Breastfeeding Friends

It takes a village to breastfeed a child!

Tanggal 30 Agustus 2014 yang lalu, acara halal bihalal The Urban Mama digelar di The Only One Resto & Lounge fX Lifestyle Xntre Lt.5 - Jl. Jend.Sudirman No.1, Jakarta, dengan tema Breastfeeding Friends.

Ya, Bulan Agustus adalah breastfeeding month, dan  pada 1-7 Agustus merupakan breastfeeding week. Meski breastfeeding week sudah berlalu, gaungnya tetap dilanjutkan di acara Halal Bihalal ini.

Pada acara halal bihalal The Urban Mama yang didukung penuh oleh Allianz Indonesia ini, nara sumber kami, Mama Adenita Priambodo, #TUMbff, sahabat kami yang juga seorang konselor laktasi, dengan lengkap dan jelas berbagi informasi tentang ASI. Begitu pula dengan  salah satu member TUM Mama Indah Nildha berbagi tentang pengalamannya memberikan ASI dan berkisah tentang para sahabat, suami dan keluarganya #TUMbff  membantu mama Indah dalam memberikan ASI. Seperti biasa, fakta-fakta dan video tentang ASI, Menyusui dan Menyapih yang disajikan oleh Mama Adenita selalu membuat hati terharu dan mata berkaca-kaca.

Begitu pula dengan cerita dari Mama Indah tentang support suami, orang tua dan sahabat-sahabatnya untuk membantunya menyusui. Saat-saat awal menyusui yang tidak mudah, menjadi sedikit ringan saat suami tampil melindungi Mama Indah dari komentar dari orang-orang yang menyarankan Mama Indah untuk menyerah dan memberikan sufor untuk anaknya. Saat itu, suami Mama Indah menjadi juru bicara, mengatakan pada orang-orang bahwa Mama Indah pasti bisa dan hanya memerlukan waktu agar dapat menyusui dengan lancar, juga membantu mama Indah agar  bersabar dan terus belajar. Begitu pula saat Mama Indah kembali bekerja, dukungan keluarga di rumah sangat membantunya untuk memberikan ASI perah. Dukungan teman-teman sesama reporter juga sangat berarti, memerah ASI di jalan, di mobil, dan di tempat-tempat lain saat Mama Indah bertugas. Tapi ada satu hal yang harus diingat, bahwa meskipun kita sibuk menyusui dan memerah ASI, pekerjaan jangan sampai menyusahkan rekan kerja yang lain, jadi selesaikan pekerjaan dengan tuntas dan efisien.

Memang ya, setiap mendengar sharing tentang motherhood, selalu harus siap-siap tissue untuk mengelap air mata! Apalagi duo MC dan Moderator TUM Mama Siska Knoch dan Mama Yardian Wensdi pandai sekali membawakan acara, sehingga acaranya semakin seru dan tidak membosankan.

Informasi dan tips tentang Breastfeeding Support yang dibagikan oleh Mama Adenita:


  1. ASI tidak hanya baik, tapi berjuta manfaatnya. Oleh sebab itu sekarang saatnya kita menjadi sahabat yang baik untuk para ibu menyusui, rangkul dan bantulah para busui.

  2. Komposisi ASI sesuai dan seimbang dengan kebutuhan karena dirancang khusus untuk bayi manusia

  3. Setiap ibu memiliki komposisi ASI yang berbeda-beda, bahkan komposisi ASI seorang ibu berubah setiap detik, setiap menit, setiap jam, setiap hari dan dari tahun ke tahun.

  4. ASI mengandung sel-sel hidup, hormon, enzim-enzim aktif, berbagai macam immunoglobulin, faktor-faktor pertumbuhan serta zat-zat lainnya yang memiliki komponen struktur yang unik sehingga mustahil untuk dapat ditiru oleh susu formula

  5. Standar Emas Nutrisi Bayi: Inisiasi Menyusu Dini (IMD), ASI eksklusif mulai lahir sampai 6 bulan, MPASI lokal + rumahan mulai 6 bulan, ASI diteruskan sampai 2 tahun atau lebih.

  6. Susui  bayi sesering mungkin setelah melahirkan

  7. Penggunaan susu formula berdasarkan alasan medis: kondisi bayi dan kondisi ibu.

  8. Bayi yang memerlukan formula khusus: Galaktosemia klasik, Maple syrup urine disease, Fenilketonuria

  9. Bayi yang membutuhkan formula selain ASI dalam jangka waktu terbatas: BBLR <1500 gram, Bayi lahir pada usia kehamilan <32 minggu, Bayi beresiko hipoglikemia yang gagal merespons pemberian ASI

  10. Kondisi Ibu: Ibu dibenarkan tidak menyusui secara permanen, Infeksi HIV, pengganti ASI memenuhi kriteria AFFASS (dapat diterima, layak, terjangkau, berkelanjutan & aman), Ibu dibenarkan menghentikan menyusui sementara, Penyakit parah yang menghalangi ibu merawat bayi, Infeksi virus herpes simpleks 1 di payudara, Terpapar psikoterapi, radioaktif, iodium, kemoterapi

  11. Kunci Keberhasilan Menyusui: Persiapan ketika hamil, Dukungan dari tenaga kesehatan dan tenaga pembantu saat melahirkan, Dukungan dari keluarga di rumah, orang tua, saudara, Dukungan dari suami, dan tidak lupa usaha dari ibu itu sendiri untuk belajar dan mengatur pola hidup, juga dukungan dari lingkungan sekitar, termasuk dukungan dari tempat kerja dan fasilitas umum.

  12. Video tentang Sahabatmu, Suportermu dari Mama Adenita dapat disaksikan di sini.


Selalu menyenangkan kalau kita sebagai orangtua memiliki waktu khusus untuk bertemu dengan sahabat dan teman-teman sesama orangtua untuk sekedar duduk-duduk mengobrol dan berbagi keluh-kesah. Ditambah dengan suasana The Only One Resto & Lounge fX Lifestyle Xntre yang nyaman untuk para busui, dengan sajian makanan dan minuman yang lezat dan bergizi, membuat para urban Mama Papa dan the urban kids betah berlama-lama di sini. Apalagi sepanjang acara banyak sekali doorprize yang dibagikan. Isi goodies dari TUM seperti nursing apron yang cantikpun langsung digunakan oleh beberapa mama yang sedang menyusui.

Terima kasih Urban Mama Papa yang telah hadir di acara halal bihalal ini, sampai bertemu di event selanjutnya. Dan Terima kasih Allianz Indonesia yang telah menjadi #TUMBreastfeedingFriends, membantu kami dan para ibu menyusui untuk mewujudkan #1ygterpenting dalam menjadi The Better Breastfeeding Friends!

11 Comments

  1. avatar
    Eva Winette September 17, 2014 1:43 pm

    ahhhh...saya di Allianz tapi kok ya ketinggalan event ini hehehe, gpp deh secara pas masih cuti melahirkan. Next time mau ikutan juga ahhh..happy breastfeeding busui2 :)

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    Retno Aini September 12, 2014 4:34 pm

    Lihat foto2nya, aduh kangen deh ikutan datang ke event2nya TUM :')

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    musdalifa anas September 12, 2014 10:16 am

    seru, sempat mewek lihat video yg diputar adenita, topiknya menarik banget dan paling happy bisa ketemuan dengan urban mama

    1. avatar

      As .



  4. avatar
    Iva Nia September 10, 2014 9:55 pm

    Acaranya kereeen. Klo diadakan sebulan sekali oke juga lhoo.. ;)

    1. avatar

      As .



  5. avatar
    Eka Gobel September 10, 2014 11:40 am

    seneng banget yaa setiap hadir di #TUMevent selalu menyenangkan. bertemu urban mama, dapat ilmu dan teman baru juga. dan yg juara adalah makanannya selalu enak, goodies dan door prizenya keren2, dan tempatnya nyaman sekali!
    semoga bisa ketemu lagi di event selanjutnya!

    1. avatar

      As .