Brigie’s Tedak Siten Ceremony

riagloria88

Sebulan yang lalu saya teringat bahwa ada ritual adat Jawa untuk bayi berusia tujuh bulan (kalender Jawa) yaitu tradisi yang namanya Tedak Siten (turun tanah). Sebenarnya saya dan suami nggak terlalu mengikuti tradisi, tetapi karena kami sedang ingin membuat dokumentasi sekaligus sebagai memori untuk Brigie nantinya, jadi saya punya ide untuk ngadain acara ini. Kebetulan untuk merayakan ulang tahun ayah Brigie juga.

Semua persiapan mulai dari hunting tumpeng, nasi kotak, kue-kue, dan pernak pernik untuk acara, saya lakukan dengan bantuan suami, Mama, dan mertua saya.

Tiba hari-H, tepatnya Minggu, 1 April 2011 pukul 10.00 acara dimulai, walaupun saudara masih belum lengkap (karena macet yang diakibatkan banyak buruh yang berdemo di Labour-Day kemarin) kami tetap memulai¬† acara yang diawali dengan doa kemudian disambung dengan menapaki 7 anak tangga dari ‘Tebu Ireng’ atau Tebu Hitam.

Sebenarnya Brigie nggak boleh tengok kanan kiri dulu ketika menaiki anak tangga sampai selesai (menurut kepercayaan harus terus menatap dan fokus untuk naik dan nggak boleh nengok-nengok dulu), tetapi karena om-nya yang jadi juru jepret memanggil Brigie, akhirnya Brigie nengok deh. :)
Syukurlah akhirnya Brigie selesai naik sampai anak tangga teratas tanpa halangan.

Kemudian Brigie dibawa masuk kurungan ayam yang sudah berisi beberapa pilihan. Dimana akhirnya Brigie memilih 3 barang yaitu uang 100 ribuan (melambangkan banyak rejeki), gelang emas (melambangkan kekayaan), bolpoin (melambangkan rajin belajar).

Semoga semua ini bisa menjadi doa dan terkabul ya, Nak.

Acara dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng dan makan siang.

Seneng banget bisa ngadain acara ini walaupun beberapa langkah nggak diikuti karena ada yang susah dicarinya beberapa materi pendukung karena terbatasnya lokasi, tetapi bagi kami yang terpenting adalah do’a dan ucapan syukur dengan diadakannya acara ini.

6 Comments

  1. ninit
    ninit yunita June 5, 2011 at 7:32 am

    seru ya ri acara tedak sinten ini. kalo sunda kayaknya ga ada tradisi serupa.
    kl suku lain gimana ya? apakah ada tradisi seperti ini?

    brigie bajunya bagus :)

    semoga apa yang diambil menjadi doa yang terkabul yaaa… amin.

  2. Umi Akhtar
    Ifit Marlianingsih June 5, 2011 at 11:27 am

    Amin.. semoga terkabul ya.. ;)

  3. annys
    annys June 5, 2011 at 11:31 am

    Selalu iri deh sama acara tedak sinten. pengen banget ngadain >,<
    Semoga terkabul ya Brigie :) Amin!

  4. fifi wicaksono
    fifi wicaksono June 5, 2011 at 7:29 pm

    hihihiii,, brigie pinter milih barang,,, :) good choice,, :D
    emang pilihan barangnya apa saja?? *mau tau* :p
    Smoga terkabul ya Brigie,, dan jd anak yg bisa membahagiakan orang tua,, *aminn* :)

  5. vanilovesburgundy
    vanilovesburgundy June 6, 2011 at 9:48 am

    selamat utk Brigie, ya. Kemarin baru saja buat acara serupa utk Aurora, dan yg dia pilih adaah Lego Building blocks (Arsitek), Stetoskop (dokter) dan terakhir uang :)). Insya Allah terkabul cita2nya dan kita sbg orang tua diberi kecukupan rezeki lahir-batin untuk mewujudkannya.

  6. riagloria88
    gloria raharjo June 6, 2011 at 1:31 pm

    @mama nita: iya seru banget mama…makasih ya, ini baju Brigie bikin sendiri looh hehehe..makasih ya..semoga bisa terkabul..Amin

    @mama akhtar: makasih ya..Amin :)

    @mama annys: ayo doonnk..ngadain jugaaa…hehehe ^^ makasih ya. Amin

    @mama Fifie: iya nih Brigie, automatically…pilihanya bolpoin, buku, cermin, lipstick, uang, perhiasan, jam tangan, mainan hehehe
    Amin..makasih doanya ya..

    @mama Aurora: waaaah..selamat ya buat Aurora ^^ semoga juga terkabul.Amin mama…yang terbaik untuk anak2 kita pastinya :)

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.