Bolu Kukus Karakter

owen_mommy

Waktu saya cari-cari namanya, ternyata kue ini disebut kuih apam Malaysia. Kalau di Indonesia, lebih dikenal sebagai bolu kukus karakter atau bolu fancy. Setelah pertama kali membuat bolu ini, ternyata anak-anak suka sekali karena lembut manis dan dapat dihias. Mereka pun suka meminta hiasan sesuai karakter favoritnya. Untuk bolu kukus karakter ini saya pakai resep dari mbak Benedicta Nanik di salah satu grup media memasak.

Bahan:

  • 140 gram  tepung terigu protein sedang
  • 1 sdt baking powder, ayak bersama tepung terigu
  • 110 gram gula halus
  • 75 ml susu UHT plain
  • 2 butir telur ayam
  • 1 sdt emulsifier
  • Selai untuk isi bolu
  • Pewarna kue secukupnya, sesuai kebutuhan

Cara membuat:

1. Siapkan cup wadah untuk masing-masing kue. Panaskan kukusan dengan api kecil.
2. Kocok telur dan gula hingga larut. Selanjutnya campur semua bahan menggunakan mixer dengan speed rendah selama 6 menit. Hasilnya adonan yang mengkilap & sangat kental seperti adonan bolu kukus.


3. Bagi adonan menjadi beberapa bagian sesuai kebutuhan dan beri pewarna sesuai motif karakter yang akan dibuat.
4. Adonan yang sudah diberi warna ini masing-masing dimasukkan ke dalam plastik segitiga dan gunting ujungnya.


5. Tuang adonan dasar sebanyak 1 sendok makan, lalu beri isian meises atau selai di atasnya dengan cara melingkar seperti spiral. 
6. Beri lagi adonan dasar di atas isi tersebut sampai hampir memenuhi cup kue.


7. Setelah itu barulah hias permukaan kue dengan adonan yang sudah diberi pewarna, dilukis permukaannya sesuai motif yang diinginkan.

8. Kukus adonan selama 12-15 menit.

Beberapa tips untuk menghasilkan bolu kukus karakter yang bagus dan mulus:

  • Bungkus tutup kukusan dengan kain serbet supaya uap air tidak kembali menetes ke permukaan adonan dan merusak hiasan bolu
  • Selama mengukus jangan dibuka-buka
  • Kukus bolu dengan api kecil yang sebelumnya sudah mendidih dan menghasilkan banyak uap

Selamat mencoba, urban mama!

8 Comments

  1. ZataLigouw
    Zata Ligouw February 22, 2015 at 8:03 am

    aaa lucu dan kayaknya enak ya, gak susah lagi bikinnya..

    makasih resepnya owen_mommy!

  2. cindy
    cindy vania February 22, 2015 at 12:25 pm

    Mama dee2,akhirnya resepnya masuk sini jugaa… itu kok bisa sih jadi bagus,haha,secara gue nyoba bikin gepeng semua :p

    Btw,seharusnya tekstur bolu ini gimana? kayak bolu kukus biasa atau lebih keras/padat?

    *nb: ganti akun kah?

  3. siska.knoch
    Siska Knoch February 22, 2015 at 8:54 pm

    Ya tuhan lucunyaaaaa ^^

  4. mama adlan
    tita novita February 23, 2015 at 9:39 pm

    Keren

  5. ninit
    ninit yunita February 24, 2015 at 10:12 am

    waaaa lucu bangeeet! anak2 pasti suka deh!

  6. gabriella
    Gabriella Felicia February 25, 2015 at 8:48 am

    Lucu banget jadinya! Rajin banget satu-satu begitu!

  7. deravee03
    deravee03 February 25, 2015 at 9:24 am

    Yay, lucu bgt, keren^^ dijamin bikin anak seneng yaa..tfs mommy

  8. enjimagetsari
    Enji Magetsari February 26, 2015 at 8:05 pm

    lucuuu, tfs resepnya mommy :)

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.