Cooking Is Fun, Even for Boys!

Mama Windy

Hujan-hujan begini, membuat kami lebih sering menghabiskan weekend di rumah saja, selain tidur-tiduran dan bermain-main di dalam rumah, salah satu altenatif kegiatan lain kami adalah memasak. Hasilnya untuk kita makan bersama di rumah. Tidak seluruh anggota keluarga ikut aktif memasak, karena Netta masih terlalu kecil, dan saya juga jadi tidak ikut karena harus menemani Netta, sehingga akhirnya yang memasak adalah Nathan dan Romonya.

Compared with baking, cooking is more dangerous and more boring for kid? Nyatanya dengan pengawasan yang cukup dari orang tua, memasak jadi tidak seberbahaya itu, and cooking is also fun, even for 4 years old boy as my son

  • Belanja ke pasar. Jika mengajak anak, kami biasanya belanja di Pasar Modern Sinpasa, Summarecon. Kualitas barang bagus, pasarnya bersih, dan tetap bisa tawar menawar.

  • Persiapan Memasak: Yang sering dimasak bersama, biasanya steamboat, karena itu kesukaan kami sekeluarga terutama di cuaca dingin begini, gizinya lengkap, membuatnya mudah, bahannya juga mudah didapat. Biasanya acara memasak dimulai dengan membersihkan dapur, para chef memakai celemek, dan menyiangi bahan-bahan.
  • ¬†Memasak

Steamboat menjadi resep favorit kami, karena:

1. Bahannya mudah didapat:

  • Sayuran: Sawi Putih, Caisim, Wortel, Jamur
  • Daging: Daging sapi (buat kaldunya), udang
  • Bakso-baksoan: Bakso sapi, bakso ikan, bakso karakter, dan bakso shabu-shabu (campur-campur)
  • Bumbu: Minyak Wijen, Lada, Garam, Air (tanpa perlu mengulek atau mengiris)

2. Cara memasaknya mudah:

  • Didihkan air, masukkan daging sapi, sampai kuah menjadi kaldu, masukkan udang
  • Selanjutnya masukkan sayuran, urutannya dari wortel, jamur, sawi
  • Masukkan bumbu-bumbu, cicipi
  • Sajikan, diserbu bersama, dalam waktu singkat langsung habis‚Ķ

Bagi kami, aktivitas ini cukup seru, memperkuat bonding anak-orangtua, dan sedikit banyak melatih keterampilan anak, dan menambah kepercayaan diri anak saat dia bisa makan masakannya sendiri.

Tips memasak bersama anak:

  • Pilih masakan yang mudah dan mengandung bahan-bahan berwarna-warni agar anak lebih antusias memasaknya
  • Libatkan anak sebanyak mungkin, misalnya orangtua potong wortel dengan dengan pisau tajam, anak potong baso ikan dengan pisau makan. Sayuran disobek dengan tangan saja, agar anak dapat ikut membantu mengolah sayuran juga.
  • Selalu dampingi dan awasi anak, keselamatan tetap nomor satu. Kalau saya tidak berani membiarkan anak terlalu dekat dengan kompor. Mungkin kalau bersama saya, saya akan melibatkan anak sampai meracik bahan saja, saat memasak, dia mungkin akan saya biarkan menonton saja. Lain lagi dengan suami saya, yang punya keberanian lebih untuk itu, Nathan diperbolehkan memasukkan bahan-bahan ke dalam panci, namun sepanjang acara memasak dia memeluk erat pinggang Nathan dari belakang.
  • Jika kebetulan memasak lebih banyak, tak ada salahnya undang para Eyang, om-tante, atau teman-teman dekat si anak, dengan demikian akan menimbulkan kebanggaan dan kepercayaan diri bagi si anak.

Happy cooking!

9 Comments

  1. ruuzuly
    Ruliyani Nuzuly January 26, 2013 at 9:46 am

    Waah tfs Mama Windi..
    Aku sebenernya lagi khawatir karena anakku, Lian 2y4m sukaaaaa banget “bantuin” aku kalo lagi baking, ntah minta yang nyampur2in tepung, masukin telur, aduk2..
    Pokoknya sukaaa banget, aku kadang khawatir, cowok kok suka di dapur..
    Tapi banyaaaak juga chef cowok #nenangindirisendiri

    Tapi artikel mama windi bikin aku tambah lega..
    Tfs mbaaak ;)

  2. eka
    Eka Wulandari Gobel January 27, 2013 at 3:08 am

    nathan pinteer! apronnya juga keren! :)

  3. Mama Windy
    Windy Agnestien January 28, 2013 at 10:17 am

    @Ruliyani Nuzuly di rumah yg suka masak emang suamiku sih.. jadi buat kami sangat lazim cowok masak.. :). senang jika sharing saya membantu/bikin lega…

    @Eka makasih… apronnya itu special,.. buatan eyang, ga dijual di toko2,.. hehehhehe

  4. dewiamel
    dewiamel January 28, 2013 at 2:02 pm

    Ada angry bird di dalem steam boat nyaaaa lucuuuuuu

  5. Mama Windy
    Windy Agnestien January 28, 2013 at 2:52 pm

    haha.. itu mah anggep aja garnish.. sebab request dari nathan, mau baso angry bird, dijual di pasar modern juga, selain angry bird dijual juga bentuk neemo dan dory, konon menurut yg jual itu pake pewarna makanan yg aman,..

    tapi kalau buat saya, warnanya yg heboh banget, jd bikin curiga, shg ga berani make banyak.. semangkok itu cuma pakai 4 biji aja, 2 angry bird merah, 2 kuning.. sekedar garnish, sisanya baso2an steamboat yg jelas dan warnanya lebih sopan :)

  6. January 29, 2013 at 9:23 pm

    senang ya Nathan, romonya telaten mau ajakin masak. seru ya kalo cowok2 masak… kayaknya sih kalo udah gedean Josh juga bakal masak sama daddynya nih, soalnya mommynya ga doyan masak. hahaha…

  7. Mama Windy
    Windy Agnestien January 30, 2013 at 2:07 pm

    :) iya ni, syukur deh,.. jd bisa gantian masak (malah seringan dia..hihi).. juga bisa gantian nemenin anak berkreasi (plus seru-seruan) di dapur..
    ditunggu ceritanya josh and daddy seru2an di dapur nanti ya… ;)

  8. AFRILL
    AFRILL February 2, 2013 at 11:18 am

    Kegiatan yang sangat positif nih, masak bareng anak juga bisa melatih motorik dan kreativitas anak. Memasak juga memberi kesempatan untuk anak bisa bereksperimen dengan kombinasi rasa, warna, serta tekstur. Seru banget ya kalau misalnya bikin kue yang bentuknya lucu-lucu, pasti anak-anak makin senang :)

  9. Mama Windy
    Windy Agnestien February 4, 2013 at 1:53 pm

    THank you, AFFRIL, kalau mau baking yg gampang-gampang, contoh resepnya “I can Cook” yg di CBeebies aja, saya dan nathan suka nonton tuh, resepnya kayanya emang dikhususin buat anak2 jd sederhana dan gampang dibuat oleh anak2, paling masukkin ke ovennya aja yg minta tolong ortu. webnya juga ada sih, http://www.bbc.co.uk/cbeebies/i-can-cook/makes

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.