Buku 'Sepanjang Tahun Membangun Gedung'

Saya menemukan buku ini di sebuah toko buku bekas yang memang sudah menjadi langganan keluarga. Buku ini disadur oleh Penerbit Bhuana Ilmu Populer (BIP) dari buku asli yang berjudul "A Building Site Through The Year" karangan Emma Godfrey, Nicholas Harris, Sarah Harrison, dan Sarah Hartley. Dan ilustrasi oleh Inklink, Firenze.



 

Buku ini sendiri bercerita tentang proses pembangunan gedung yaitu renovasi sebuah sekolah. Melihat truk dan mesin bekerja merupakan hal yang sangat disukai anak-anak terutama anak laki-laki, apalagi Jibril yang saat ini memang menggemari truk dan alat-alat berat. Kisah pembangunan sekolah ini merupakan contoh nyata gedung yang mereka ketahui.



Buku ini sangat detail dalam menggambarkan proses pengerjaan pembangunan gedung yang memiliki beberapa tahapan. Sejak saat fondasi digali sampai saat dinding-dinding diplester dan dihias. Dalam bukunya, pengerjaan gedung ini digambarkan berlangsung selama satu tahun, dan posisi kalendar di sudut kanan atas akan membantu anak-anak melihat proses pembangunan sudah berjalan sampai bulan apa.

Indeks di sisi kanan halaman akan memandu saat anak-anak membaca buku ini. Tentu saja anak-anak dapat memilih waktu atau bulan apa yang mereka inginkan dan segera saja membuka halamannya. Yang menarik, anak-anak akan dilatih untuk lebih fokus dan detail dalam melihat sesuatu karena ada beberapa pertanyaan menarik di pojok kiri atas untuk mereka jawab.



Buku ini dikemas dengan sangat menarik dan ilustrasi yang sangat indah dan jelas, dan pastinya akan membuat anak-anak tertarik dan suka untuk melihatnya. Jibril sendiri saat ini sudah bisa membaca secara mandiri, tetapi untuk anak yang belum bisa membaca, detail ilustrasi pembangunan gedung tersebut sangat jelas, dan mereka pun akan tetap dapat mengerti jalan ceritanya.


 



Dan tentu saja sudah sepatutnya kita sebagai orang tua untuk selalu memberitahukan bahwa lokasi konstruksi pembangunan seperti ini bukanlah merupakan taman bermain, dan anak-anak harus dinasehati agar menjauh dari lokasi ini apabila mereka melihatnya di kehidupan nyata.



Selain buku berjudul " Sepanjang Tahun Membangun Gedung", ternyata ada dua judul buku lainnya. Rasanya ingin mengoleksi semuanya!


10 Comments

  1. avatar
    Dewi Ratih Purnama January 22, 2016 6:36 am

    Wah seru banget bukunya, Gavin juga suka nih mba liat gambar rame full detail gini...semoga kapan2 nemu buku ini juga, tfs mama Jibril

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    Retno Aini January 20, 2016 2:31 am

    Alma juga lagi suka mengamati orang bangun2 gedung/rumah ni, karena di rumah lagi ada konstruksi bangun rumah sakit. dia sukaaa banget nanya2 sambil ngintip lewat pagar site dekat halte bus rumah. Kayaknya bagus nih kalau dibacain buku ini. Tfs yaa Neng, mau cari versi englishnya ah :D

    Ella, wah ada yg ttg dinosaurus & ttg bercocok tanam? Mauuu! xD

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    Neneng Restiana January 18, 2016 9:16 am

    Mama Nara, iya kan anak2 pasti suka yah kalo lihat pembangunan sedang berjalan, suara mesin dan aneka alat berat lainnya menarik perhatian mereka banget ya pastinya, jadi ingat dulu anak ku juga pasti diam sejenak di atas jembatan penyebrangan saat melihat proses pembangunan hotel Margo - Depok.

    Eka, hihihi tokonya toko kecil gitu doank Ka, di deket Simpangan Depok, sebelahnya persis sate pak Gendut, satenya enak Ka..eh #salahfokus :D

    1. avatar

      As .



  4. avatar
    Eka Gobel January 15, 2016 12:09 pm

    jibril pasti suka yaa.. sama sih, enzo dante juga pasti suka sama buku ini. apalagi gambar2nya detil banget ya! tfs mama neneng. mau cari ah di toko buku.
    eh iya, nama toko bukunya apa, kapan2 ajak kesana dong..

    1. avatar

      As .



  5. avatar
    mama Nara January 15, 2016 10:35 am

    ilustrasinya keren yah, ingat si imut yang lebih tertarik memandang keluar jendela lihat pembangunan gedung sebelah dari atas, daripada masuk ke arena main salju di jembatan PIM (padahal emaknya sudah semangat banget pengen main salju-salju-an nya) hehehe

    1. avatar

      As .