnya bertindak sebagai pelayan untuk kenyamanan anak-anak,juga sulitnya berusaha menerima bahwa saya adalah seorang ibu yang harus bekerja dan menghabiskan waktu di kantor, padahal di sisi lain, ingin sekali lebih banyak waktu bersama anak-anak dan suami.

Terharu membaca cerita dari kisah nyata ibu Aridha, tak tertahankan saya mbrebes mili (menitikkan air mata dalam bahasa Jawa), waktu membaca buku tersebut di omprengan sepanjang jalan saya pulang ke rumah, sempat termenung beberapa detik, apabila saya menemukan paragraph yang sesuai dengan apa yang saya rasakan dan pikirkan.

Menurut ibu Aridha, Ada 8 karakter yang diperlukan untuk menjadi Natural Mother, yaitu:

    1. Kooperatif,  bekerja sama dengan anak lebih baik dan akan membahagiakan dari pada kita memaksakan kehendak.
    2. Kuat, mengapa harus kuat? belajar kuat adalah berlatih mengalah, dan dalam buku itu, ada beberapa kisah ibu-ibu yang bersedia mengalah dan berhasil menciptakan kebahagiaan, walaupun berat yang harus dijalani.
    3. Inspirasional, sebagai ibu, kita harus menjadi inspirasi buat anak-anak kita, kita berharap agar anak-anak menjadi anak yang kreatif, maka sebagai ibu, sebaiknya kita juga harus pintar memilih inspirasi bagi diri kita sendiri terlebih dahulu.
    4. Negative Thinking, banyak anak-anak dan remaja yang kurang baik pergaulannya, dan sebagai ibu, kita harus mempunyai negative thinking terhadap anak-anak, zaman sekarang, banyak anak-anak yang lebih suka terbuka pada orang lain, dari pada guru atau orang tuanya, disini pentingnya negative thinking bagi para ibu.
    5. Motivator, Bagaimana memotivasi anak-anak melalui pemuasan kebutuhan-kebutuhan naluriahnya.
    6. Sabar, banyak hal-hal yang dialami oleh ibu yang harus dipelajari, dibaca dan diselesaikan, layaknya sebuah buku, hidup adalah pembelajaran tanpa henti.
    7. Pemaaf,  salah adalah manusiawi dan “maaf” adalah sifat ilahiah, mampukah kita bergerak menuju sifat yang pemaaf agar anak-anak menjadi lebih nyaman bersama kita?
    8. Natural, ibu natural adalah ibu yang menjaga keadaan psikisnya secara wajar,tanpa kekerasan, dan tidak meledak-ledak.

Seorang ibu Natural adalah seorang ibu Pendoa, bukan hanya menjaga harmoni kesehatan fisik, kata dan emosinya, tetap juga gemar berdoa.

Itulah sedikit ringkasan yang saya ambil dari buku “Being a Natural Mother” by Aridha Prassetya. Saya sangat terkesan dengan buku ibu Ida, saya sempat kirim email untuk mengucapkan terima kasih atas sharingnya dalam buku tersebut dan bisa membuka mata, wawasan serta ilmu agar bisa menjadi ibu yang baik, dan dibanggakan oleh anak-anak kita kelak.

9 Comments

  1. Indah Prabandono
    Indah Prabandono December 17, 2011 at 12:43 am

    Wow bgs skli mba.alhamdulillah sdh aku praktekkan walopun blm smpat baca buku ini siy.yah anak kan titipan Tuhan ya, udh pasti yg ngerti tiap individu pasti yg punya :)

  2. koeliz
    Tasya Karissa December 17, 2011 at 8:15 am

    Just exactly what my MOM was always did… so proud of her :).. Tapi baru tahu ada istilah Natural mother.. TFS yaa

  3. ninit
    ninit yunita December 17, 2011 at 8:15 am

    penasaran sama buku ini. cari ah ntar kalo ke toko buku :) TFS.

  4. prastawa
    Nita Prastawaningrum December 17, 2011 at 5:05 pm

    this one gets me :
    ” mampukah kita bergerak menuju sifat yang pemaaf agar anak-anak menjadi lebih nyaman bersama kita?”

  5. adisanita
    adisanita December 17, 2011 at 5:09 pm

    Iya mbak, terus terang, buku ini pas banget dengan kondisi saya, dan inspiratif juga, saya juga beli buat kasih ke adik dan teman saya

  6. eka
    Eka Wulandari Gobel December 17, 2011 at 9:15 pm

    bagus ya, nilai2 dlm bukunya. pengen baca deh, TFS ya :)

  7. Hastuti
    Hastuti December 19, 2011 at 5:41 pm

    Nice book, bisa menjadi bahan renungan dan cheklist diri sendiri sebagai seorang ibu. Setiap ibu pasti berkeinginan untuk menjadi sahabat bagi anak-anaknya. I Try to make it true. Thanks for share :)

  8. fardania
    Fardani Annisa December 28, 2011 at 5:16 am

    Moms, bagi yang penasaran tentang buku “Being a Natural Mother” karya Aridha Prassetya bisa dilihat di link ini : http://bit.ly/sotuoA

    TFS Mbak, saya langsung beli dan memang bagus :)

    1. adisanita
      adisanita December 29, 2011 at 7:48 pm

      mbak Fardani, iya bisa beli di indiepublishing.

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.