Bermain ke RPTRA Kalijodo

Imelda Sutarno A working mom with two gorgeous krucils. Suddenly love the outdoor recreations as an impact of married with her scuba diver husband, Bambang. Take the kids from beach to the hill, from forest to the waterfall, will always give her (and her husband) joy and enthusiastic. Cooking isn’t her middle name but always trying to give her family the best food that she can. Now she lives in Jakarta.

Libur Tahun Baru 2017 kemarin, kami sekeluarga tidak jalan-jalan ke luar kota. Begitupun ke tempat-tempat wisata yang mainstream. Sebab sudah dapat diduga. tempat-tempat tersebut pasti penuh disesaki para pengunjung yang memanfaatkan long weekend tahun baru ini.
Kami sekedar jalan-jalan naik mobil di dalam kota saja. Tanggal 1 Januari 2017, malam hari menjelang pukul 23.00 WIB, kami iseng berkunjung ke daerah Kalijodo.

Bagi Urban mama dan papa warga Jakarta, tentu sudah tidak asing lagi dengan stereotype negatif tempat ini beberapa tahun yang lalu. Kalijodo identik dengan dunia malam. Tetapi itu dulu. Sekarang, pemda provinsi DKI Jakarta menyulap kawasan ini menjadi sebuah tempat yang nyaman. Ya, Ruang Terbuka Hijau (RTH) sekaligus Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA).

RTH_RPTRA_Jakarta

Pembangunan keseluruhan RTH dan RPTRA ini memang baru sekitar 90%. Namun ada beberapa bagian yang sudah dapat dipakai oleh para pengunjung, Di antaranya: track sepeda BMX dan skateboard yang tidak pernah sepi digunakan anak-anak muda dan remaja yang gemar dengan kedua olahraga ini.

RTH_RPTRA_Jakarta

 

Antara RTH dan RPTRA dipisahkan oleh sebuah tangga yang lumayan tinggi.

RTH_RPTRA_Jakarta

Di bagian RPTRA sendiri tersedia beragam fasilitas. Mulai dari ruang laktasi, toilet umum dan khusus untuk difabel, ruang PKK, lapangan futsal dan aneka permainan anak seperti ayunan, perosotan dan jungkat jungkit. Ke depannya, dikabarkan juga akan dibangun musholla, outdoor fitness, lintasan jogging dan beberapa fasilitas umum lainnya. 

RTH_RPTRA_Jakarta

RTH_RPTRA_Jakarta

RTH_RPTRA_Jakarta

RTH_RPTRA_Jakarta


Dengan menggandeng pihak swasta sebagai kontraktor utama, pemprov DKI Jakarta membangun area ini dengan style bangunan yang minimalis dan kekinian. Keren deh, rasanya seperti bukan RPTRA saat sedang di sini.

Oh ya, untuk masuk ke sini jika membawa mobil dikenakan tarif parkir Rp 5.000,-. Jika membawa anak kecil, hati-hati ya, karena area parkiran mobil ini langsung berbatasan dengan Kali Angke dan memang belum ada pagar pengaman (masih dalam tahap pembangunan).




Senang rasanya semakin banyak ruang terbuka di Jakarta, yang dapat dimanfaatkan anak-anak dan warga masyarakat sekitar untuk beraktivitas positif. Semoga ke depannya warga pun mau untuk terus ikut memelihara fasilitas yang sudah disediakan pemda ini, termasuk dengan tidak membuang sampah sembarangan, agar RTH tetap terlihat bersih dan asri, serta selalu nyaman untuk dikunjungi.

10 Comments

  1. avatar
    Cindy Vania January 12, 2017 12:37 pm

    Asli keren bangeet! The boys ngajakin ke RPTRA ini karena lihat di berita. hihi

    1. avatar
      Imelda Sutarno January 12, 2017 1:15 pm

      hayuk hayuk the boys nya segera diboyong ke Jakarta ya mbak :)

      1. avatar

        As .



    2. avatar

      As .



  2. avatar
    Aini Hanafiah January 10, 2017 3:53 pm

    wiiihh Kalijodo dibagusin! gak sabar nunggu pas udah 100% jadi. Keren nih Jakarta, makin banyak ruang publik terbuka. semoga tempatnya jadi ruang publik yang bersih, nyaman, dan aman ya...

    1. avatar
      Imelda Sutarno January 12, 2017 1:14 pm

      mbak aini..iya sama aku juga pas udah 100% nanti pengen main ke sini lagi, menikmati ruang terbuka sekaligus fasilitas-fasilitas yg disediakan. Mudah-mudahan fasilitasnya selalu terjaga dengan baik oleh warga, amiin.... Jakarta makin kece ya mbak hehe :)

      1. avatar

        As .



    2. avatar

      As .



  3. avatar
    Eka Gobel January 8, 2017 4:38 pm

    Wah keren yaa Kalijodo skrg. Semoga makin banyak RTH yang terjaga ya :)

    1. avatar
      Imelda Sutarno January 9, 2017 11:04 am

      keren Ka. Asli gak nyangka akhirnya bisa disulap jadi bagus begini. Jalan-jalan ke situ Ka sama anak-anak, sekali-sekali :)

      1. avatar

        As .



    2. avatar

      As .



  4. avatar
    Marsha Maria January 7, 2017 11:40 pm

    Ih keren yaaaa.. pengen main kesana jg ah kapan-kapan..thanks infonya mba imel..

    1. avatar
      Imelda Sutarno January 9, 2017 11:03 am

      mba marsha ayuk ajak Kaitlyn main ke sini, biar bisa lari2an ke sana kemari sembari main ayunan dan perosotan.

      1. avatar

        As .



    2. avatar

      As .



  5. avatar
    ninit yunita January 7, 2017 12:55 pm

    Wowww keren banget yaaa Kalijodo sekarang. Seneng banget makin banyak ruang terbuka di Jakarta sekarang. Semoga fasilitasnya tetap terjaga yah Mel :)

    1. avatar
      Imelda Sutarno January 9, 2017 11:02 am

      mba ninit, iya keren euy sekarang. Bener-bener beda bumilangit sama Kalijodo yang dulu. Amiiin, mudah-mudahan ya mbak tetap asri, hijau dan terjaga.

      1. avatar

        As .



    2. avatar

      As .



Post a Comment

You must be logged in to post a comment.