Bermain Tenda Selimut

Salah satu permainan favorit Gavin di rumah adalah bermain tenda selimut. Sebelumnya Gavin memang pernah juga bermain tenda-tendaan, tetapi lumayan sudah lama. Mungkin hampir setahun yang lalu. Tendanya juga bukan tenda mainan tenda-tendaan anak yang seperti tenda asli, melainkan tenda yang hanya dari kursi meja makan dan selimut. Waktu dulu mainnya di ruang tengah. Kursi makan disusun menjadi tiang, lalu ditutupi selimut dan... jadi deh si tenda penuh cinta ini! Gavin senang sekali waktu pertama kali diajak main tenda-tendaan ini.

Namun seiring waktu, bermain tenda-tendaan dengan kursi makan terlupakan dengan sendirinya.

Sejak awal bulan ini, ketika sedang santai pada malam hari di kamar, saya melihat Gavin sibuk menarik-narik selimut. Selimut tersebut dimainkan bersama bantal untuk dibuat rumah-rumahan. Tiba-tiba terbersit ide, "Wah, buatin tenda lagi ah buat Gavin di kamar!"

Saya langsung mengambil sebuah kursi kerja yang ada di kamar, menumpuk bantal-bantal di ujung tempat tidur, lalu saya bentangkan selimut diatasnya dan lantai kamar dialasi dengan karpet. Jadi deh tenda-tendaan lagi. Gavin semangat ingin cepat-cepat masuk ke dalam tenda. Untuk balita, bermain pun bisa sambil belajar. Saya mengajak Gavin berpura-pura (play-pretend) sedang berkemah: bermalam atau menginap di dalam tenda.

 

Gavin tertidur ditendanya
Sekarang Gavin jadi senang sekali minta dibuatkan tenda-tendaan di kamar. Sambil asyik bermainĀ  saya pun menyisipkan beberapa pengetahuan baru untuk Gavin, seperti adanya siang dan malam, kondisi alam apa yang menjadi pembeda antara siang dan malam seperti matahari dan bulan, juga kegiatan apa saja yang dilakukan antara pagi, siang dan malam.

Ditambah dengan berbagai imajinasi Gavin, permainan ini semakin seru! Masih banyak lagi permainan yang bisa dilakukan. Anak senang ilmu pun bertambah. Dan yang pasti, bahagia itu sederhana.

Lucunya, saking mengantuknya Gavin bisa sampai ketiduran di tenda sementara saya sedang menyiapkan makan malam untuk Gavin, karena sering Gavin bilang mau makan lagi. Untungnya sore-sore sudah makan seperti biasa. Enak sekali ya tertidur di tenda, kelihatannya nyaman sekali. Seakan Gavin punya tempat rahasianya sendiri.

Siapa yang mau ikut berkemah bersama Gavin?

11 Comments

  1. avatar
    Dewi Ratih Purnama October 13, 2015 7:43 am

    Semua suka main tenda-tendaan ya Mama...asyiikk..siapa tau nanti TUM mau ngadain camping bareng, hihi... Makasi mama2 semua atensinya:) kiss n hugs from Gavin

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    hanana fajar October 12, 2015 2:56 pm

    hihi seruuuu nihhh Gavin...
    apalagi mamanya sambil nyelipin pengetahuan di sela-sela bermain tenda-tendaan Gavin...

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    WiwiT October 8, 2015 7:47 am

    waaa.. seru sekalii.. Ikut dunk Gavin! *toss* ini juga favorite kira & kara. seneng ya main tenda-tenda'an. Kira & Kara kadang suka bikin tenda-tendaan dibawah meja kerjaku. Nyungsep dibawah meja berdua, ditutup segala macam barang. Kebayang kan kita lagi serius dikejar deadline, dibawah meja ada 2 bocah cekikikan berdua *lap keringat*

    1. avatar

      As .



  4. avatar
    Risky Dwi Rahayu October 7, 2015 5:59 pm

    waaa seru! Fazil juga suka main kemah2an kaya gini.
    TFS yaa Dewi

    1. avatar

      As .



  5. avatar
    Retno Aini October 7, 2015 3:33 pm

    ikuuutt... aku ikutan berkemah juga! :D

    Tapi iya lho, main berkemah gini nyenengin & seru banget ya. Dari jaman kita kecil sampai jaman anak2 kita, kayaknya paling seru di rumah main kemah2an gini. Trus di dalam kemahnya nyalain senter, biar kata ngabisin batere senter tapi seru, hihi!

    1. avatar

      As .