Berburu Dinosaurus di Jogja

Sebagai ibu dari seorang fans berat dinosaurus, menemukan sosok dinosaurus yang bisa disentuh oleh Aksa (4 tahun) merupakan suatu prestasi. Bermula dari kunjungan ke Taman Legenda TMII, Aksa jatuh cinta dengan hewan purba ini sampai sekarang. Kepindahan kami ke Jogja sedikit menyisakan kekhawatiran akan lebih sulit menemukan tempat wisata dengan sosok dinosaurus.

Ternyata kami salah.

Belum genap setahun di sini, Aksa sangat beruntung bisa bertemu dengan berbagai macam dinosaurus. Senang sekali rasanya melihat binar matanya kala menyebut T-Rex, Triceratops, Stegosaurus, dan jenis dinosaurus lain yang biasa dilihat gambarnya di buku, sekarang ada di depannya. Jika Urban Mama juga punya anak penggemar dinosaurus dan berkesempatan ke Jogja, cobalah kunjungi empat tempat di bawah ini:

1. Taman Pintar

Dinosaurus di Taman Pintar bisa ditemui di lantai dasar Gedung Oval dan Gedung Kotak lantai 3. Untuk dapat masuk ke lokasi, kita harus membeli tiket masuk Gedung Oval seharga Rp10.000,- untuk anak, dan Rp18.000,- untuk dewasa. Terjangkau sekali, ya. Tyrannosaurus Rex di Gedung Oval seolah mengucapkan selamat datang setelah kita keluar dari terowongan aquarium. Di sini, beberapa dinosaurus berada dalam setting kehidupan purba. Ada keterangan di setiap miniatur dino, termasuk video interaktif.

Sesi yang lebih seru bersama dinosaurus bisa dinikmati di zona Dino Adventure di lantai 3. Dengan membayar tiket tambahan seharga Rp20.000,- untuk anak dan Rp25.000,- untuk dewasa, kita dapat melihat dinosaurus secara lebih nyata melalui train ride. Satu kereta berkapasitas empat penumpang. Suasana temaram menambah seru petualangan, dengan enam jenis dinosaurus yang dapat mengeluarkan suara: T-Rex, Styracosaurus, Allosaurus, Parasaurolophus, Stegosaurus, dan Diplodocus.   

2. Taman Pelangi

Taman Pelangi merupakan bagian dari Monumen Jogja Kembali yang berada di Ring Road Utara. Karena Taman Pelangi baru buka pukul lima sore sementara adiknya Aksa masih bayi, kami memutuskan untuk menikmati lampion berbagai warna dan bentuk tersebut di siang hari. Tentu saja, dalam keadaan tidak menyala. Ternyata cantik juga, lho! Tiket masuknya ke dalam museum hanya Rp10.000,- dan kita bisa sekaligus melihat-lihat lampion dinosaurus dan hewan lainnya.

3. Kids Fun Parcs

Dinosaurus di amusement park tertua di Jogja ini berada dalam wahana Jurrasic Park. Seperti Dino Adventure di Taman Pintar, kita harus menaiki kereta untuk dapat melihat berbagai jenis dinosaurus yang dapat bersuara. Bedanya, lokasi Jurrasic Park terletak di taman dengan gerbong kereta yang jauh lebih banyak. Durasi satu putarannya pun lebih lama sehingga lebih puas. Jika ingin berfoto, ada taman dengan patung dinosaurus di gerbang wahana. 

4. Transmart Maguwo

Ketika mendengar Transmart membuka cabang di Jogja, saya tidak terlalu penasaran ingin segera kesana. I thought it’s just another mall. Ternyata, di lantai paling atas ada Trans Studio Mini yang luas dan... tentu saja ada dinosaurusnya! Anak saya sudah heboh saja menyebut berbagai nama dinosaurus yang ia lihat di sana. Meskipun tidak banyak, tetapi ukurannya yang cukup besar didukung dengan desain studio yang colorful dan pencahayaan yang apik, anak-anak sudah pasti betah bermain di sini. Untuk bisa menikmati permainan yang ada, kita bisa membeli kartu dengan deposit minimal Rp50.000,-. Kalau hanya melihat dinonya saja, tidak usah membayar juga bisa kok.

5. Kebun Binatang Gembira Loka

Bisa jadi, ini adalah dinosaurus tertua di Jogja. Bentuknya berupa triceratops dengan terowongan di dalamnya. Sayang sekali saya tidak memiliki fotonya karena ingatan akan adanya dino ini muncul mendadak. Triceratops ini sering menjadi spot foto dari jauh karena berada di bawah tulisan Gembira Loka Zoo. Tiket masuk kebun binatang ini sekarang Rp30.000,-. Cukup murah, ya.

 

Bagi saya, selama anak gemar sesuatu dan itu mengasah kecerdasannya, saya akan ikuti terus. Pengalamannya bermain dengan figurine dinosaurus, membaca buku-bukunya, dan melihat videonya akan semakin nyata ketika bisa menyentuh langsung dinosaurus dengan ukuran yang paling mendekati aslinya. Untuk urban mama yang bernasib sama dengan saya, coba kunjungi destinasi di atas ya… Jangan lupa sambut rasa takjubnya dengan turut menjelaskan tentang jenis dinosaurus tersebut, agar momen belajarnya tidak hilang.

3 Comments

  1. avatar
    dieta hadi October 10, 2017 1:21 pm

    wah buat anak-anak yang suka dino bermanfaat banget nih banyak tempat dinonya. tfs ya mama

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    Cindy Vania October 9, 2017 5:19 am

    Hai mama Adhisti, thanks for share yaa!

    Aku nggak kepikiran lho bisa berburu Dino di Jogja, padahal anak-anak sudah ketemu hampir semua Dino yg disebut di atas.

    Poin nomor 5 ini Dinonya di mana sih?
    Seingatku yg masuk ke dalam gua itu bentuknya kuda nil.
    Atau yang di atas menuju arah keluar? Yang bagian belakang gak tembus ya?

    1. avatar
      adhisti rahadi October 12, 2017 5:10 am

      @cindyvania: iya mbak yang masuk terowongan itu.. Tepat di bawah tulisan gembiraloka zoo yg ala Hollywood..
      @dietahadi: iya mbak.. Sama2

      1. avatar

        As .



    2. avatar

      As .



Post a Comment

You must be logged in to post a comment.