Cilok Ketan Snowman

rainiw

Hmm, cilok. Jajanan favorit semasa sekolah yang suka saya makan diam-diam karena… dilarang Ibu. Larangannya masuk akal sih, karena tipe jajanan gerobak yang bisa bikin sakit perut. Tapi entah kenapa, kenikmatan menyantap cilok selalu berbanding lurus dengan rasa bersalah diam-diam menyantapnya tanpa sepengetahuan ibu tersayang.

Biasanya cilok dibuat dari tepung aci (sagu) atau tapioka, tapi kali ini saya iseng menggunakan tepung ketan. Dan berhasil! Nah, mumpung Alma belum masuk sekolah dan belum tahu (enaknya) jajanan gerobak, saya colong start mengenalkan si cilok ini. Sekalian bahan cooking project. Ternyata anaknya suka sekali: ya suka makannya, suka pula bikin ciloknya.

Bahan-bahan:

Kaldu sayur:

  • 300 ml air matang
  • 2 batang seledri
  • 2 batang daun bawang
  • 3 siung bawang putih, memarkan
  • 1 sdt udang rebon atau seujung sendok teh terasi

Adonan cilok:

  • 200 gr tepung ketan
  • 200 gr tepung terigu
  • 3 batang daun bawang, iris halus
  • 2 sdt garam
  • 1 sdt bubuk merica
  • 1 sdt gula
  • 300 ml air kaldu sayur
  • Air untuk merebus

Kuah kacang:

  • 100-150 ml air matang
  • 1 cup kacang goreng (sekitar 150-200 gr) atau chunky peanut butter
  • 3 siung bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 2 lembar daun jeruk
  • 1 sdt terasi (bisa diganti kecap ikan atau kecap asin)
  • 3 buah cabe merah (optional; bisa juga diganti dengan 1-2 sdm saus sambal)
  • 1 sdm kecap manis
  • 1 sdm minyak goreng, untuk menumis

Cara Membuat:

  1. Rebus daun bawang, seledri, bawang putih dan rebon (atau terasi) untuk membuat kaldu sampai mendidih. Sisihkan.
  2. Ayak tepung ketan & terigu, tambahkan irisan daun bawang, aduk.
  3. Panaskan kaldu sampai mendidih, tambahkan garam gula merica, aduk.
  4. Tuang kaldu panas sedikit demi sedikit sambil adonan tepung terus diaduk sampai kalis & bisa dipulung-pulung. Bentuk adonan cilok bulat-bulat.
  5. Pada panci bekas merebus kaldu, panaskan air secukupnya untuk merebus sampai mendidih.
  6. Masukkan pulungan adonan cilok, rebus hingga mengapung kira-kira 10 menit. Setelah mengapung, biarkan rebus 5 menit lagi baru diangkat. Tiriskan.
  7. Untuk kuah kacang: blender semua bahan kecuali daun jeruk & minyak goreng. Tumis blenderan saus bersama daun jeruk sampai harum.
  8. Susun cilok ditusuk-tusuk menggunakan tusuk sate atau food pick. Sajikan dengan kuah kacang, kecap manis atau saus sambal.

Alma senang sekali membentuk adonan cilok bulat-bulat, semacam main play-dough minus adonan menempel di sela-sela ubin rumah. Dari memperhatikan bentuk cilok putih bulat-bulat, tiba-tiba ia punya ide untuk membuat… Cilok snowman. Lengkaplah dibuatnya satu keluarga cilok snowman; kata Alma ada papanya, mamanya & baby snowman. Saya hanya bantu merebus & menusuk cilok, sisanya Alma yang bikin. Untuk hiasan mata & hidung snowman, Mama bisa menggunakan biji wijen & potongan paprika atau wortel.

Dingin-dingin makan cilok hangat, sedap!

11 Comments

  1. gabriella
    Gabriella Felicia March 14, 2014 at 8:44 am

    Buka rahasia… gw belum pernah makan cilok… jadi pengen bikin deh… kayaknya enak, apalagi sampe makan diem2 gitu ya Ai!

  2. rainiw
    Aini Hanafiah March 14, 2014 at 12:00 pm

    hehehe… monggo Ella, selamat bikin & semoga suka :D

  3. teta
    teta March 14, 2014 at 2:31 pm

    Yama suka banget sama bakso, syomai dan pempek. Yakin banget deh kalau ku bikinin cilok ini dia juga suka hehe
    Tfs mama Alma ;-)

  4. eka
    Eka Wulandari Gobel March 14, 2014 at 2:55 pm

    cilooook..! favorite deh :)
    bikinnya juga mudah yaa.. dan enak banget tuh dimakan pas dingin2..
    lucu banget deg alma, kepikiran aja bikin cilok bola salju *Ciyuum alma*

  5. enjimagetsari
    Enji Magetsari March 15, 2014 at 1:26 am

    Waaahh makasiih resepnya, ini mah jajanan favorit saya..apalagi kalo ciloknya ada isi daging tetelan *ups!* dulu pernah nanya resepnya langsung ke mang yg dagang, tapi serba ga jelas ukurannya jadi ragu2 mau bikinnya..makasih resep cilok sehatnya mama Alma

  6. Kira Kara
    Bunda Wiwit March 17, 2014 at 6:44 am

    kalo cilok itupun aku sukaaa… dan embeerrr, sampe sekarang juga masih suka sembunyi-sembunyi makan cilok. hahahaha… Pengen nyobain bikin sendiri aah.. biar gak merasa bersalah. xixixi…

  7. ninit
    ninit yunita March 17, 2014 at 8:20 am

    wahahaha baru tauuu kalo ella belum pernah makan cilok!
    kan enaaak ellaaa!

    ihhh aini, ngiler deh liat artikel ini. jadi pengen bikin jugaaa!

  8. ZataLigouw
    Zata Ligouw March 17, 2014 at 9:41 am

    Aini, elo penyelamat gw banget hihihi. Jadi si kaka kan doyan banget cilok, nah trus belum lama di salah satu TV swasta kan ada investigasi soal cilok yg bahaya dan terbuat dari daging b*s*k, duhhh langsung panik dan ngelarang kaka jajan cilok lagi di sekolah, tapi di satu sisi gw sedih karena gw tau dia suka bgt cilok.

    Abis ngelarang si kaka gw tuh langsung bertekad mau cari tau gimana caranya bikin cilok yg sehat plus enak, dan muncullah artikel ini…senenggg bangett.. makasih yaaa…

  9. sLesTa
    shinta lestari March 17, 2014 at 10:31 am

    aaahh mau bikin lagiii.. udah lama ga bikin cilok! alma pinter banget kepikiran bikin cilok snowman hehhe.. great idea!

  10. rainiw
    Aini Hanafiah March 18, 2014 at 9:57 am

    Teta: sama2 Teta… selamat bikin yaa :D

    Eka: …dan dingin2 gini nggak kerasa loh, udah abis 10 tusuk sendiri aja hahaha!

    Enji: aku juga pernah makan tu, cilok yang pake daging tetelan waktu di Gresik, namanya pentol. Ampun, enak banget!! Mana pentolnya lebih gede daripada bakso pula, puas deh makannya :))

    BundaWiwit: kalo dulu aku makannya sembunyi2 dari ibu, sekarang sembunyi2 dari anak hahahaa… Takut direbut xD

    teh Ninit: yuuukk bikin yuk teh, pesta cilok di kala dingin2 hujan ;D

    Zata: sama2 Zata :D iya yah… nonton investigasi ttg jajanan gitu suka bikin degdegan yah. monggo silakan dijajal resepnya, semoga si kaka suka ya!

    Shinta: gw aja gak kepikiran bulet2 putih = snowman… efek Olaf-nya Frozen nih tampaknya :))

  11. Shinta_daniel
    Shinta Daniel March 24, 2014 at 8:42 am

    Aini: makasih banget resepnya, weekend kemarin uda coba dan akhirnya setelah berpuluh tahun saya makan cilok juga. hehehe..

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.