Digital Scrapbooking

Seperti rata-rata orang tua, semenjak Airysa, anak pertama kami lahir, saya telah mengambil ratusan foto kehidupan sehari-harinya. Saya juga rajin menjournal perkembangan-perkembangannya: pertama kali tengkurap, makan solid food, duduk, belajar berdiri, dan sebagainya. Ketika Ai berusia 1 tahun, saya mengadakan pesta ulang tahun dengan mengundang saudara dan beberapa teman dekat. Saya juga menyewa fotografer untuk mengabadikan momen special tersebut.

Begitu banyak foto yang disimpan di dalam harddisk computer yang sebenarnya ingin saya rapikan dan sharing dengan saudara dan teman-teman. Tetapi awalnya saya agak bingung mau sharing dengan cara apa. Kalo hanya kirim foto saja tanpa cerita kayaknya kurang seru juga.

Sebenarnya saya pernah tanya-tanya mengenai paket baby’s 1st year yang sedang populer ke foto studio. Terus terang, harganya benar-benar tidak murah. Dan bagi saya hasil designnya kurang personal. Biasanya kita diminta memilih design-design yang sudah standard dan kalo mau direvisi itu bayar per jam. Saya ingin lebih leluasa mendesign layout-layout tersebut.

Bayangan saya sendiri untuk membuat 1st year photobook anak saya adalah dimana selain foto saya dapat mengabadikan hal-hal kecil yang mungkin akan terlupakan 1-2 tahun mendatang. Akhirnya setelah google saya menemukan apa yang dinamakan “Digital Scrapbooking”. Scrap sebenarnya berarti rongsokan. Scrapbook tradisional adalah album kenangan yang dibuat dengan cara menempelkan foto dan barang-barang “rongsokan” lain yang dapat berupa pita-pita, paper craft, kancing, sticker, dan lain-lain. Biasanya ada ditambah dengan journal yang bercerita tentang foto.

Digital scrapbooking mengambil konsep yang sama dengan scrapbook tradisional. Album kenangan berisi foto dan journal yang didekorasi dengan digital arts. Ukuran standar scrapbook adalah 12 x 12 inch atau 30x30 cm.

Akhirnya dengan sedikit pengalaman photoshop dan banyak tutorial online, saya mencoba mendesign 1st year Photobook anak sendiri dengan pesan dan kesan khusus. Di setiap bulannya saya ceritakan perkembangan anak secara detail. Ini menjadikan photobook tersebut lebih berarti dan spesial.

Sekarang saya jadi benar-benar hobby digital scrapbooking dan meneruskan foto dan mengabadikan momen-momen penting dalam scrapbooking.

Related Tags : ,

13 Comments

  1. avatar
    soraya pasulu February 16, 2013 9:59 am

    wiiihh keren bgt mom..^_^

    1. avatar
      Stuart Grad August 26, 2022 3:15 am

      https://sirinsoftware.com/blog/embedded-software-development-tools-research-of-the-market-and-trends/
      [https://sirinsoftware.com/blog/embedded-software-development-tools-research-of-the-market-and-trends/](https://sirinsoftware.com/blog/embedded-software-development-tools-research-of-the-market-and-trends/)
      https://sirinsoftware.com/blog/embedded-software-development-tools-research-of-the-market-and-trends/
      [url=https://sirinsoftware.com/blog/embedded-software-development-tools-research-of-the-market-and-trends/]https://sirinsoftware.com/blog/embedded-software-development-tools-research-of-the-market-and-trends/[/url]

      1. avatar

        As .



    2. avatar

      As .



  2. avatar
    Nila Putri November 26, 2012 4:05 pm

    bantu jawab yaa..setauku:
    digital scrapbooking dibuat dengan software adobe photoshop ato bisa dengan gimp, jadi bukan software khusus scrapbooking (dulu saya mikirnya pake software khusus scrapbook). kita bisa bikin manual dengan nempel gambar, font, dll. tapi ada juga yang versi quick pagenya, jadi udah jadi frame trus kita tinggal tempel foto. untuk frame gratisan, bisa ambil dari http://www.justsoscrappytoo.com/index.php?main_page=index&cPath=37, di situ banyak frame gratisan lucu2. ato bisa juga di http://www.laladigiscrap.com/p/freebie.html. bisa juga cari di tempat lain, banyak kok. kalo buat tutorialnya, ada disini mamas http://www.youtube.com/watch?v=nNUgRDKKgEE&feature=channel&list=UL
    HTH yaaa

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    rizki kurniaty husni November 10, 2012 10:49 pm

    mamas...mw donk info digital scrapbooking nya..hrs instal dulukah?free?

    1. avatar

      As .



  4. avatar
    Lintang Dwi Febridiani October 3, 2012 12:15 pm

    "digital" scrapbooking itu maksudnya dibuatnya pakai software tertentu? pin, badge, stiker untuk scrapnya berupa "icon" gitu ya? Nanti kalau udah jadi tinggal di print 1 halaman ? atau gimana sih?

    1. avatar

      As .



  5. avatar
    melisa May 14, 2012 3:38 pm

    haii momm... bisa tolong info ke aku gak dimana cari tuto untuk buat digital scrapbook... ehehhehe, soalnya aku mau banget belajar, di laptop udah ada adobe ps cs 4 tapi diriku ga ngertiii....

    1. avatar

      As .