Cilok – Chewy Ball

anthie arvianto

Seumur-umur saya belum pernah mencoba Cilok, tapi selalu penasaran sama rasanya. Sering melihat abang-abang yang menjual makanan ini, tapi tidak pernah berani belinya. Menurut orang-orang yang pernah makan cilok, rasanya kenyal karen terbuat dari tepung sagu. Berbekal rasa penasaran itulah, beberapa waktu yang lalu saya nekat bikin cilok ini.

Setelah browsing sana-sini, rata-rata resep yang saya temui hampir mirip-mirip. Kemudian yang teringat sama kelepon yang katanya punya tekstur yang hampir mirip sama Cilok. Jadilah saya memodifikasi resep kelepon yang saya punya… Dan hasilnya, “Sudah mirip dengan yang dijual Abang-abang,” menurut asisten di rumah.

Ini dia resepnya…

Bahan:

  • 450 gr Sagu (saya pake sagu tani)
  • 50 gr tepung terigu
  • 500 ml air kaldu hangat (saya pake air kaldu dari dengkul sapi favorit saya)
  • garam, lada
  • 1 buah wortel parut (umumnya pakai daun bawang)

Saus:

  • 200 gr kacang tanah (goreng)
  • 5 buah cabai rawit merah
  • 3 siung bawang putih
  • 100 gr gula merah
  • air secukupnya

Cara membuat:

  1. Campur sagu,terigu, garam, wortel parut, beri air kaldu hangat, uleni sampai kalis
  2. Didihkan air
  3. Bentuk adonan bulat-bulat kemudian masukan ke dalam air mendidih, sampai adonan mengapung. Lakukan sampai adonan habis, angkat tiriskan.
  4. Untuk Saus: Proses semua bahan di dalam blender sampai halus.

Sajikan Cilok dengan saus kacang.

9 Comments

  1. ruuzuly
    Ruliyani Nuzuly May 31, 2013 at 12:51 am

    Waaahhh seruuuuu ada resep cilok.. iyaaah selama ini penasaraaan banget sama rasanya.. kok banyaaaak banget yang suka..
    aku mau prakteeekkk ahhh.. mumpung masih ada tepung sagu tani..
    Wihiiiiii.. tfs yaaah mbak Anthie :)

  2. mami_Bertrav
    mami_Bertrav May 31, 2013 at 11:39 am

    hihihi,,penampakannya udah mirip bgt sm cilok yg di abang2 ya..seruu deh kyknya ni dijadiin cemilan..
    ijin praktekin ya mom ;)

  3. almostabum
    citra kusumaninghati June 2, 2013 at 3:34 pm

    nampak yammiiieeh!! mu coba ya mba anthi, hihi..oke ni buat cemilan sore. klo dicampur ayam giling jd lbh enak kykny ya. trus bumbu kacang pke bumbu pecel bisa?

  4. eka
    Eka Wulandari Gobel June 2, 2013 at 6:13 pm

    yumm..enak banget nih pastinya bubun… kirimin dooong :)

  5. intan rosemarry
    intan kagaffi June 4, 2013 at 12:01 pm

    pas bangett nih lagi ingin makan cilok <3 dicoba akhir pekan ini, makasih ya Mbak Anthie :)

  6. baiq_intan
    baiq_intan June 4, 2013 at 1:54 pm

    kayaknya boleh dicoba nih mb anthie,hehe

  7. Oyoz
    Oyoz June 4, 2013 at 2:01 pm

    thank resepnya mbaa
    langsung off to the kitchen :-P

  8. Mommy Isha
    Mommy Isha June 6, 2013 at 10:15 pm

    Mupeenngg :O

    Lapeerrr -____-

  9. Bunda ShidqiSelma
    BundaShidqi Lia September 27, 2013 at 8:36 am

    walau telat lihat resep ini, pasti akan aku coba, kebetulan pas punya sagu tani ^_^..

    kece deh bentuk ciloknya mbak :)

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.