Different Child, Different Brain, Different Needs Parenting Workshop

The Urban Mama

Scientific Learning USA dan BrainFit Indonesia menggelar sebuah kegiatan Parenting dan Educators Workshop yang telah berlangsung selama dua hari yaitu tanggal 23 Agustus 2011 di Palalada Restaurant dan tanggal 24 Agustus 2011 di Bina Nusantara International School. Ninit, Siska, dan beberapa member TUM juga hadir di acara ini. Pada kegiatan ini BrainFit Indonesia akan menghadirkan pembicara Internasional Dr. Martha Burns Ph.D seorang ahli Speech Language Pathologist dan juga Director di Scientific Learning Coorporation serta Regina Chin sebagai Lecturer dan Curriculum Consultant BrainFit Studio Singapura.

Tema ‘Different Child, Different Brain, Different Needs’ diangkat di hari pertama. Dibahas betapa pentingnya pemahaman “Brain Fitness” serta kognitif profil anak bagi orang tua yang dibawakan oleh Regina Chin. “Every brain is unique! Dengan proses “re-wired” yang sangat baik pada otak kita maka kita akan memiliki kemampuan daya pikir yang lebih cemerlang”, ujar Irene Phiter Direktur BrainFit Indonesia. Main course pada Parenting & Educators Workshop di hari pertama ini adalah pembahasan tentang memahami kemampuan berbahasa anak–anak, apa yang terjadi di dalam perkembangan otaknya. Dr. Martha Burns Ph.D juga menjelaskan dari sisi perspektif ilmiah apa yang terjadi pada anak anak yang mengalami keterlambatan bicara serta juga memberikan strategi untuk para orang tua bagaimana membesarkan seorang ‘skillful communicator’.

Di hari kedua, BrainFit Indonesia bekerjasama dengan Binus International School yang berlokasi di Simprug–Jakarta selatan, menyelenggarakan educators workshop yang bertajuk “Is Your School ready For 21st Century Student?”. Regina Chin memaparkan prinsip pengajaran dari persepektif neuroscience kepada para pengajar. Ciri ciri siswa di abad ke 21 yang membutuhkan pendekatan yang berbeda dari guru gurunya. Di sesi kedua, Dr. Martha Burns Ph.D mempresentasikan tentang Reading and the Brain, menceritakan keberhasilan Fast For Word(tm) di Amerika dalam membantu sekolah sekolah menerapkan teknologi dan mendapatkan hasil yang terakselerasi.

Irene Phiter dari BrainFit Indonesia juga menyajikan informasi tentang penggunaan teknologi di sekolah dan disertai dengan penampilan perwakilan dari dua sekolah yang akan membagi pengalaman tentang keberhasilan teknologi Reading Lab-nya.
Workshop ini dibagi menjadi dua kegiatan yang berbeda karena di hari pertama ditujukan kepada para orang tua sedangkan kegiatan di hari kedua banyak dihadiri oleh akademisi.

BrainFit Studio didirikan pada tahun 2001 di Singapura. BrainFit Studio didirikan oleh tim yang berdedikasi dan professional terutama tentang memaksimalkan potensi pada anak–anak. Dengan menggunakan “neuro-scientific program” untuk meningkatkan kinerja otak, program SMART dari BrainFit Studio telah membantu banyak anak meningkatkan kemampuan Sensor-Motor, Visual, Auditory, Attention dan Sosio-Emosional. BrainFit Studio pertama kali dibuka di Jakarta pada tahun 2007 yang terletak di Dharmawangsa Square. Saat ini sudah memiliki dua pusat lainnya yang terletak di Kelapa Gading dan Pantai Indah Kapuk.

4 Comments

  1. Indah Prabandono
    Indah Prabandono September 10, 2011 at 3:13 am

    Andai bisa ikutan hiks :’(

    Bisa baca-baca blognya Dr. Burns http://burnsparentsmart.blogspot.com/

  2. ninit
    ninit yunita September 11, 2011 at 6:14 am

    indah,
    wah sayang ya kemarin ga ikut… padahal spesial buat TUM member cuma Rp 100rb lho :)
    workshopnya sendiri seru banget. awal workshop, kita langsung maen games… ada 2 games dalam workshop ini. yg 1 lg seru banget, ngelatih otak kita.

    btw, dr burns ini keren banget deh presentasinya :)

  3. siska.knoch
    Siska Knoch September 13, 2011 at 10:57 pm

    Setuju sama Ninit, denger presentasinya dr burns yg lumayan panjang itu bener-bener ga berasa udah ngabisin waktu berjam-jam, dan masih inget banget satu konsep ngelatih otak anak kita ala dr burns dgn cara: talk, talk, talk – play play play :)

  4. eka
    Eka Wulandari Gobel September 16, 2011 at 1:16 am

    iih keren yaa.. sayang ga bisa ikutan.. :(

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.