Digital Scrapbooking

Angelclaud

Seperti rata-rata orang tua, semenjak Airysa, anak pertama kami lahir, saya telah mengambil ratusan foto kehidupan sehari-harinya. Saya juga rajin menjournal perkembangan-perkembangannya: pertama kali tengkurap, makan solid food, duduk, belajar berdiri, dan sebagainya. Ketika Ai berusia 1 tahun, saya mengadakan pesta ulang tahun dengan mengundang saudara dan beberapa teman dekat. Saya juga menyewa fotografer untuk mengabadikan momen special tersebut.

Begitu banyak foto yang disimpan di dalam harddisk computer yang sebenarnya ingin saya rapikan dan sharing dengan saudara dan teman-teman. Tetapi awalnya saya agak bingung mau sharing dengan cara apa. Kalo hanya kirim foto saja tanpa cerita kayaknya kurang seru juga.

Sebenarnya saya pernah tanya-tanya mengenai paket baby’s 1st year yang sedang populer ke foto studio. Terus terang, harganya benar-benar tidak murah. Dan bagi saya hasil designnya kurang personal. Biasanya kita diminta memilih design-design yang sudah standard dan kalo mau direvisi itu bayar per jam. Saya ingin lebih leluasa mendesign layout-layout tersebut.

Bayangan saya sendiri untuk membuat 1st year photobook anak saya adalah dimana selain foto saya dapat mengabadikan hal-hal kecil yang mungkin akan terlupakan 1-2 tahun mendatang. Akhirnya setelah google saya menemukan apa yang dinamakan “Digital Scrapbooking”. Scrap sebenarnya berarti rongsokan. Scrapbook tradisional adalah album kenangan yang dibuat dengan cara menempelkan foto dan barang-barang “rongsokan” lain yang dapat berupa pita-pita, paper craft, kancing, sticker, dan lain-lain. Biasanya ada ditambah dengan journal yang bercerita tentang foto.

Digital scrapbooking mengambil konsep yang sama dengan scrapbook tradisional. Album kenangan berisi foto dan journal yang didekorasi dengan digital arts. Ukuran standar scrapbook adalah 12 x 12 inch atau 30×30 cm.

Akhirnya dengan sedikit pengalaman photoshop dan banyak tutorial online, saya mencoba mendesign 1st year Photobook anak sendiri dengan pesan dan kesan khusus. Di setiap bulannya saya ceritakan perkembangan anak secara detail. Ini menjadikan photobook tersebut lebih berarti dan spesial.

Sekarang saya jadi benar-benar hobby digital scrapbooking dan meneruskan foto dan mengabadikan momen-momen penting dalam scrapbooking.

12 Comments

  1. ninit
    ninit yunita March 17, 2012 at 3:59 pm

    wahhh baca artikel ini seru banget yaaa digital scrapbooking itu. jujur aja belum pernah nyoba :) tapi setelah liat ini jadi pengeeen banget :)

    seru!

  2. fayruzfay
    Fayruz ghaniem March 18, 2012 at 6:41 pm

    bagus bnget scrapbooknyaa perna nyoba bikin si di dinding jaman SMA dulu :D jd pingin buat lg, foto musa&isa jg masi numpuk d compi..hihihihi

  3. sLesTa
    shinta lestari March 18, 2012 at 10:30 pm

    ih lucuu banget deh!

  4. shannon kimiko
    kimi hosana March 18, 2012 at 10:41 pm

    Ajari dong bunda aku pun jg sering bingung u rapiin foto. :-)ato tlg dibantu dibikinin hehehe;-)

  5. macysa
    Maria Cynthia March 28, 2012 at 8:13 pm

    bagus banget…bagi info dong sis…cari background dan detail2nya dimana sih??? hehe…*ketauan males browsing

  6. Honey Josep
    Honey Josep March 29, 2012 at 9:33 am

    wah… bagus banget!!

  7. mamarina
    Marina Astriana May 2, 2012 at 10:58 am

    Keren!!!! Selalu pengen coba bikin, tapi ga pernah kesampean :(

  8. melisa
    melisa May 14, 2012 at 3:38 pm

    haii momm… bisa tolong info ke aku gak dimana cari tuto untuk buat digital scrapbook… ehehhehe, soalnya aku mau banget belajar, di laptop udah ada adobe ps cs 4 tapi diriku ga ngertiii….

  9. Bunda Gaza
    Bunda Gaza October 3, 2012 at 12:15 pm

    “digital” scrapbooking itu maksudnya dibuatnya pakai software tertentu? pin, badge, stiker untuk scrapnya berupa “icon” gitu ya? Nanti kalau udah jadi tinggal di print 1 halaman ? atau gimana sih?

  10. riry husni
    rizki kurniaty husni November 10, 2012 at 10:49 pm

    mamas…mw donk info digital scrapbooking nya..hrs instal dulukah?free?

  11. nee
    Nila Putri November 26, 2012 at 4:05 pm

    bantu jawab yaa..setauku:
    digital scrapbooking dibuat dengan software adobe photoshop ato bisa dengan gimp, jadi bukan software khusus scrapbooking (dulu saya mikirnya pake software khusus scrapbook). kita bisa bikin manual dengan nempel gambar, font, dll. tapi ada juga yang versi quick pagenya, jadi udah jadi frame trus kita tinggal tempel foto. untuk frame gratisan, bisa ambil dari http://www.justsoscrappytoo.com/index.php?main_page=index&cPath=37, di situ banyak frame gratisan lucu2. ato bisa juga di http://www.laladigiscrap.com/p/freebie.html. bisa juga cari di tempat lain, banyak kok. kalo buat tutorialnya, ada disini mamas http://www.youtube.com/watch?v=nNUgRDKKgEE&feature=channel&list=UL
    HTH yaaa

  12. soraya pasulu
    soraya pasulu February 16, 2013 at 9:59 am

    wiiihh keren bgt mom..^_^

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.