Berpuasa Untuk Anak

dr. eva devita
Eva Devita Harmoniati, dr. Pendidikan: Dokter Spesialis Anak di Universitas Indonesia. Dokter Anak di RSAB Harapan Kita dan RSIA YPK, Menteng.
Have question for our experts ?
Feel free to ask them here!

Q:  Halo Dokter Eva…

Kira-kira kapan ya Dok, waktu yang tepat untuk anak berpuasa? dan bagaimana cara mengajarkannya agar anak tetap nyaman?

Terima kasih sebelumnya ya, Dok. 
– Pertanyaan dari Alin. 

A: Terima kasih atas pertanyaannya Mama Alin.

Puasa dapat mulai dilatih sejak anak usia balita dan tidak berbahaya asal kebutuhan energinya tetap terpenuhi dan tidak dilakukan terlalu lama. Puasa hanya mengubah waktu makannya saja, makan pagi jadi makan sahur, makan siang jadi makan malam saat berbuka.

Untuk balita (misalnya usia 4 tahun) yang baru belajar berpuasa, diawali dengan latihan puasa selama 3-4 jam dahulu. Bila anak kuat, tidak lemas dan sehat boleh ditingkatkan menjadi setengah hari. Biasanya bila sudah dilatih sejak usia balita, pada usia 6 atau 7 tahun anak mampu berpuasa sehari penuh.

Secara medis, puasa dapat meningkatkan hormon pertumbuhan bila dilakukan tidak terlalu lama. Yang harus menjadi pertimbangan orangtua bila ingin mengajarkan anak puasa adalah kondisi kesehatan anak, anak cukup tidur (tidur lebih awal sehingga bisa sahur), kebutuhan protein, karbohidrat, lemak, seratnya terpenuhi, jika tidak boleh diberikan suplemen.
Untuk perkembangan emosi anak, puasa dapat melatih anak untuk bersabar, menahan emosi, dan kecerdasan spiritualnya pun terasah.

Semoga jawabannya bermanfaat :)

if you have question to our resident doctor, please don’t hesitate to send it to us.

2 Comments

  1. aindah
    ayutri indah August 11, 2010 at 10:03 am

    iya nih.saya juga sedang ngajarin berpuasa buat si sulung yg sekarang dah 5 tahun.thanks ya dok..

  2. otty
    Pangastuti Sri Handayani August 11, 2010 at 1:08 pm

    Jadi inget dulu waktu awal puasa maksain bisa 1 hari (padahal kata mama gpp sampe siang dulu), ternyata malah jadi sakit :( Emang harus pelan2 ya belajarnya.

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.