Buku Cerita dan Sticker? Mengapa Tidak!

Kira Kara

Kira dan Kara suka sekali stiker. Stiker bergambar apa saja asalkan bisa ditempel. Mulai dari stiker kampanye caleg, pilpres atau promosi produk-produk, semua tak luput dari tangan-tangan mungil mereka. Bahkan saya harus merelakan pintu kamar menjadi tempat Kira dan Kara menempelkan stiker-stiker yang mereka dapatkan. Sering pula kami memberikan reward stiker-stiker lucu untuk Kira dan Kara, bahkan jika pergi ke toko buku, mereka akan lebih tertarik membeli buku yang ada stikernya dibandingkan buku cerita sebagus apa pun menurut kami.  Tak jarang kami harus bernegosiasi agar dapat membeli buku dengan cerita menarik dan membeli stiker terpisah karena seringkali buku yang dilengkapi stiker tersebut memiliki cerita yang kurang cocok untuk anak-anak dan gambarnya tidak terlalu menarik. Namun saya menarik pendapat tersebut suatu hari setelah Kira dan Kara menyodorkan buku-buku cerita berstiker dari Erlangga for Kids.

Buku-buku terbitan Erlangga for Kids ini memiliki grafis yang sangat menarik, berwarna cerah dan gambar tokoh-tokohnya sama persis seperti film kartunnya. Ceritanya sangat cocok untuk anak-anak, seperti buku cerita Princess Sofia yang digambarkan tak hanya memiliki wajah yang cantik tetapi juga hati yang cantik. Sofia suka menolong temannya, bahkan merelakan separuh bahan gaunnya untuk Amber yang menginginkan gaun yang sama persis seperti milik Sofia untuk ke pesta dansa Raja Roland. Cerita yang menarik untuk anak-anak perempuan yang gemar cerita putri dan kerajaan, tetapi tetap memiliki nilai moral untuk diajarkan kepada anak-anak.

Di lain buku, ada juga cerita tentang Doc McStuffins, seorang dokter cilik bersama boneka-bonekanya. Cerita Doc membantu saya memberikan pengertian pada Kira dan Kara bahwa dokter sahabat, profesi dokter adalah untuk membantu, bukan menyakiti. Cerita ini pun menginspirasi Kira untuk memiliki cita-cita menjadi dokter.

Lalu bagaimana dengan stikernya? Tentu saja kualitas terbaik dari buku berstiker yang pernah saya beli saya dapatkan dari buku-buku terbitan Erlangga For Kids ini. Stikernya mudah dilepas, warna dan gambarnya pun sangat menarik. Jika ternyata stikernya susah dilepas, justru anak-anak malah frustasi dan sedih. Bermain stiker ini juga membantu Kira dan Kara melatih motoriknya. Kira dan Kara berlatih mengontrol tangan untuk pelan-pelan dan sabar melepaskan setiap stiker, lalu berhati-hati menempelkannya di tempat yang mereka inginkan. Menempelkan stiker ini juga membantu mengajarkan anak untuk menganalisa objek, karena tak jarang stiker-stiker yang ditempelkan Kira dan Kara itu terbalik atau miring. Melihat itu, saya tak lantas menyalahkan dan merubah letaknya, namun saya ajak mereka menganalisa: apakah ada yang salah? Kenapa ditempel seperti itu? Jawaban yang saya dapat sering sekali  diluar dugaan karena mereka menempelkan stiker pun punya alasan dan cerita sendiri dalam imaginasi mereka. Dan itu benar-benar luar biasa.

Ternyata dari buku berstiker ini anak-anak bisa belajar banyak hal ya, Mama. Asalkan orangtua jeli dalam memilih, bisa kok anak-anak mendapatkan banyak hal menarik dari buku cerita dengan aktivitas menempel stiker ini. Selamat belajar dan bereksplorasi bersama buah hati!

6 Comments

  1. cindy
    cindy vania January 24, 2015 at 8:57 am

    hai princess Kira dan Kara..sibuk banget baca dan tempel-tempel stikernya :D
    setuju deh stiker yg ada di buku-bukunya Erlangga For Kids itu menarik dan gampang diambil tanpa sobek.

  2. Kira Kara
    Bunda Wiwit January 25, 2015 at 8:36 am

    iya cindy.. stikernya paling bagus nurut aku. Dibandingkan buku berstiker yang lain. Makanya happy bisa dapat ini. Bahasa yang dipake untuk bercerita juga bahasa positif, bagus untuk anak-anak :)

  3. ZataLigouw
    Zata Ligouw January 27, 2015 at 8:35 am

    Aaa lucuk banget Wit.. Iya, bener, anak2 biasanya akan lebih semangat baca buku kalo ada stikernya, bahkan Caca yang sudah besar pun masih suka dengan buku cerita berstiker :)

  4. ninit
    ninit yunita January 27, 2015 at 9:44 am

    wiwiiit!
    aku juga sukaaa banget buku2 dari erlangga yang ada stikernya :) arza jadi semangat banget kalo baca buku… seruuu! dan iyaaa melatih kesabaran dan motorik halusnya yaaa buku berstiker ini.

    kira kara kereeen! rajin baca :)

  5. gabriella
    Gabriella Felicia January 29, 2015 at 10:19 am

    Bukunya bagus-bagus ya… anak-anak pasti senang kalau ada buku berstiker… senang lihatnya. Ibunya juga ikut senang lho tempel-tempel stiker.

  6. eka
    Eka Wulandari Gobel January 30, 2015 at 12:30 am

    hallo princess ki-ka! toss dong, suka juga nih sama karakter sofia & doc McStuffins! anak-anak memang senang tempel2 sticker ya, dan buku bersticker dari erlangga for kids ini bener2 deh, seruuu! :)

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.