Berbelanja Bersama Kana

Ketika akan belanja bulanan, biasanya saya membuat daftar barang-barang yang akan di beli. Sambil berbelanja, untuk barang yang sudah diambil akan saya coret dari daftar belanja. Rupanya kegiatan ini cukup menarik untuk Kana. Beberapa bulan terakhir, walaupun belum bisa membaca, Kana selalu meminta supaya ia yang bisa mencoret daftar belanja. Saya tinggal menunjukkan mana yang harus ia coret.



Kegiatan ini berlangsung untuk beberapa waktu, hingga saya teringat suatu hal yang diucapkan oleh Ibu Elly Risman pada salah satu seminarnya:

"Ajak anak belanja, biarkan mereka buat daftar belanjanya sesuai dengan apa yang ingin mereka tulis, baik itu tulisan, gambar ataupun hanya coretan. Dan ketika berbelanja, biarkan mereka yang membaca daftar belanjanya dan mengarahkan kita. Percaya atau tidak, mereka pasti akan bisa karena mereka cerdas. Dan itu adalah salah satu proses belajar mereka."

Akhirnya, saya pun mencobanya.



Pagi hari sebelum berbelanja, saya meminta Kana membuat daftar belanja versinya. Barang-barang atau makanan apa saja yang biasa Kana pakai dan sudah habis. Saya tidak mengarahkan bagaimana cara menulisnya, hanya membantunya mengingat barang yang ia perlukan saja. Hasilnya ada delapan macam yang ia gambarkan di daftar belanjanya. Di samping setiap barang yang sudah Kana gambar, Kana juga membuat sebuah kotak untuk tempat tanda centang. Kana pun semakin bersemangat pergi berbelanja. Sebelum berangkat, ia kembali mengingatkan saya untuk tidak lupa membawa buku daftar belanja yang sudah ia buat.


Ketika sampai di supermarket, Kana langsung meminta bolpoin dan buku daftar belanjanya. Lalu ia duduk di kereta belanja dan membaca daftarnya. Kana langsung mengarahkan kami supaya pergi ke rak berisi barang pertama yang ada di daftarnya.



Selama berbelanja, Kana sangat serius dan betul-betul memperhatikan daftar belanjanya. Bahkan ia sempat protes ketika saya  mengambil barang yang tidak ada dalam daftar belanja. Setiap kali ada barang di daftar belanja yang sudah diambil, ia langsung sibuk memberi tanda centang di kotak yang ia buat. Ketika semua barang sesuai daftar sudah masuk keranjang belanja, ia pun dengan bangga menyatakan sudah lengkap lalu mengarahkan kami untuk pergi ke kasir dan menyudahi kegiatan berbelanja kami.


Dengan adanya kegiatan tambahan ini dalam proses belanja bulanan kami, Kana semakin bersemangat jika diajak berbelanja. Seru, sangat menyenangkan serta pastinya anak jadi belajar dari aktivitas membuat daftar belanja.

8 Comments

  1. avatar
    Gabriella F April 28, 2014 9:50 am

    Kana pinter... cantik deh! TFS ya Mir, pengen nyoba suruh albert bikin daftar belanjaan juga nih...

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    Eka Gobel April 25, 2014 9:44 pm

    kana pinter banget ya! cantiik deh kana, sudah gadis! :)

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    Cindy Vania April 24, 2014 11:52 pm

    hihihi..Kana lucu banget siihh,udah gede,pinter bikin daftar belanjaan pula :D

    1. avatar

      As .



  4. avatar
    momnay April 24, 2014 9:34 pm

    ekspresi Kana seru banget :D jadi gak sabar mau ajak Nay belanja deh.. masih lama :p

    1. avatar

      As .



  5. avatar
    zata ligouw April 24, 2014 2:46 pm

    Ah bener juga ya Mir, ajak anak biin daftar belanjaannya sendiri, pasti akan bikin dia merasa lebih bertanggung jawab dan kreatif, liat aja tuh gayanya Kana, serius tapi lucu hihihi..

    mau ah praktekin ke anak2 juga..

    1. avatar

      As .