Cireng Nasi: Jajanan Anak yang Bisa Dibuat Sendiri

Beberapa minggu yang lalu, kami berkunjung ke Bandung. A short escape ceritanya. Dan kalau sudah ke Bandung, sudah pasti tidak bisa dipisahkan dengan acara wisata kuliner. Entah mengapa, makanan di Bandung itu enak-enak dan selalu bikin kangen. Rasanya selalu ada saja sesuatu yang baru tiap kali kami berkunjung ke Bandung.

Di antara semua makanan khas Bandung, ada satu makanan yang buat saya rasanya timeless, yaitu Cireng. Ini adalah makanan favorit saya waktu kecil. Jadi waktu kami makan siang di sebuah restoran Sunda di Bandung dan melihat ada Cireng di menu, saya langsung memesannya. 

Ketika cireng datang, saya pun meminta anak-anak untuk mencobanya. “Ini jajanan Mama waktu seumur kalian loh. Favorit Mama!”

Anak-anak langsung penasaran. Mereka mencoba Cireng dan ternyata suka! Begitu kembali ke Jakarta, saya pun berinisiatif untuk membuatkan mereka cireng.

Kalau ke supermarket, sudah tidak susah untuk mendapatkan cireng yang tinggal digoreng di rumah. Tapi terus terang, saya lebih memilih untuk membuatnya sendiri. Rasanya lebih tenang karena kita tahu bagaimana kualitas bahan-bahan yang kita pakai.

Resep Cireng Nasi Kobe

Bahan:

  • 1 bungkus (75 gram) Tepung Bumbu Kobe Putih 
  • 100 gram nasi putih
  • 10 gram daun bawang 
  • 100 ml air 
  • Minyak untuk menggoreng

Cara Membuatnya:

  1. Tuang nasi lalu campurkan air, aduk rata.
  2. Masukkan Tepung Bumbu Kobe Putih. Aduk rata.
  3. Masukkan daun bawang. Aduk rata.
  4. Bentuk adonan sesuai selera.
  5. Goreng hingga adonan matang.

Hasilnya enak! Rasa gurih dan rempahnya cireng ini sangat pas. Juga, salah satu rahasia enaknya Cireng itu adalah tekstur luarnya yang crunchy, tapi kenyal dan lembut didalam. Jadi paling tepat membuatnya secara mendadak agar dapat dinikmati anak-anak saat Cireng masih panas menuju hangat. Saya menggunakan Tepung Bumbu Kobe Putih, karena hanya Tepung Bumbu Kobe Putih yang bisa membuat cireng nasi menjadi garing di luar dan kenyal di dalam. Thanks to Tepung Bumbu Kobe Putih, jajanan anak bisa saya buat sendiri di rumah. Saya pun tidak repot mencari bahan-bahannya. Gampang, praktis, dan yang pasti enak! Anak-anak suka sekali.

8 Comments

  1. avatar
    Leila Niwanda June 14, 2017 1:22 pm

    Tepung Bumbu Kobe Putih ini maksudnya kayak yang di gambar kan ya Teh, nggak ada tulisan 'putih'-nya kan? Maafkan kalau pertanyaannya konyol hehehe, takut salah beli. Btw, galfok sama Eric Carle-nya :).

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    Dewi Febrianti June 13, 2017 3:24 pm

    aduh teteeh meni bikin kabitaaaa :'(
    tfs resepnya teteh. segera deh eksekusi dirumah :D

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    dieta hadi June 12, 2017 1:45 pm

    wahhh gampang banget ini ya, anak anak juga suka cireng. asyikkk nanti buat ah dirumah

    1. avatar
      ninit yunita June 13, 2017 11:30 am

      iyaaa diet... asli gampang banget :D cobain deeeh.

      1. avatar

        As .



    2. avatar

      As .



  4. avatar
    Cindy Vania June 12, 2017 7:28 am

    Wiii ada cireng! Ini kesukaan anak-anak banget! Awalnya mereka juga penasaran ada menu cireng di rumah makan, akhirnya nyobain dan doyan.

    Baru tau kalau ternyata cara buatnya nggak susah yaa. Mau coba bikin buat anak-anak aah..
    Makasih resepnya ya teh Nit.

    1. avatar
      ninit yunita June 12, 2017 7:56 am

      ahaha enak yaaa cin.
      iya nih cin pas kemarin itu ada dua macam cireng, ada cirasi alias cireng nasi. trus nyoba bikin, eh! enak juga dan yang penting anak-anak suka :D hepi lah soalnya gampang bikinnya ahahaha.

      1. avatar

        As .



    2. avatar

      As .



  5. avatar
    Musdalifa Anas June 12, 2017 4:38 am

    Waah cireng, fav banget ini dan ternyata bisa bikin pakai tepung kobe dan nasi ya? Jadi pengen cobain bikin. Tfs ya teh ninit

    1. avatar
      ninit yunita June 12, 2017 7:57 am

      hihihi iyaaa peh! namanya cirasi, cireng nasi. enak deh! crunchy. cobain bikin deh peh. praktis pake tepung kobe aja... sambil merem juga jadi :D daaan yang penting rasanya enak! :)

      1. avatar

        As .



    2. avatar

      As .



Post a Comment

You must be logged in to post a comment.