Bento untuk Bekal Anak

Luluk Maslachah

Sejak anak saya masuk di Sekolah Alam, saya harus menyiapkan bekal tambahan dan juga bekal untuk makan siang di sekolah. Karena kegiatan dan aktivitas fisik anak-anak di sekolah alam cukup banyak, otomatis anak jadi cepat lapar dan bekal makanan harus lebih lengkap dan bervariasi dan bisa menambah energi untuk beraktivitas.

Sebenarnya ada katering untuk makan siang yang ditawarkan oleh pihak sekolah. Tapi saya pikir, apa salahnya kalau saya bawakan bekal makan siang dari rumah, karena bisa lebih hemat. Saya mencoba berkreasi dengan makanan yang sudah saya masak sehari-hari dan lagi pula saya tahu betul kondisi dan kebutuhan porsi serta menu anak saya.

Kebetulan anak saya sangat suka kalau makan bekal sendiri yang saya siapkan dari rumah. Jadi untuk lebih menambah selera makannya dan tidak tergoda untuk jajan, saya mencoba membuat bento untuk bekal anak saya.

Dengan berbekal pengetahuan membuat bento yang masih sedikit, berikut adalah sebagian hasil kreasi bento untuk anak saya, yang terkadang ide bentuk adalah dari ide anak saya juga. Jadi saya sebagai ibunya hanya tinggal mengombinasikan saja dan tinggal cetak sesuai keinginan si kecil.

Berikut beberapa bento hasil karya saya:

Si Duk-Duk: Nasi uduk, mentimun, daun kemangi, ayam goreng, telur dadar iris, kering tempe

Dua Anak Bergandengan tangan: Nasi putih, mie goreng, bakso, wortel, sawi hijau

Roti Tawar Cinta: 2 lapis roti tawar dibentuk hati, lapis pertama diolesi selai stroberi, lapis kedua diolesi mentega dan ditaburi cokelat

Kura-kura Fantasi: Nasi putih, bakwan jagung, tahu goreng iris, sayur bokcoy wortel

Mari kita membuat bento agar anak-anak lebih semangat berangkat sekolahnya dan tentunya jadi tambah lahap makan bekal makan siangnya.

6 Comments

  1. ruuzuly
    Ruliyani Nuzuly October 12, 2012 at 2:01 am

    Waaahhh kereeennn!!! Impianku dari sebelum nikah, pengeeeen banget suatu saat nanti pinter nge-bento buat bekel anakku :D
    Malah duluuu aku ngebayangin, kalo nanti punya suami, aku bekelon bento buat makan siangnya :p aku selipin fotoku jugaa sama note misalnya “Semangat yah (ง’̀⌣’́)ง ” hehehe.. Ehh ga taunya kantor suamiku udah nyediain catering sendiri :p
    Ga jadiii deh :D
    Tfs yaaah mbaaak ;)

  2. October 12, 2012 at 3:55 pm

    Keren banget mom… Aku juga pengen banget bikin bekal, udah ngga sabar. Tapi anakku baru umur setahun… :P

  3. eka
    Eka Wulandari Gobel October 12, 2012 at 9:44 pm

    yummie! jadi laper nih malem2 hihihi..

    TFS ya, jadi nambah ide buat bekal anak2 ke sekolah nanti :)

  4. rina cahyarini
    rina cahyarini October 13, 2012 at 9:15 am

    wahhh aku cobain nehhh

  5. inme
    inme October 14, 2012 at 12:43 pm

    Aq jug jdi gak sabaaar nunggu anakku besar spy bs buatin bekal bento. Smntara skr msh coba2 b dmkan sndiri aj, hehe..
    Nice share mom!

  6. sierra.gubragk
    Sierra Dewiyanthi November 12, 2012 at 9:49 pm

    Mbak Luluk, terima kasih share-nya. Kalau ada lagi photo-photo bento yang lain mauk yaaaa..

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.