Cupcake Decorating Party

asti_kurniawan

Tiap ulang tahun Raffa,saya selalu berusaha untuk buat Raffa merasa spesial. Salah satunya dengan selalu membuat kue ulang tahun untuk Raffa. Walaupun ulang tahun hanya bersama keluarga inti, saya selalu berusaha membuatnya meriah dengan balon-balon kecil di rumah dan hiasan-hiasan lainnya.

Karena sekarang Raffa sudah bersekolah di playgroup, saya mau Raffa bisa merasakan keceriaan pesta ulang tahun bersama teman-teman, bukan hanya dengan keluarga seperti tahun-tahun sebelumnya. Salah satu cara yang bisa dilakukan dengan biaya yang lebih hemat daripada bikin pesta di restoran adalah dengan mengadakan syukuran ulang tahun di sekolah. Kebetulan sekolah Raffa termasuk leluasa memberikan kesempatan berulang tahun di sekolah, selama acaranya sederhana saja.

Awalnya saya berpikir kalau ulang tahun biasa di sekolah dengan potong kue dan nyanyi-nyanyi sepertinya kurang seru dan berkesan. Jadilah saya mencoba mencari ide pesta yang seru dan cocok diadakan di sekolah. Akhirnya saya memutuskan untuk mengadakan Cupcake Decorating Party di sekolah. Selain idenya unik dan seru, Raffa bersama teman-temannya bisa bersenang-senang serta belajar mendekorasi cupcake sendiri, jadi ada unsur edukasinya juga.

Persiapan untuk cupcake decorating party ini cukup mudah untuk kita lakukan sendiri. Pertama, saya memanggang cupcakes sesuai jumlah anak (yang untungnya cuma 20 anak). Lalu saya siapkan frosting buttercream dalam plastik segitiga kecil sesuai jumlah anak, dan terakhir siapkan taburan/sprinkles untuk tambahan dekorasi kue. Tambahan dekorasi ini bisa macam-macam mulai dari yang sederhana seperti cokelat beras warna-warni, cokelat m&m warna warni. Kalau ada, juga bisa ditambahkan hiasan kecil dari fondant bentuk bunga dan bintang. Kebetulan tema ulang tahun Raffa adalah angry bird, jadi saya buat juga fondant bentuk angry bird, dan anak-anak senang sekali.

Selain peralatan mendekor, tiap anak saya berikan apron anak yang dibeli di Mayestik. Apron ini saya berikan selain agar baju sekolah tidak kotor, juga sebagai hadiah tambahan untuk anak-anak selain goodie bag isi snack.

Guru kelas menyambut antusias ide pesta syukuran dengan dekorasi cupcake ini. Menurut mereka sesi menghias cupcake  sekalian menjadi pelajaran seni untuk anak-anak di hari itu.

Saat pelaksanaan, ternyata seru sekali melihat anak-anak dan Raffa dengan semangat menyemprotkan frosting ke atas cupcake dan menghiasnya dengan cokelat warna-warni dan fondant kecil. Namanya anak-anak, jadi ada yang serius menghias, tapi ada juga yang sibuk makan hiasan cupcakenya. Ternyata anak-anak playgroup itu bisa menghias cupcake dengan baik, termasuk Raffa. Padahal tadinya sempat ragu, apakah anak playgroup sudah bisa menikmati kegiatan semacam ini atau belum.

Ketika pulang tiap anak bisa menaruh cupcakenya di wadah masing-masing untuk diperlihatkan ke orangtua,tapi banyak juga yang akhirnya langsung memakannya saat itu juga.

Setelah sesi dekorasi cupcake selesai, acara syukuran ulang tahun lalu ditutup dengan berdoa bersama: mendoakan Raffa agar selalu sehat dan bahagia dan tentu saja menyanyikan lagu ulang tahun untuk Raffa.

It’s a great school party for everyone terutama untuk Raffa. Terbukti ia senang sekali karena sepulang sekolah ia sudah minta untuk ulang tahun lagi dengan teman-teman tahun depan.

Seriusnya anak-anak diberikan contoh dekorasi cupcake di depan kelas oleh saya :)

6 Comments

  1. rainiw
    Aini Hanafiah April 1, 2014 at 2:35 am

    Happy birthday Raffa! waah tema pestanya unik, suka deh! anak nggak cuma ramai2 merayakan pesta tapi juga ada aktivitas seru yg engaging. Pasti pada bangga deh sama cupcake buatan masing2 :D

  2. eka
    Eka Wulandari Gobel April 1, 2014 at 10:07 am

    happy birthday, raffa! semoga sehat selalu dan tambah pinter yaa :*
    seru banget ulang tahunnya, sederhana tapi keren idenya!
    apronnya juga lucu, pasti deh anak-anak seneng banget. tfs ya, mama chitra!

  3. hananafajar
    hanana fajar April 1, 2014 at 10:09 am

    Wahhh ide nyaa kereen bangettt… Happy birthday Raffa…

  4. asti_kurniawan
    Chitra Novalastia April 1, 2014 at 11:03 am

    waa baru tau dimuaat artikelnya,senangg.tq urban mama ^^ hihi thank u so much ucapan ultahnya mama Aini,Eka dan Hana,ulang tahunnya sih udah lewat november kemarin,baru sempet nulis baru-baru ini hehehe :D

  5. ZataLigouw
    Zata Ligouw April 1, 2014 at 11:27 pm

    seruuu banget ultahnya Raffa.., colourful dan fun banget keliatannya! dan yang terpenting bikin anak2 tambah kreatif ya..

  6. ibumaliq
    ibumaliq April 4, 2014 at 10:12 am

    selamat ulan tahun raffa.. idenya unik dn cool banget chitra, tfs ya.. jadi tertantang untuk bikin acara ultah yang berani tampil beda seperti acaranya raffa :)

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.