Cegukan Pada Bayi



dr. Riyana Kadarsari, SpOG
Pendidikan: S1 FK Universitas Indonesia

Obgyn di RS Sariasih Ciledug dan RSB Permata Sarana Husada Pamulang. Menikah dan baru saja melahirkan anak ketiganya di awal May 2010.



Q:  Dokter Riyana,
karena ini merupakan kehamilan pertama, saya ingin bertanya, saya sering merasakan bayi dalam kandungan cegukan. Apakah ini normal, Dok?

Thanks ya Dokter Riyana.


– pertanyaan dari Grace.




A:  Hallo Grace,


Cegukan pada bayi dalam kandungan adalah hal yang normal terjadi terutama dirasakan pada usia kehamilan trimester kedua dan ketiga. Pada saat ini bayi sedang belajar melatih otot pernapasannya walaupun dia belum bernapas di dalam kandungan dan saat belajar tadi dia menelan sejumlah cairan amnion. Ibu tidak perlu khawatir karena keadaan ini alami dan tidak berbahaya pada sang bayi.

Mudah-mudahan membantu ya.


--


if you have question to our resident doctor, please don't hesitate to send it to us.

13 Comments

  1. avatar
    Ardiana December 14, 2010 12:36 pm

    waaa..terjawab sudah, hehe.. kmrn dsog jg blg, gpp. cuman diriku yg kuatiran. klo dah gitu, aku suka banyak minum, hiehie :D

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    ayumu October 14, 2010 12:41 pm

    cegukannya emang sering pas mau tidur... biasanya aku ganti posisi tidur.. bis itu cegukannya ilang deh.. baru aku bisa tidur tenang ^_^

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    natalie September 15, 2010 10:40 am

    ya ampun baru tauu..kirain si baby nendang2..tapi bingung juga dia bisa nendang tapi berirama, ternyata itu cegukan..hihii lucuuunyaa :)

    1. avatar

      As .



  4. avatar
    thalia kamarga August 31, 2010 2:32 pm

    hihihi, emang cegukan bikin kangen. tapi kadang2 aina suka cegukan pas gue mo tidur. jadi ga bisa tidur deh, gara2 si perut ga bisa diem... :)

    1. avatar

      As .



  5. avatar
    Rafa August 31, 2010 12:51 pm

    oh itu namanya si baby lagi cegukan to? baru tau
    @mba lestari, iseng banget dot com

    1. avatar

      As .



Post a Comment

You must be logged in to post a comment.