Berkemah dan Manfaatnya untuk Anak

Urban Mama Papa, ada yang berencana camping bersama anak saat liburan sekolah mendatang? Biasanya setiap sekolah memiliki program khusus untuk mengisi liburan sekolah dengan berkemah atau camping. Banyak manfaat yang bisa diperoleh anak dengan kegiatan camping ini, salah satunya adalah menumbuhkan keberanian, melatih kemandirian dan disiplin, menumbuhkan kebersamaan dan gotong royong, belajar beradaptasi dengan lingkungan baru, serta manfaat seru lainnya.

Beberapa waktu lalu, Lana dan teman-teman sekolahnya mengikuti kegiatan berkemah di Cibodas. Kegiatan camping ini adalah kegiatan tahunan yang diadakan oleh sekolah. Ada sekitar 150 anak yang terdiri dari kelas 1 hingga kelas 3 mengikuti kegiatan yang diberi tema Camping Seru ke Cibodas: Bersahabat, Menyenangkan, Luar Biasa. Ini adalah camping pertama Lana dan ia sangat antusias untuk mengikuti kegiatan tersebut.

Beberapa hari sebelumnya, Lana dibantu oleh saya menyiapkan beberapa perlengkapan yang dibutuhkan selama camping satu malam di Cibodas. Dibantu oleh pihak sekolah, setiap anak sudah diberikan daftar beberapa perlengkapan yang harus dibawa selama camping, antara lain:


  1. Tas. Karena setiap anak wajib membawa sendiri tas dan perlengkapan yang dibawa saat camping, saya memilih tas punggung Lana sendiri. Selain karena ukurannya lebih pendek, saya ingin Lana tidak repot karena membawa tas yang besar dan berat.

  2. Sleeping Bag. Setiap anak diharapkan membawa satu sleeping bag yang akan digunakan sebagai alas tidur selama camping. Saya pun memilih sleeping bag berbahan polar yang lebih hangat, ukurannya lebih minim, dan tentunya lebih mudah dilipat.

  3. Pakaian ganti. Saya mengemas 3 stel pakaian yang akan digunakan oleh Lana selama camping. Setiap 1 stel pakaian terdiri dari baju lengan panjang, celana panjang, pakaian dalam, dan kerudung. Setiap satu stel pakaian ini saya masukan dalam 1 kantong plastik yang sudah diberi nama. Setiap pakaian pun saya beri nama dan kelas untuk memudahkan Lana dan fasilitator menemukan jika ada pakaian yang tertinggal. Jangan lupa mengajak anak untuk mengemas barang yang dibawanya supaya anak mudah mengenali barangnya sendiri.

  4. Alas kaki yang nyaman. Selain sepatu olahraga yang digunakan saat Lana berangkat, saya pun membekali sandal jepit serta kaos kaki secukupnya.

  5. Jas hujan. Anak-anak bisa saja kehujanan saat melakukan kegiatan seru selama camping, atau mungkin saja tenda yang digunakan selama camping basah karena hujan turun jadi jas hujan sangat membantu mereka agar tetap bisa beraktivitas.

  6. Perlengkapan mandi. Saya menyiapkan satu tas waterproof untuk menyimpan peralatan mandi seperti sabun, sampo, pasta gigi, sikat gigi, lotion anti nyamuk, dan tabir surya (sun screen/sunblock) khusus anak-anak dan tentunya handuk berukuran sedang.

  7. Obat-obatan. Meskipun Lana tidak memiliki alergi atau sedang dalam keadaan sakit, saya tetap membekali obat penurun panas, vitamin dan obat batuk di dalam tasnya.

  8. Senter untuk membantu penerangan di malam hari.

  9. Kantong plastik secukupnya untuk menyimpan pakaian basah atau kotor.

  10. Alat sholat.

  11. Makanan ringan dan botol minum.


Selain beberapa perlengkapan diatas, kami pun memberikan beberapa pesan dan bekal sikap positif selama ia camping, misalnya tidak boleh berpisah dari teman sekelompok, selalu minta izin pada fasilitator jika ingin melakukan sesuatu, tidak membuang sampah sembarangan, dan mengatakan bahwa kami, Ayah, Bunda, dan adik Yoona, sangat merindukan kakak Lana. Tak lupa juga sebelum Lana berangkat, saya menyimpan nomor handphone fasilitator.

Lihat, mereka senang sekali bukan? Kegiatan camping seru ini memberikan pengalaman menyenangkan kepada Lana. Anak-anak jadi belajar betapa besar karunia Tuhan dan yang terpenting mereka akan belajar untuk bertanggung jawab serta selalu mencintai alam dan lingkungan.

Related Tags : ,

7 Comments

  1. avatar
    Honey Josep June 2, 2016 5:18 pm

    Lana hebat sudah camping!

    Seru sekali, tfs Ipeh! :)

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    Gabriella F May 30, 2016 9:50 am

    Senangnya ikut camping... keren emang sekolahnya Lana! Pasti ini jadi kenangan masa kecil yang berharga untuk Lana ya...

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    Cindy Vania May 28, 2016 11:41 am

    Seru banget kegiatan di sekolahnya Lana!
    Makasih artikelnya ya kak Ipeh. Buat persiapan anak pertama beberapa tahun lagi nih :)

    1. avatar

      As .



  4. avatar
    Shinta Daniel May 25, 2016 4:03 pm

    Keren banget program sekolahnya Lana... camping juga bisa melatih kemandirian anak dan lebih dekat dengan alam... seru :)

    1. avatar

      As .



  5. avatar
    zata ligouw May 25, 2016 9:04 am

    Kaka Lana keren banget deh udah ikut kemping :).

    Makasih artikelnya Peh, penting tuh persiapannya, biar gak lupa ini itu..

    1. avatar

      As .