Cara Mudah Membuat Menu Bulanan

faris_haikal

image credit: gettyimages.com

Rencana Mama menunaikan haji di musim haji 2013 ini membuat saya berpikir keras untuk membuat menu makanan yang sehat dan bergizi. Saya memang masih tinggal dengan orangtua dan biasanya Mama yang memasak. Masakan Mama selalu enak meskipun tidak selalu mahal. Jadi, satu minggu sebelum keberangkatannya saya berusaha membuat menu untuk 40 hari.

Untungnya ada beberapa situs yang bisa dijadikan rujukan dalam mencari menu. Ada situs yang tinggal masukkan bahan A maka keluarlah berbagai jenis menu menggunakan bahan A. Membuat menu itu gampang-gampang susah, karena kita harus memikirkan apakah keluarga suka dengan bahan ini, budgetnya masuk atau tidak, tingkat kesulitan memasak, dan waktu memasak harus juga dipikirkan.

Saya seorang pemula dalam memasak yang tidak pernah berhenti untuk mencoba dan nekat saja saat memasak. Berbekal ilmu dari yang saya dapatkan dari Internet, kata suami dan anak, masakan saya enak, membuat ingin tambah, dan mereka suka karena bervariasi. Saya juga ingin dalam masakan saya lengkap dari mulai makanan utama, makanan pelengkap, sayur dan buah/kue/puding. Nah, karena waktu makin mepet, akhirnya ada aja ide melintas di kepala. Berikut ini tips dan cara mengaplikasikannya.

  1. Buat tabel ke kanan mendatar: nama2 hari dan bahan utamanya. Paling kiri menurun berisi: menu utama, sayur, pelengkap, buah/kue
  2. Tentukan bahan makanan utama yang berbeda selama tujuh hari. Misalnya: Senin: ayam, Selasa: tahu, Rabu: ikan, Kamis: tempe, Jumat: telur, Sabtu: daging, Minggu: bebas, tergantung permintaan. Terserah mau diisi dengan bahan apa. Namun pastikan bahannya yang mudah didapat, berkualitas, dan menyehatkan.
  3. Mulai isi tabel dari hari Senin terus ke bawah hingga 4 minggu yang berbahan utama Ayam. Misalnya Senin: sop bola ayam jamur, ayam gerpek, rolade ayam, pepes ayam. Selasa: sapo tahu kailan, rolade tahu, tahu lapis daging, tahu balut asam manis. Begitu seterusnya sampai hari Minggu. Lengkapi pula sayur, pelengkap dan buah/kue yang disukai keluarga. Kelihatan kan variasi masakan dari bahan utama yang sama.
  4. Usahakan agar menu utama dan sayur sesuai. Maksudnya, kalau menu utama berkuah, maka sayur jangan berkuah dan sebaliknya. Jika rasa makanan utama manis/pedas/gurih, maka rasa sayurannya jangan sama.
  5. Usahakan mencari sumber pencarian menu dari satu website. Ini sangat membantu untuk menyusun menu harian selama sebulan buat pemula seperti saya. Jangan lupa simpan link atau copy resepnya, siapa tahu pas lagi mau masak tiba-tiba lupa tahapan atau bahan-bahannya tapi sinyal internet mati.
  6. Belanja bahan-bahan makanan per tiga hari saja agar bahan masih segar dan kulkas juga tidak jadi penuh sesak. Lihat bahan-bahan yang diperlukan 3 atau 4 hari ke depan, apa yang ada di kulkas, yang tidak ada di kulkas berarti harus dibeli, dibuat saja daftarnya agar tidak lupa. Ini juga menghindari kalap mata pas ke tukang sayur, melihat ikan dan sayuran yang masih segar-segar langsung saja diborong, padahal gak ada di menu yang sudah ditetapkan.

Mudah-mudahan ada gambaran dari tips di atas. Ini contoh menu saya…  kadang-kadang masih ada yang kurang sesuai juga.

Ternyata dengan membuat menu bulanan ini saya jadi bisa memberikan makanan yang sehat dan bergizi untuk keluarga secara terencana. Menu juga secara tidak langsung bisa mengukur pengeluaran dari konsumsi keluarga. Buatlah menu sesuai budget sehingga kita bisa mengatur pengeluaran secara bijak. Semoga tips yang saya berikan bisa membantu urban mama yang masih kesulitan membuat menu bulanan. Kalau dirasa ada yang kurang, silakan ditambahkan ya…

23 Comments

  1. Inayati
    Inayati October 17, 2013 at 1:44 am

    wah bagus mbak, variatif sekali menu makanannya :). mungkin sedikit input ya mb, untuk buah bagus juga mungkin dikenalkan dalam bentuknya yg utuh (seperti semangka, misalnya). selain mengenalkan rasa asli masing2 buah juga dapat mengurangi asupan gula yang tersembunyi dari buah yang diolah lanjut :).

  2. maeli
    maeli October 17, 2013 at 6:49 am

    wah menarik sekali mba. kalo boleh tau, situs rujukan resepnya boleh share ga? aku juga sering pusing ngatur menu. tfs ^^

  3. ZataLigouw
    Zata Ligouw October 17, 2013 at 9:01 am

    ahhh gw perlu banget ni, secara sering bgt bingung ngutak-ik menu. Makasih yaaa…

  4. siska.knoch
    Siska Knoch October 17, 2013 at 10:13 am

    Gue juga suka masak tapi paling jauh cuma buat menu seminggu. Blm pernah bikin sebulan apalagi ampe 40 hari.. boleh nih di cobain tipsnya. ^^

  5. cindy
    cindy vania October 17, 2013 at 11:13 am

    Wah,sangat terbantu sama artikel ini karena pas banget lagi mencoba buat menu seminggu/sebulan gitu. Biasanya suka bikin menu cuma 3 hari soalnya suka ga ada bahan2nya di tukang sayur depan rumah,jadi suka sebel kalo bikin masakan nggak sesuai :p

    Mau coba bikin lagi aah. TFS yaa :)

  6. faris_haikal
    Faris Haikal October 17, 2013 at 11:56 am

    @Inayati: iya bener banget, semangka, melon, apel,pear dikasih utuh, cuman dipotongin aja. gak cape juga harus ngolahnya.
    @maeli: ada di s*ji*nsed*p.com lumayan lengkap berdasarkan kategorinya, sering juga liatin resep di TUM yaah :D
    @Zata: terimakasih kembali :D
    @Siska&cindy: cobain deh bikin sebulan,asyik looh..menantang, hehehe..cari yang tukang sayurnya lengkap mom Cindy

  7. diana mamachica
    diana mamachica October 17, 2013 at 3:39 pm

    wah,menarik sekali artikelnya…perlu sy coba ni…kadangkala qt kehabisan ide buat memasak setiap harinya…kalo dibuat daftar gni lebih terencana n yg pasti lebih hemat ya…TfS n salamkenal mba Faris…

  8. faris_haikal
    Faris Haikal October 17, 2013 at 8:14 pm

    @mamachica: salam kenal juga, saya mama faris :D

  9. ceknonapresident
    eka Sartika October 21, 2013 at 10:00 am

    Waaahh.. membantu dan sangat bermanfaat sekali artikelnya mama faris… terima kasih banyak yaaaa… terbantu sekali deh… cucooookk…

  10. veekha
    veekha October 21, 2013 at 10:21 am

    wah menarik bgt nih. aku juga selama ini selalu bikin menu buat seminggu scr working mom ga punya banyak waktu buat masak. tp selama ini ga pnh ditabelin cuma diinget2 aja dikepala atau di taroh di notes gadget

  11. liz in mamaland
    liz in mamaland November 4, 2013 at 1:54 pm

    wow sis.. sangat inspiratif. Seandainya aku tau tips ini sejak awal menikah, pasti sudah hemat banyak sekali.
    follow my adventure : inmamaland.blogspot.com

  12. blankdakruz
    blankdakruz December 10, 2013 at 4:54 pm

    salam kenal mba.. aku penasaran banget sama menu, karena belum pernah berhasil bikin. hehehe.. mau ah mengkopi menunyaaa.. ijin yaaa :)

  13. syifaology
    syifaology December 29, 2013 at 10:17 am

    Wah inspiratif sekali.. Ijin copas juga ya mama fariz. Biasanya saya tiap weekend ngerekam video di youtube buat nyontek biar ga lupa bahan dan cara buatnya. Dan tiap mau belanja pasti bingung mau beli apa. Hahaha. Jd kebantu deh sm idenya mama fariz. Tengkis yaa

  14. ramiro
    ramiro January 11, 2014 at 4:35 pm

    ide bagus nih, jd kita tau bahan-bahan apa aja yg harus dibeli….dan begitu wkt nya masak sudah tau mau masak apa. Memang menentukan menu susah susah gampang yah moms.

  15. dhay
    Dian Kusumawardhani January 24, 2014 at 2:40 pm

    bermanfaat banget mbak tipsnya. kreatif deh. makasih ya.. bisa dicoba nih. :)

  16. riskaglenn
    riskaglenn February 6, 2014 at 10:03 pm

    Makasih mbak buat tipsnya. Langsung praktekin deh setelah dapur kelar di renov.

  17. bunda_rizma
    bunda_rizma June 12, 2014 at 1:57 pm

    wiiiiw… ada jg ya yg bikin menu smp 40 hari. keren deh…
    biasanya aku cm bikin seminggu, pun itu yg nyusun bergantian aku dan suami.
    wah… jd penasaran situs yg cm masukin bahan A terus keluar berbagai jenis menu menggunakan bahan A :O
    tfs ya mama faris, salam kenal :)

  18. faris_haikal
    Faris Haikal September 9, 2014 at 9:27 am

    @bunda rizma: salam kenal juga bun dari Bogor :)
    @rizka @Dian @Syifa @eka @blankdakruz @veekha: yupp selamat mencoba, pasti tambah siip :D
    @liz: sama jeng, andai daridulu mikir kaya gini, hahaha..

  19. dari retno
    retnoretno September 21, 2014 at 8:33 am

    waaahhhh…kerreeen… sepertinya menu2nya juga bisa dicoba didapurku niy. Simpel, variatif. tfs ya…

  20. Abi Inas
    Abi Inas October 20, 2014 at 8:51 am

    bun bagaimana dengan penyusunan menu makan untuk sekolah boarding seperti kami, yang 3x makan (pagi-siang-sore) beda menu. Mohon sharringnya,selama kami berjalan tapi perlu pencerahan nich..

  21. Marully Handri
    Marully Handri November 28, 2014 at 5:32 pm

    terima kasih bisa menambah referensi menu di rumah :)

  22. Ummu Alfathoni
    Ummu Alfathoni January 9, 2015 at 4:52 pm

    Wah tipsnya sangat bermanfaat mom, terimakasih ya mom.. biasanya saya suka keteteran ngurus menu…

  23. anokalicious
    anokalicious February 3, 2015 at 3:11 pm

    TFS mba.dulu bkin menu sebulan klo pz puasa aja, rempong bikin menu buka sama sahur.hahahhhaa…bisa dterapin klo gag puasa juga yaaa….maklum ibu baru

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.