Berkreasi Dengan Homemade Playdough

bunda_rizma
Pekan lalu, saya dan Rizma bermain dengan playdough. Zaman saya kecil sih mainannya lilin malam, yang kalau selesai bermain maka tangan beraroma seperti minyak tanah. Karena sepertinya kurang aman dan saya juga tidak tahu sekarang bisa beli malam di mana, akhirnya terinspirasi untuk membuat sendiri playdough.

Awalnya playdough buatan sendiri ini mau dimasak saja supaya lebih aman kalau-kalau Rizma berusaha memasukkannya ke mulut. Akhirnya saya membuat non-cooked playdough yang lebih mudah dibuat. Rizma pun mau ikut membantu bundanya membuat playdough. Resepnya saya ambil dari sini.

Bahan:

  • 1 cup tepung serbaguna
  • ⅓ cup garam
  • 2 sdt minyak goreng
  • ¼ cup air panas
  • pewarna makanan secukupnya
Cara membuat:
1. Campur tepung dengan garam, kemudian tuangi air panas.
2. Remas-remas adonan sampai kalis dan dapat dibentuk. Bila terlalu encer tambahkan tepung lagi, atau tambahkan air lagi bila adonan masih terlalu keras.
3. Tambahkan pewarna makanan.

4. Remas-remas kembali adonan hingga warnanya merata.
5. Tambahkan minyak agar adonan tidak lengket dan warna adonannya lebih terang.

playdough siap digunakan

Agar lebih awet, simpan playdough dalam wadah plastik tertutup dan disimpan ke dalam kulkas.

Rizma membuat bentuk-bentuk playdough dengan cookie cutter

Rizma membuat boneka salju dengan bantuan papanya

Selama bermain, ternyata kalau tidak diawasi maka Rizma tertarik mencicipi playdoughnya. Sudah bisa ditebak ya. Meski terbuat dari bahan-bahan yang edible, sebaiknya saat anak asyik berkreasi dengan non-cooked playdough ini tetap diawasi ya Urban mama. Selamat bermain!

16 Comments

  1. ZataLigouw
    Zata Ligouw November 13, 2014 at 8:11 am

    duhh kreatif banget bunda rizma.., jadi pengen bikin juga buat si kecil.

    makasih artikelnya yaa…

  2. Indri
    Indri Puspitasari November 13, 2014 at 12:00 pm

    Wahhh pas banget ada tips bikin playdough sendiri…nathan jg lg seneng main playdough. Ini takarannya untuk 1 warna playdough aja yah mam??

  3. bunda_rizma
    bunda_rizma November 13, 2014 at 1:59 pm

    @mom zata
    sama2… yuk bkin, gampang n murmer :))
    @mom indri
    kl utk warna bs aja takaran ini utk 2 warna. kmrn sy cm pny 1 warna sih, hehe…

  4. iprytz
    Pryta Aditama November 13, 2014 at 10:38 pm

    waaaaa..rizma seru yaa main playdoughnya.. :D
    besok-besok ikutan bikin juga aaahh.. tfs bundaaa..

  5. Kira Kara
    Bunda Wiwit November 14, 2014 at 9:03 am

    kereeennn… ini waktu bikinnya aja udah seru ya. Apalagi waktu dipake maen :D pasti lebih seruuu…

  6. bunda_rizma
    bunda_rizma November 14, 2014 at 10:54 am

    @mom iprytz
    iya, seru, bikinnya apalagi, maunya ngrusuhin. hahaha
    @bundanya kira kara
    hihi, seru juga, walaupun msh blm trll mahir rizmanya :))

  7. cindy
    cindy vania November 16, 2014 at 4:55 pm

    wah,keren banget mbak rizma bikin playdough sendiri :D
    asik yaa mainnya pake cookie cutter,ngga kepikiran euy..
    TFS mba :)

  8. dewiamel
    dewiamel November 16, 2014 at 8:26 pm

    Wah bisa ya gak dimasak? Selama ini googling/ pinterest dapetnya resep yg dimasak. Jd males bikinnya hehehehe. Mau coba ah bikin pake resep yg ini. Tfs ya…
    btw kl dikasih vanila extract jd harum kali ya… tp pasti anak2 jd lebih kepengen makanin dough nya hihihi

  9. nairarangga
    nairarangga November 20, 2014 at 7:45 am

    bunda rizma,,, tepung serbaguna itu contohnya tepung apa ya maaf oot ya pertanyaanya

  10. bunda_rizma
    bunda_rizma November 20, 2014 at 10:24 am

    @mom cindy
    hihi sama2, makasiiiih mom cindy. kemarin jg pas liat cookies cuter. pdhl ga ada rencana pk itu :)
    @mom dewiamel
    iya, bisa mom tanpa dimasak. aman bahan2nya. blm coba yg pk vanila extract, nanti lebih dikira cemilan takutny :D
    @mom nairarangga
    contohny s*g*t*g*b*ru atau bs jg pakai tepung terigu biasa.

  11. mitsa
    mitsa November 21, 2014 at 5:56 pm

    Boleh ditiru nih..tq infonya bunda rizma

  12. dknee
    dknee November 25, 2014 at 1:27 pm

    Sudah lama tertarik pingin buat,eh dpt resepnya dr bunda_rizma. Makasih bun…
    ohiya klo 1 cup itu brp gram ya bun? Hehe…maaf gak pernah pake takaran cup2 klo masak atau bikin2 kue.

  13. fmasudah
    Fenny Masudah November 27, 2014 at 8:47 am

    Ahh toss dulu mama risma aku jg suka bikin playdough sendiri

  14. tetehasti
    tetehasti November 28, 2014 at 8:45 pm

    rizma mulai main playdough ini umur berapa ya mom?
    anakku baru umur 1 tahun,kira2 sudah bisa dikenalkan mainan ini belum ya?

  15. bunda_rizma
    bunda_rizma December 17, 2014 at 8:56 am

    @dknee
    sama2… sy pk cangkir kecil yg buat teh aja bun. Ngga ada takaran angka :)
    @fenny
    Tossss ah! ^^
    @tetehasti
    18 bulanan lah kmrn itu. bisa aja, asalkan diawasi, soalny umur segitu biasanya masih penasaran nyicipi kan.. Rizma aja masih pas mainan kmrn. hihi

  16. Dundi
    Dundi March 6, 2015 at 2:49 pm

    Ini ilmu bgt buat aq… karena si bungsu lagi masa oral sedangkan kakaknya senang main playdough jadi keduanya bisa senang dan sya bisa agak tenang playdoughnya kemakan. Thank you soo much mom.

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.