Bermain Asyik untuk Batitaku

Usia di bawah tiga tahun (batita) adalah usia keemasan seorang anak. Perkembangan dan pertumbuhannya pun sangat pesat di rentang usia tersebut. Mulai dari perkembangan emosional, sosial, komunikasi, kecerdasan hingga pertumbuhan fisik. Sebagai seorang ibu baru yang memiliki anak usia dua tahun tentu punya tantangan tersendiri dalam mendidiknya.

Bermain adalah kegiatan sehari-hari anak saya, Gio (2 tahun). Namun, sebenarnya bermain ini adalah cara bagaimana seorang anak belajar, Karena dengan bermain, anak dapat bebas mengeksplorasi benda sekitar yang ia temukan. Tidak sulit bagi saya untuk mengajak Gio bermain dengan aktif. Tapi justru yang menjadi tantangan buat saya adalah bagaimana mengarahkan supaya keaktifannya itu bermanfaat dan menjadi suatu pelajaran atau ilmu baru buat Gio. Di sini yang perlu ekstra saya perhatikan adalah membimbingnya ketika ia sedang asyik mengutak-atik sesuatu, entah itu mobil-mobilan miliknya sampai barang-barang orang lain yang bisa ia raih. Ketika ia sibuk dengan mainan mobilnya, saya bebaskan dulu lalu saya ikutan main sambil memberitahu kalau mobil memiliki empat roda untuk berjalan, tanpa roda mobil tidak bisa berjalan. Adapun yang biasa saya lakukan untuk mengajak anak bermain aktif dan bereksplorasi adalah:

1. Ajak melakukan kegiatan bersama yang si kecil senangi

Misalnya: Bermain air. Sebagian besar anak-anak senang sekali bermain air. Begitu juga dengan Gio. Daripada ia main air tidak terarah, jadi saya mengajaknya bermain air dengan memakai pewarna makanan. Jadi ia bisa sekalian belajar warna. And yes it was so fun! Gio pun sangat menikmatinya. Dengan cara bermain sambil ‘belajar’ yang menyenangkan ini anak pun lebih mudah menyerap apa yang kita ajarkan. Tidak hanya sebatas itu, kegiatan ini juga menjadi bagian dari sensory play-nya.

2. Ajak anak bermain di luar rumah

Sejak masih bayi, sudah terlihat kalau Gio dia adalah tipe bayi penjelajah. Saya dan suami sepakat untuk sesering mungkin mengatur waktu mengajak Gio bepergian ke alam terbuka atau sekadar main di taman ataupun playground. Banyak sekali manfaat yang didapat ketika bermain di luar rumah. Contoh: apabila bermain di playground dan bertemu dengan teman sebayanya maka ketika berada dalam satu permainan yang sama, Gio harus belajar mengantre dan bergantian dengan teman lainnya. Ini penting sekali karena disinilah ia mulai belajar bergantian dan tidak egois sejak dini.  

Mengajak anak bermain dengan aktif dan bereksplorasi itu tidak sulit. Untuk penunjangnya pun kita bisa menggunakan barang-barang yang sudah ada di sekitar rumah. Jangan lupa ada yang paling penting yang harus kita perhatikan ketika mengajak si kecil bermain aktif. Yang pertama, perhatikan keadaan sekitar, apabila di dalam rumah pastikan tidak ada benda-benda tajam seperti gunting, pisau atau jarum di tempat dimana si kecil bisa meraihnya dengan mudah. Ketika berada diluar rumah pastikan tempat bermainnya aman, misalnya tidak ada paku yang menonjol di area bermainnya.

Yang kedua adalah kenyaman anak. Mulai dari pakaiannya, alas kaki hingga popok. Untuk popok, sejak Gio masih bayi saya sangat concern dengan kesehatan kulit di daerah intimnya. Sebagai ibu baru dulu saya masih suka gonta-ganti popok dan yang pastinya selalu sedia diaper cream untuk mencegah ruam popok. Beruntung sejak membaca forum The Urban Mama tentang Pampers Premium Care Pants. Saya tekejut ternyata ada popok yang sudah mengandung losion aloe vera. Krim pelembap yang terkandung di dalam Pampers Premium Care Pants ini membantu melindungi dan menjaga kesehatan kulit bayi, meski bergerak aktif. Ternyata cocok sekali buat Gio yang aktif sekali. Ia pun menjadi semakin nyaman dalam kegiatan sehari-harinya. Tidak ada lagi rasa khawatir takut ia akan terkena ruam popok. Dan sejak pakai Pampers Premium Care Pants saya nggak perlu sedia diaper cream lagi.

Menginjak usia dua tahun, kegiatan fisiknya pun semakin bertambah. Gio senang sekali berlarian, loncat sana-sini, senang berjalan di atas beam dan sekarang lagi latihan terus supaya bisa rolling backward by himself. Terbayang kan, bagaimana aktifnya Gio. Bahan selembut sutera dan cutting yang pas di setiap bagian membuat Gio semakin bebas bereksplorasi tanpa takut akan bocor ke samping sisi kiri ataupun kanan. Kandungan yang serba lengkap ini nggak hanya membuat kebutuhan si kecil terpenuhi, tapi juga membuat pekerjaan mama jadi lebih simpel. Kalau merasa nyaman, anakpun akan tetap bermain dengan ceria dan asyik! Memberikan yang terbaik untuk kenyamanan anak itu akan selalu menjadi nomor satu. Setuju kan, Urban Mama? 

*tulisan ini merupakan hasil kerja sama penulis bersama Pampers Indonesia

15 Comments

  1. avatar
    Rahmadina Nauli May 26, 2017 1:59 pm

    Ahahaha anak-anak emang demennya main mbak. Ido dulu juga kalo main ga kenal waktu, bahkan wktu belum saya kasih popok aja dia tetep main walau celananya basah. Ya walaupun rewel dikit. Nah, setelah saya kasih popok yang bener, baru deh dia smile dan seneng banget ketika main. tanpa rewel

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    Honey Josep March 27, 2017 11:11 am

    memang deh yang namanya anak anak sukanya maiiiin aja dan supaya tetap nyaman memang perlu popok terbaik :)

    *toss Gio sama Dre

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    Aini Hanafiah March 23, 2017 6:30 pm

    Bener banget, anak2 perlu diajak main outdoor biar energinya lebih banyak kepake, hehee. Biar enjoy, anak2 musti pakai pakaian yg nyaman, apalagi kalau toddler lagi aktif2nya, popoknya harus yg 'megang' dan nyaman :D

    1. avatar

      As .



  4. avatar
    Eka Gobel March 21, 2017 5:46 pm

    Makin pinter aja gio! Gemeess...
    Iya ya wi, keliatan emang kalo anak2 yg nyaman sama yg dipake pasti mainnya ceria dan less drama.
    Apalagi skrg pampersnya mengandung losion aloe vera. Canggih banget! Jaminan mutu deh ya :)

    1. avatar

      As .



  5. avatar
    Woro Indriyani March 20, 2017 2:08 pm

    Hai Gio ternyata seumuran yah sama Rey, and yes banget mba Dewi anak-anak ini lagi aktif-aktifnya yah. Suka explore apa aja, untuk pakai Pampers jadi bebas bocor kalo lagi 'pecicilan' hihi :)

    1. avatar

      As .



Post a Comment

You must be logged in to post a comment.