Berlibur ke Pantai Parangtritis Yuk!

BunDit

Kali pertama Dita berkenalan dengan pantai, saat usianya 15 bulan. Waktu itu ke pantai Kalangan, Sibolga-Sumatera Utara, saat mudik lebaran ke tanah kelahiran Ayahnya di Padangsidempuan tahun 2009. Saat itu, Dita belum berani saat diturunkan ke pantai untuk bermain air.

Lebaran tahun 2010 kemarin, saat mudik ke Jogja (kota kelahiran saya) untuk kali kedua, Dita (2y3m) kami ajak main ke pantai. Kali ini ke Pantai Parangtritis. Kebetulan rumah orangtua saya jaraknya hanya 200m dari pantai, jadi hampir setiap hari kami bolak-balik bermain ke pantai. Awalnya Dita takut, lama-lama tidak mau diajak pulang.

Sebenarnya banyak sekali pantai di Jogja selain Parangtritis. Ada pantai Krakal, Kukup, Samas dan masih banyak lagi. Masing-masing memiliki daya tarik. Pantai Parangtritis yang masuk wilayah Kabupaten Bantul ini berjarak kurang lebih 30km dari Jogja dan dapat ditempuh dalam waktu 1 jam dari pusat kota. Jalan menuju ke sana sangat mulus. Jika ingin menginap, di sana banyak ditemukan jejeran penginapan dan hotel. Tarif penginapan berkisar antara Rp 50rb-500rb tergantung dari fasilitas dan season. Waktu peak season adalah saat liburan anak sekolah, lebaran, tahun baru, dan malam 1 Suro.

Dengan retribusi hanya Rp.3.250/orang, kita bisa sepuasnya bermain ombak dan pasir di Pantai Parangtritis. Sensasi bermain di pantai ini adalah saat kita dikejar ombak dan setelah ombak menyapu kaki kita dan airnya kembali ke pantai, rasanya badan ikut bergerak. Dita pasti berteriak histeris senang saat merasakannya. Sayang, karena ombak pantai selatan yang besar, pantai Parangtritis tidak memungkinkan untuk berenang bebas. Ada jarak batas amannya.

Jika ingin menyusuri pantai tanpa berlelah-lelah, kita bisa naik andong dengan tarif Rp 15 ribu untuk sekali putaran, si kecil pasti suka sekali. Atau bisa naik ATV yang banyak disewakan di sana. Oh ya, kalau ke pantai jangan lupa membawa peralatan untuk bermain pasir. Seru sekali. Kalau sudah bermain pasir, Dita enggan beranjak deh.

Setelah puas bermain di pantai dan perut minta diisi, di sekitar pantai banyak sekali rumah makan yang siap menerima kunjungan. Atau kalau ingin makanan seafood dengan berbelanja ikan sendiri, silakan meluncur ke TPI (Tempat Pelelangan Ikan) yang jaraknya tidak jauh dari pantai. Di sana banyak sekali tempat makan yang menawarkan jasa untuk memasak ikan yang sudah kita pilih plus menyediakan nasi, sambal dan lalapan. Hmm…nikmat.

Jadi untuk urban mama dan urban papa yang mau berlibur bersama keluarga ke Jogja, jangan lupa mampir ke pantai Parangtritis. Akan menjadi kenangan tak terlupakan bagi putra-putri tercinta.
Happy holiday! :)

23 Comments

  1. siska.knoch
    Siska Knoch February 3, 2011 at 6:41 am

    Waaa tampak seru ya main diPantai, Migu belum pernah nih dibawa ke pantai.. btw baju renang kaka Dita samaan ama Migu tp yg Migu versi Mickey Mouse *OOT* :p tfs Bundit :)

    1. BunDit
      BunDit February 3, 2011 at 10:08 pm

      Toss sama dedek Migu, baju renangnya “sarimbit” sama Dita hihi :-)

  2. Indah Prabandono
    Indah Prabandono February 3, 2011 at 9:13 am

    Sama niy ma Migu. Atar juga belom pernah dibawa maen ke pantai. Pengeeen…
    Pengen banged siy ke salah satu pulau di pulau seribu, soalnya itu keknya yang paling deket :p Salam dari A&E buwat kakak dita :)

    1. BunDit
      BunDit February 3, 2011 at 10:10 pm

      Saya malah belum pernah ke pulau seribu nih. Salam balik dari Dita buat A&E (singkatan dr apa ya?) :-)

  3. cindy
    cindy vania February 3, 2011 at 10:22 am

    Pantai parangtritis.. Ini pantai pertama nya Fofo nih.. Kesan 15bln juga sama kayak Dita :p. Dia suka banget main air.. Tapi fofo ngga berani naik kuda nya.

    1. BunDit
      BunDit February 3, 2011 at 10:12 pm

      Mam Cindy juga asal Jogja kah? Anak-anak emang gitu ya, awalnya takut, lama-lama nagih :D. Salam buat Fofo :-)

  4. eka
    Eka Wulandari Gobel February 3, 2011 at 8:35 pm

    Waah.. Enzo & dante malah belum pernah maen2 ke pantai nih.. Kemaren sempet ke anyer, tapi gak maen air, soalnya ujan melulu… :(
    Kapan ya bisa ke parangtritis? Tar lagi deh, kalo cuacanya udah cerah..
    Seru ya bisa maen pasir, maen air, naik delman, naik atv, maen layangan…
    Tfs ya, bundit :)

    1. BunDit
      BunDit February 3, 2011 at 10:15 pm

      Ayo Enzo & Dante, next time ke pantai, main air ya. Pastinya seru. Sama-sama mam :-)

  5. radiandani
    ratih pardani February 3, 2011 at 8:39 pm

    main2 di pantai sama Attha udah aku rencanain,bahkan saat Attha msh di dlm perut.. karena aku & hubby saat dulu masih tinggal di Bali sukaaaa banget ke pantai.
    seru ya lihat anak2 lari2 & main pasir gitu..
    btw parangtritis asik jg ya.. moga2 kalo ntar ke jogja bs main ke sana.. tfs ya bundit :)

    1. BunDit
      BunDit February 3, 2011 at 10:17 pm

      Waa..jadi pengin ke pantai Kuta/Sanur di Bali nih. Ditunggu kunjungannya ke Parangtritis nih mam Ratih :-)

  6. mommyKanyazoya.
    yessi noverto February 3, 2011 at 8:52 pm

    zoya jg blm pernah main ke pantai niy..tfs bundit..jd terinspirasi ngajak zoya main2 di pantai.

    1. BunDit
      BunDit February 3, 2011 at 10:20 pm

      Sama-sama Mam. Sebagian besar anak-anak pastinya suka bermain air di pantai. Salam buat dedek Zoya :-)

  7. mamidzana
    Ecaterina Silaen February 4, 2011 at 1:26 am

    whaa..kakak Dita, swimsuitnya kembaran ma Dzana! Kayaknya anak2 emang seneng banget gitu y ke pantai..oh well,ibu2nya jg sih :D Salam dari Dzana & mami :)

    1. BunDit
      BunDit February 4, 2011 at 8:32 am

      Toss sama dedek Dzana, swimsuitnya kembaran sama Dita. Hehe iya mam, jangankan anak2, bapak ibunya juga happy kalau main air :D. Salam balik dari Dita buat Dzana :-)

  8. superpippo
    Astrid Lim February 4, 2011 at 8:17 am

    Bundit..aku pernah ke Pantai Krakal, Kukup dan Baron..bagus yaaa =) tapi parangtritis juga seru kok,salah satu pantai pertama yg aku kunjungin waktu kecil dulu..kapan2 mau ajak yofel ke sini ah, biar bisa main2 kayak dita =) tfs!

    1. BunDit
      BunDit February 4, 2011 at 8:35 am

      Wah, beach lover juga ya mam Astrid. Yofel pasti happy banget kalau diajak main ke patai nih. Salam buat Yofel dari Dita :-)

  9. aQeeLa
    Astari Kurniaputri February 4, 2011 at 9:14 am

    enak banget punya rumah deket pantai *iri*

    1. BunDit
      BunDit February 4, 2011 at 10:11 am

      Hehe kakek nenek saya memang asli Parangtritis mam. Saudara ibu saya dan anak2 nya sebagian besar punya usaha rumah makan dan penginepan disana. Kalau Bapak Ibu saya baru 7 tahun disana, setelah ibu pensiun. Makanya skr saya pulkamnya selalu ke Paris (Parangtritis) :D

  10. Mama Kinan
    Sugiharti Sudiono February 4, 2011 at 11:41 am

    :) Ketemu di TUM nieh bun,
    Kemarin pas PUlkam ke Jawa,gagal ke Yogya karena alasan kinan sakit dan juga merapi yang meletus, semoga mudik berikutnya bisa main ke yogya dan mampir ke Paris..:)
    Main diPantai emang asyik dan seru apalagi buat anak anak yah bun..bisa main air dan pasir sepuasnya.

    1. BunDit
      BunDit February 4, 2011 at 11:53 am

      Ditunggu kunjungannya ke Paris mam. Saya kayak duta pariwisata aja nih hihi :D

  11. modzy
    Raimidha Indriyati February 4, 2011 at 7:14 pm

    Wahhh, pantai parangtritis alias paris kata wong jogja bilang…ni pantai cuma 20 menit dari rumah saya…besok deh kalo Ahnaf agak gedean diajak kesini pasti gak mau pulang..hehehe

    1. BunDit
      BunDit February 7, 2011 at 8:29 am

      Pastinya rumah mam di mBantul ya? hehe :D . Bener mam, Ahnaf pasti gak mau pulang kalau sudah main di Paris :-)

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.