Cooking Class at Home

yanasaphira

Salah satu kegiatan keluarga saya untuk mengisi liburan di rumah adalah memasak. Bukan hanya mengajak anak-anak untuk bermain masak-masakan melainkan kami memasak betulan!

Apa sih yang menarik dari mengajak anak-anak ke dapur? Tampaknya memang tidak menarik jika kegiatan memasak dilakukan di dapur yang sesungguhnya.

Seperti tayangan memasak di televisi, para chef ternama memasak di kebun, tepi pantai, ataupun tempat outdoor lainnya, tampaknya seru ya.  Jadilah kami memasak di halaman depan rumah dengan menyiapkan meja lipat, kompor gas kecil (yang relatif aman), air minum galon, dan jangan lupa sediakan tempat sampah.

Menu yang kami masak adalah soto ayam dan “lontong raksasa”.

Anak saya sangat penasaran dengan si lontong raksasa ini, inilah menariknya memasak bersama anak karena kita bisa menciptakan jenis masakan dan nama masakan yang menarik dan bikin penasaran sehingga anak-anak tambah antusias.

Sebagai tips untuk memasak outdoor, bagian pinggir tungku kompor harus dilapisi dengan aluminium foil agar api tidak lari-lari jika tertiup angin.

Manfaat dari kegiatan semacam ini ternyata cukup banyak loh, selain memberikan hiburan bagi anak-anak, kegiatan ini juga dapat menyalurkan hobi anak-anak dengan memberikan kesempatan untuk membantu memotong bahan-bahan (harus dengan pengawasan) serta mempersiapkan bahan-bahan lainnya, melatih motorik halus karena anak harus fokus pada saat memotong atau mengupas bahan-bahan, dan yang terakhir menikmati quality time bersama keluarga dari mulai memasak sampai makan siang bersama.

Hasil masakan Nasya, selamat menikmati!

6 Comments

  1. siska.knoch
    Siska Knoch June 20, 2013 at 6:56 am

    Waaa… kreatif banget mama yana!
    pastinya seru ya, begitu capek datang masakan udah mateng..
    bagi dong soto ayamnyaa nasya… hihi

  2. Kira Kara
    Bunda Wiwit June 20, 2013 at 2:49 pm

    wow! sepertinya seru ya acara memasaknya. Mau dunk dibagi soto ayamnya. Telaten sekali 2 bocah ini memasaknya. Gemess.. :)

  3. Bunda MedinaMecca
    Bunda MedinaMecca June 21, 2013 at 9:38 am

    Halo nasya..keren ih..jempol ^^b
    Baca postingan ini kemarin. jadi pny ide, td pagi ajak medina masak cheesy-omelet buat sarapan, n surprise! begitu matang, dia semangat banget makan sendiri smp habis. TFS mba yana :)

  4. yanasaphira
    Yana Saphira June 21, 2013 at 10:02 am

    makasih moms, setiap kali saya melakukan sesuatu Nasya selalu bilang: aku mau bantu, ya beginilah situasinya agak ribet memang tapi dia seneng banget.
    Waaa Medina juga hebat, pinter masak dan pinter mamamnya juga yaa, wiken ini juga rencana mau buat cake pop bareng anak-anak

  5. ZataLigouw
    Zata Ligouw June 24, 2013 at 10:15 am

    yanaaa…ide ini pas banget buat Caca, anak gw yg 8y.o. Dia lagi bosen karena liburan ini gak banyak kmana2 krn kbetulan ayahnya lg gak bisa sering2 nganter. Ide cooking class at home ini bisa gw masukin jadwal pengisi liburan nih, eh..pas bulan puasa jg bisa utk sambil nyiapin makanan berbuka ya..seru..

    makasih idenya Yana, Nasya..

  6. mamayoyo
    Yolanda Septiana June 25, 2013 at 1:01 pm

    walaupun masih 1,5 tahun, zila seneng banget “bantu” (baca: ngrecokin) kalo mamanya lagi masak.. kalo dah gedean, mudah2an bisa bantu beneran.. hehe

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.