Buku Anti Sobek

fisa

Saya pernah membelikan poster bergambar aneka binatang untuk dipajang di salah satu sudut dinding rumah. Tapi, dalam hitungan jam, poster tersebut sobek. Tepatnya, Luna menyobek poster dengan mencari celah pinggiran lakban dan menariknya. Lantas, saya menggantinya dengan poster gambar aneka buah.

Setelah saya amati, Luna tidak terlalu antusias dengan poster gambar aneka buah. Mungkin, kalau gambar buah-buahan tidak semenarik gambar binatang yang memiliki mata, tangan, kaki ya. Dari kejadian itulah saya mendapatkan inspirasi untuk membuat “Buku Anti Sobek”.

Sebenarnya banyak buku-buku sejenis di toko buku. Harganya cukup mahal untuk kualitas hard cover. Untuk Luna yang baru usia 1 tahun, saya ingin memperkenalkan aneka binatang yang dekat dengan keseharian Luna seperti kucing, ayam, sapi, dan angsa. Jadi saya mendapat ide untuk membuat buku anti sobek ini.

Bahan:
• Poster gambar aneka binatang atau bisa juga download dari internet.
• Album foto.
• Kertas kado.
• Map plastik transparan.
• Lakban kecil.
• Gunting.


Cara membuatnya:

• Gunting poster aneka binatang menjadi satu-satu.
• Masukkan gambar satu per satu ke dalam album foto. Kemudian tutup pinggiran dengan lakban kecil tujuannya agar gambar tidak lepas dan aman dari sobekan anak.
• Agar lebih cantik, bungkus cover album foto dengan kertas kado dan lapisi dengan map plastik transparan agar tidak mudah rusak.

Buku Margasatwa Anti Sobek 2

Setelah jadi, saya langsung berikan kepada Luna. Dia senang sekali membolak-balikkan halaman dan menunjukkan gambar-gambar yang ada. Proses pengenalan aneka binatang kepada Luna pun lebih mudah dan sering. Saya tidak perlu khawatir buku tersebut sobek meskipun Luna bolak-balik halaman berulang kali.

5 Comments

  1. ruuzuly
    Ruliyani Nuzuly July 30, 2011 at 12:27 am

    aihhh bener juga yah hahaha.. emang rada ketakutan yah kalo udah beli gambar2 yg bagus2 gitu *emakpelit*, takut disobek2 si kecil.. heuheu :p

  2. jin kura-kura
    jin kura-kura July 30, 2011 at 11:04 am

    what a great idea… bakal bikin juga deh buat aidan. tfs fisa… :)

  3. asti_kurniawan
    Chitra Novalastia July 30, 2011 at 1:40 pm

    eh bener juga yaah..hihi kreatif :) thaks for sharing yaa pengen bikin jugaa nih ;)

  4. Ika_Ps
    Ika Ps July 30, 2011 at 10:36 pm

    info seru! bisa diterapkan ke siswaku yang TK juga nih selain ke anak sendiri! tfs yaaa :D

  5. Hastuti
    Hastuti December 19, 2011 at 5:54 pm

    Nice tips.. patut di coba, hehe..kebetulan masih ada sisa-sisa poster jadul punya kakak, dari pada beli lagi mending di manfaatkan.

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.