Bird and Bromelia Pavilion Bandung

Saat mudik ke Bandung, kami mencoba mencari tempat wisata yang tidak terlalu ramai. Kebetulan saya melihat ada teman yang menampilkan foto tempat ini di instagram. “Wah, kelihatannya seru juga, mirip Bali Birdpark, pasti anak-anak senang,” pikir saya. Kami pun berangkat ke kawasan Dago Giri, dan beruntung karena sudah menjelang sore, perjalanan kami lebih lancar dibandingkan mereka yang turun ke kota.

Bird and Bromelia Pavilion terletak di kompleks Pramestha Resort Town, Dago Giri, kawasan resor terpadu bertaraf internasional terdiri dari resor premium, wisata alam, dan tempat makan. Tidak jauh dari jalan masuk kompleks, ada gerbang mini di sebelah kiri, melewati tempat makan, dan bird pavilion ini ada di pojok.

Tepat seperti dugaan saya, anak-anak senang sekali karena taman burung mini ini memiliki 300 jenis burung dari 50 spesies berbeda dari seluruh Indonesia. Anak-anak bisa melihat secara langsung antara lain burung beo, burung parkit, burung kenari, burung merpati, sampai burung hantu. Pengunjung diizinkan memberi makan burung-burung dengan membeli sebungkus kuaci. Seluruh kawasan bird park ini dilindungi jaring besar yang disebut aviary, sehingga burung-burung masih bisa terbang bebas di dalamnya dan mendapatkan sinar matahari langsung.

Untungnya lagi, kami ternyata masih bisa menonton pertunjukan burung yang terakhir. Kecerdasan kakaktua macau yang menjadi bintang pertunjukan ini cukup menghibur. Warna bulunya yang indah dan tebal membuat banyak yang ingin berfoto seusai pertunjukan.

Setelah menonton, kami pun berjalan lagi ke area parkit dan lovebirds di bagian atas. Pemandangannya cantik sekali dengan kandang yang berwarna-warni dan sekumpulan lovebirds yang bolak-balik mematuki kuaci dari tangan kami.

Selain burung-burung, di sini juga ada unggas darat seperti kalkun, ayam, merak, dan itik. Ada yang di dalam pagar, ada juga yang berjalan santai bersama kami, contohnya merak jantan yang susah sekali difoto.

Di taman ada juga kolam ikan koi besar-besar, anak-anak bisa kasih makan dan main sepuasnya. Bosan bermain ikan bisa pindah ke kandang kelinci di dekat galeri Pelikan. Kelinci gemuk dan berbulu tebal ini juga bisa diberi makan dan diajak berfoto. Entah mengapa ada kelinci dan ikan di taman burung, tetapi anak-anak senang sekali bisa berketemu banyak sekali satwa pada satu tempat.

Jangan takut kehabisan spot foto untuk wefie dan selfie, biarpun namanya cuma pavilion, tetapi kami menghabiskan waktu sampai dua jam untuk berkeliling, berfoto, dan main-main sama semua hewan dan mengamati berbagai tumbuhan. Suasananya asri dan sejuk banget, banyak taman dan tempat duduk untuk beristirahat atau mengemil.

Harga tiket masuknya Rp35.000,- per orang pada hari kerja, dan Rp50.000,- pada akhir pekan atau hari libur. Tiket bisa ditukar dengan sebotol air mineral, lumayan untuk melepas dahaga selama jalan-jalan di permukaan taman yang naik turun dan banyak tangga.

Toilet tersedia gratis di dekat pintu masuk dengan layanan air lancar, bersih, dan tersedia banyak tisu.

Menurut petugas di sana, ke depannya wisata ini memang akan dikembangkan jadi birdpark yang lebih besar, tetapi untuk sementara ini berupa pavilion dulu sambil mempromosikan tempat ini.

Jika ingin berjalan-jalan bersama keluarga, tetapi tidak sempat terbang ke Bali, dengan jarak tempuh yang pendek dari Jakarta dan harga tiket terjangkau, tempat ini layak dikunjungi.

 

Bird and Bromelia Pavilion
Jalan Akaza Utama No. 9 (Dago Giri) Komplek Pramestha Resort Town
Desa Mekar Wangi Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, 40391
Telepon (022) 87791919
Jam buka: Setiap hari, pukul 09.00 - 17.00

3 Comments

  1. avatar
    dieta hadi July 24, 2017 1:21 pm

    Whoaaaa seru banget kayaknya nih, jadi penasaran dan pengen nyoba deh berkunjung, anak-anak pasti seneng nih. Tfs yaaaa

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    Cindy Vania July 24, 2017 7:26 am

    Whoaaa! Keren banget tempatnya!

    Kebetulan anak-anak sudah akrab sama burung, sejak dari kecil. Makanya mereka suka banget kalau bisa berinteraksi sama burung-burung. Apalagi kalau bisa lihat banyak spesies secara langsung :))

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    ninit yunita July 23, 2017 10:40 am

    beberapa kali lewat sini tapiii belum mampir mampir aja... seneng deh dapet bocoran dari rella, tempatnya seru banget yaaa... next time mau ajak anak-anak ke sini deh :) thanks rellaaa!

    1. avatar

      As .



Post a Comment

You must be logged in to post a comment.