Book Clutch

Almaviva Landjanun She loves creating stuff, more because she's kinda cheap mama, than just creative. Likes to carry mineral water and children's book enthusiast. She lives in Bandung with her husband, Ing Landjanun and their silly girl who has big sparkling eyes, Artanya Rinjani.

Beberapa bulan yang lalu, saya dan suami membuat dompet clutch berbentuk buku. Dari dulu saya ingin sekali beli, tetapi karena mahal, seperti biasa tidak pernah kesampaian. Idenya saya cari di internet, lalu teknisnya saya kasih lihat ke suami. Saya menantang suami, "Bisa gak buat ini?" Suami pun menanggapi, "Ah ini sih gampang!" Setelah perdebatan panjang, akhirnya kami jadi juga membuat clutch ini.

Ide book clutch ini sebenarnya sederhana sekali: menyulap buku tua menjadi dompet clutch dengan cara melubangi bagian tengah buku untuk membuat ruang penyimpanan. Setelah itu, sisi kiri-kanan buku ditambahkan penutup yang sekaligus berfungsi menjadi penahan agar buku tidak bisa terbuka penuh; bayangkan kalau buku terbuka lebar penuh, saat dijadikan clutch maka isinya akan tumpah berantakan. Selanjutnya tinggal membungkus si buku menjadi lebih rapi dan terlihat cantik. Gampang bukan?

Langkah pertama, pilih buku yang kira-kira cukup tebal agar ruang penyimpanan yang dihasilkan nanti cukup untuk menyimpan handphone, dompet, peralatan make up dan lain sebagainya yang diperlukan. Selanjutnya, buat garis segi empat di bagian tengah halaman buku, kira-kira 1,5-2 cm dari tepi atas-bawah-kiri-kanan buku. Berdasarkan garis tersebut, bolongi semua halaman buku dari lembar halaman pertama sampai halaman terakhir dengan menggunakan cutter yang tajam. Ini bagian paling sulit karena agak susah untuk menjaga hasil potongannya tetap rapi sampai  halaman paling belakang. Tetapi jangan kuatir, tidak perlu terlalu rapi karena bagian potongan ini nanti bisa ditutup dengan bahan kain. Memotongnya juga harus ekstra sabar. Sebaiknya memotongnya sedikit demi sedikit, daripada memotong sekaligus banyak tetapi hasilnya malah berantakan atau kertasnya malah sobek.

IMG_0413

IMG_0418

IMG_0419

Setelah selesai membolongi semua halaman buku, halaman buku yang tersisa dibagi dua bagian menjadi sisi kiri dan sisi kanan. Masing-masing sisi diolesi lem di sisi bagian dalamnya agar semua lembar halaman tersebut menyatu dan menjadi kaku. Sisi bagian luarnya tidak perlu dilem agar dari luar tetap tampak seperti buku betulan. Tunggu sampai lemnya kering. Setelah kering, pinggiran halaman buku tersebut akan menjadi kaku. Kalau masih belum kaku, ulangi lagi mengelemnya dan tunggu sampai kering lagi. Hati-hati jangan sampai bagian kiri menempel ke bagian kanannya.

IMG_0421

IMG_0454

Pekerjaan selanjutnya lebih mudah. Semua permukaan buku dilapisi kain, sama seperti kalau menyampul buku. Pada tepi atas-bawah buku, tempelkan bahan kain berbentuk segitiga dan selipkan di bawah lembar halaman yang sudah kaku tadi lalu tempelkan ke bagian cover buku. Seharusnya untuk penutup clutch ini dibuat dengan kunci magnet, tetapi karena tidak punya, akhirnya kami pasangkan karet saja sebagai penguncinya.

IMG_0455

IMG_0456

IMG_0459

IMG_0512

IMG_0513

IMG_0515

IMG_0516

Walaupun foto-foto cara pembuatannya kurang lengkap (kami lebih berkonsentrasi memikirkan trik membuatnya daripada foto-foto), tetapi kalau diperhatikan pasti lebih terbayang deh konsep cara membuat book clutch ini. Bahan kain, motif serta aksesoris tambahan untuk menghias book clutch juga tidak terbatas, bisa memilih sebebas-bebasnya. Mungkin lucu juga ya kalau ditambahkan hiasan inspirational quotes dari buku kesukaan urban mama pada bagian sampul book clutch, atau diberi ilustrasi yang keren. Ayo coba bikin sendiri!

9 Comments

  1. avatar
    Enji Magetsari February 26, 2015 8:19 pm

    sukkaaa...

    langsung ngelirik buku2 toefl n ielts yang tebel2 n nganggur itu :)

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    Iva Nia February 26, 2015 12:39 pm

    Musti beli buku hard cover di toko buku bekas dulu nih.. klo ambil dr koleksi kok sayang, soalnya pecinta buku hihihi

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    Gabriella F February 25, 2015 9:02 am

    Jadinya keren! Tapi mesti tega bolongin bukunya ya... gak bisa pesen ya?

    1. avatar

      As .



  4. avatar
    Cindy Vania February 20, 2015 8:07 pm

    Kereen bangeeeett ini kakak Nyanyaaaa..
    Kepikiran aja sih bikin clutch book :D

    1. avatar

      As .



  5. avatar
    delvina February 20, 2015 3:10 pm

    Luv this idea...!!!

    1. avatar

      As .