Dapur dan Ruang Makan Ramah Anak

Salah satu resolusi saya tahun 2016 ini adalah mengisi rumah baru, yang rencananya akan kami tempati tahun depan. Yang paling PR buat saya adalah menata dapur dan ruang makan. Kebetulan, luas ruang untuk dapur saya juga cukup mungil. Jadi harus benar-benar dipikirkan, apa saja yang akan ditempatkan di ruangan tersebut.

Belum lagi, anak-anak saya juga suka melakukan aktivitas di dapur. Mereka senang sekali 'membantu' saya memasak atau cuci piring. Sehari-hari ketika saya memasak, dapur menjadi ruang paling heboh karena kedua putri saya saling unjuk kebolehan membantu mamanya.

Belajar dari pengalaman dan kebiasaan kami, saya mencoba untuk menata dapur dan ruang makan yang nyaman, menyenangkan serta ramah untuk seluruh anggota keluarga. Tujuannya, agar dapur dan ruang makan bisa menjadi tempat yang produktif sekaligus mempererat bonding antar anggota keluarga.

Kebetulan sekali, beberapa waktu lalu saya sempat mengikuti acara #TUMNgopiCantik bersama The Urban Mama dan IKEA. Acara ini memberi banyak sekali ide dan pengetahuan baru dalam menata serta menciptakan dapur dan ruang makan yang bersih, rapi, tertata baik namun tetap memenuhi kebutuhan keluarga. Dan yang paling penting, aman serta ramah untuk anak-anak.

Saya pun mulai rajin mengumpulkan referensi dan inspirasi design interior. Salah satunya dengan berkunjung ke website IKEA di sini. Di sana, saya menemukan beragam ide untuk interior rumah kami kelak. Mulai dari dekorasi rumah hingga tips pengaturan dan inspirasi membuat rumah lebih hijau. Saya tinggal berkreasi sesuai kebutuhan dan selera. Jadi makin semangat deh menata hunian masa depan.

Nah, awal bulan ini saya kembali berkunjung ke IKEA, tentu lengkap bersama suami dan anak-anak. Saya dan suami langsung jatuh cinta dengan system METOD yang merupakan salah satu inovasi dapur dari IKEA.

Sedikit curhat ya, anak-anak suka tidak sengaja menutup pintu lemari dapur dengan kencang. Mungkin karena terlalu semangat atau mereka memang belum bisa mengontrol tenaga dalamnya. Alhasil, engsel pintu lemari dapur kami jadi lebih rapuh. Nah, sistem METOD dari IKEA ini membuat pintu lemari bisa menutup dengan perlahan, meski ditutup dengan kencang. Cocok sekali bagi keluarga kami. Ditambah lagi, model dan warnanya sangat beragam. Anak-anak saya ikutan memilih warna untuk dapur kami.

Tak hanya itu, kami juga langsung jatuh cinta dengan meja makan tipe BJURSTA yang bisa dipanjangkan di sana. Cocok untuk ruang makan mungil kami. Jadi ketika nanti ada teman atau kerabat yang datang, kami tinggal memanjangkan mejanya sesuai kebutuhan. Warna dan modelnya yang basic cocok disandingkan dengan aksesori apapun.

Satu lagi yang saya suka saat belanja di IKEA. Seluruh furniture hasil belanjaan kami dikemas dalam paket dus yang flat sehingga mudah dibawa. Sisanya bisa dikirim dengan biaya yang cukup terjangkau.

Urban Mama yang juga sedang atau ingin mulai menata kembali interior rumah bisa coba berkunjung ke showroom atau website IKEA. Ada banyak sekali ide-ide seru dan menarik yang siapa tahu, bisa menjadi referensi atau inspirasi untuk menata rumah yang nyaman bagi keluarga tercinta. Selamat berkreasi.

10 Comments

  1. avatar
    Dewi Ratih Purnama July 16, 2016 3:28 pm

    hiks aku belom pernah ke IKEA ni Ndah, belom kesampean cita-cita yang satu ini sampe sekarang hehe.. semoga lancar dekor-dekor rumah barunya yaa..si kakak makin fotogenik deh:)

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    Eka Gobel June 21, 2016 10:34 am

    Suuh dapurnya IKEA tuh emang bikin mupeng yaa.. suka deh sama designnya yg simple dan selalu memperhatikan keamanan.

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    Honey Josep June 21, 2016 10:12 am

    emang ya dapur IKEA itu bikin ngeces! Segala apa yang ada di showroom-nya mau diadopsi :)

    mau nyobain METOD juga nih jadinya!

    Semoga proses ngisi rumah barunya lancar mama indah! :)

    1. avatar

      As .



  4. avatar
    zata ligouw June 20, 2016 12:59 pm

    ahahah Indah, sama aja yah anak2 di mana2, suka gak sadar kalo tenaganya kelebihan, hihihi..

    duh jadi pengen renov dapur dan ganti2 pake IKEA ;p

    1. avatar

      As .



  5. avatar
    Cindy Vania June 20, 2016 11:51 am

    Aduh aku jadi pengen banget deh renov dapur biar agak kece gitu kayak katalog IKEA :D
    Sistem METOD keren banget yaa,jadi kalo anak-anak nutup lemari gitu gak khaawtir bakal kejepit juga tangannya.

    Oh iya kakak indah,BJURSTA itu kuat kah yang sambungannya? gak akan kelipet sendiri waktu dipakai?

    1. avatar

      As .