Berlibur ke Pantai Parangtritis Yuk!

Kali pertama Dita berkenalan dengan pantai, saat usianya 15 bulan. Waktu itu ke pantai Kalangan, Sibolga-Sumatera Utara, saat mudik lebaran ke tanah kelahiran Ayahnya di Padangsidempuan tahun 2009. Saat itu, Dita belum berani saat diturunkan ke pantai untuk bermain air.

Lebaran tahun 2010 kemarin, saat mudik ke Jogja (kota kelahiran saya) untuk kali kedua, Dita (2y3m) kami ajak main ke pantai. Kali ini ke Pantai Parangtritis. Kebetulan rumah orangtua saya jaraknya hanya 200m dari pantai, jadi hampir setiap hari kami bolak-balik bermain ke pantai. Awalnya Dita takut, lama-lama tidak mau diajak pulang.

Sebenarnya banyak sekali pantai di Jogja selain Parangtritis. Ada pantai Krakal, Kukup, Samas dan masih banyak lagi. Masing-masing memiliki daya tarik. Pantai Parangtritis yang masuk wilayah Kabupaten Bantul ini berjarak kurang lebih 30km dari Jogja dan dapat ditempuh dalam waktu 1 jam dari pusat kota. Jalan menuju ke sana sangat mulus. Jika ingin menginap, di sana banyak ditemukan jejeran penginapan dan hotel. Tarif penginapan berkisar antara Rp 50rb-500rb tergantung dari fasilitas dan season. Waktu peak season adalah saat liburan anak sekolah, lebaran, tahun baru, dan malam 1 Suro.

Dengan retribusi hanya Rp.3.250/orang, kita bisa sepuasnya bermain ombak dan pasir di Pantai Parangtritis. Sensasi bermain di pantai ini adalah saat kita dikejar ombak dan setelah ombak menyapu kaki kita dan airnya kembali ke pantai, rasanya badan ikut bergerak. Dita pasti berteriak histeris senang saat merasakannya. Sayang, karena ombak pantai selatan yang besar, pantai Parangtritis tidak memungkinkan untuk berenang bebas. Ada jarak batas amannya.

Jika ingin menyusuri pantai tanpa berlelah-lelah, kita bisa naik andong dengan tarif Rp 15 ribu untuk sekali putaran, si kecil pasti suka sekali. Atau bisa naik ATV yang banyak disewakan di sana. Oh ya, kalau ke pantai jangan lupa membawa peralatan untuk bermain pasir. Seru sekali. Kalau sudah bermain pasir, Dita enggan beranjak deh.

Setelah puas bermain di pantai dan perut minta diisi, di sekitar pantai banyak sekali rumah makan yang siap menerima kunjungan. Atau kalau ingin makanan seafood dengan berbelanja ikan sendiri, silakan meluncur ke TPI (Tempat Pelelangan Ikan) yang jaraknya tidak jauh dari pantai. Di sana banyak sekali tempat makan yang menawarkan jasa untuk memasak ikan yang sudah kita pilih plus menyediakan nasi, sambal dan lalapan. Hmm...nikmat.

Jadi untuk urban mama dan urban papa yang mau berlibur bersama keluarga ke Jogja, jangan lupa mampir ke pantai Parangtritis. Akan menjadi kenangan tak terlupakan bagi putra-putri tercinta.
Happy holiday! :)

23 Comments

  1. avatar
    Raimidha Indriyati February 4, 2011 7:14 pm

    Wahhh, pantai parangtritis alias paris kata wong jogja bilang...ni pantai cuma 20 menit dari rumah saya...besok deh kalo Ahnaf agak gedean diajak kesini pasti gak mau pulang..hehehe

    1. avatar
      BunDit February 7, 2011 8:29 am

      Pastinya rumah mam di mBantul ya? hehe :D . Bener mam, Ahnaf pasti gak mau pulang kalau sudah main di Paris :-)

      1. avatar

        As .



    2. avatar

      As .



  2. avatar
    Sugiharti Sudiono February 4, 2011 11:41 am

    :) Ketemu di TUM nieh bun,
    Kemarin pas PUlkam ke Jawa,gagal ke Yogya karena alasan kinan sakit dan juga merapi yang meletus, semoga mudik berikutnya bisa main ke yogya dan mampir ke Paris..:)
    Main diPantai emang asyik dan seru apalagi buat anak anak yah bun..bisa main air dan pasir sepuasnya.

    1. avatar
      BunDit February 4, 2011 11:53 am

      Ditunggu kunjungannya ke Paris mam. Saya kayak duta pariwisata aja nih hihi :D

      1. avatar

        As .



    2. avatar

      As .



  3. avatar
    Astari Kurniaputri February 4, 2011 9:14 am

    enak banget punya rumah deket pantai *iri*

    1. avatar
      BunDit February 4, 2011 10:11 am

      Hehe kakek nenek saya memang asli Parangtritis mam. Saudara ibu saya dan anak2 nya sebagian besar punya usaha rumah makan dan penginepan disana. Kalau Bapak Ibu saya baru 7 tahun disana, setelah ibu pensiun. Makanya skr saya pulkamnya selalu ke Paris (Parangtritis) :D

      1. avatar

        As .



    2. avatar

      As .



  4. avatar
    Astrid Lim February 4, 2011 8:17 am

    Bundit..aku pernah ke Pantai Krakal, Kukup dan Baron..bagus yaaa =) tapi parangtritis juga seru kok,salah satu pantai pertama yg aku kunjungin waktu kecil dulu..kapan2 mau ajak yofel ke sini ah, biar bisa main2 kayak dita =) tfs!

    1. avatar
      BunDit February 4, 2011 8:35 am

      Wah, beach lover juga ya mam Astrid. Yofel pasti happy banget kalau diajak main ke patai nih. Salam buat Yofel dari Dita :-)

      1. avatar

        As .



    2. avatar

      As .



  5. avatar
    Ecaterina February 4, 2011 1:26 am

    whaa..kakak Dita, swimsuitnya kembaran ma Dzana! Kayaknya anak2 emang seneng banget gitu y ke pantai..oh well,ibu2nya jg sih :D Salam dari Dzana & mami :)

    1. avatar
      BunDit February 4, 2011 8:32 am

      Toss sama dedek Dzana, swimsuitnya kembaran sama Dita. Hehe iya mam, jangankan anak2, bapak ibunya juga happy kalau main air :D. Salam balik dari Dita buat Dzana :-)

      1. avatar

        As .



    2. avatar

      As .