DIY Marquee Letter Light

Almaviva Landjanun She loves creating stuff, more because she's kinda cheap mama, than just creative. Likes to carry mineral water and children's book enthusiast. She lives in Bandung with her husband, Ing Landjanun and their silly girl who has big sparkling eyes, Artanya Rinjani.

Rencana untuk membuat marquee letter light ini sebenarnya sudah lama. Hanya saja terkendala material, selain masalah waktu ya. Mencari lampu bohlam kecil itu susah sekali. Mungkin banyak yang jual, hanya saja kami yang susah mencari waktu buat hunting bohlam. Akhirnya kemarin ketemu semacam lampu hiasan pohon natal ini. Ukuran sama bentuknya sudah pas, tetapi masalahnya lampunya menempel permanen ke rangkaiannya, tidak bisa dibuka. Terus, nanti memasangnya bagaimana? Karena malas cari lagi, ya sudah dicoba saja dulu.

Untuk material struktur utamanya kami pakai cardboard karena tipis, gampang dipotong, tapi tetap kokoh/kaku. Hurufnya, tentu saja huruf A (sesuai nama saya) karena marquee letter ini kalau sudah jadi inginnya dipajang di meja rias saya.

Oke, pertama bikin bentuk konstruksi hurufnya dulu pakai pensil. Mudah saja kan membuat huruf A yang simetris di cardboard. Walaupun bikin bentuk dimensi huruf A itu gampang, menentukan titik lampunya agar jaraknya pas itu ternyata lumayan rumit.

marquee-1


marquee-2


marquee-3


Setelah potong-lipat, titik-titik lampu diberi lubang menggunakan pisau x-acto. Nah bagian tricky-nya di sini. Harusnya setelah diberi lubang tinggal pasang dudukan lampunya dari belakang, lalu nanti bola lampunya baru dipasang di dudukan yang sudah terpasang di tempat yang berlubang tadi. Tetapi berhubung ini bola lampunya tidak bisa dilepas dari rangkaiannya, jadi terpaksa antar titik lampu itu harus dibelah agar bola lampunya bisa masuk, dan dipasang satu-persatu sesuai lubangnya.

 

marquee-4


marquee-5


marquee-6


marquee-7


Berhubung kami membuatnya pakai cardboard dan semua sambungannya hanya pakai selotip kertas, jadi mau tidak mau harus diberi finishing agar selotipnya tidak terlihat. Padahal sebenarnya kalau tidak ada selotipnya, penampilan cardboard polos tanpa dicat pun sudah bagus.

Setelah diberi cat, beres deh. Tinggal dipajang di meja rias, atau boleh juga di lantai.

marquee-8


marquee-9


marquee-10


marquee-11


marquee-12


Bagaimana, sekarang lumayan keren kan meja riasnya? Untuk urban mama atau urban papa yang ingin membuat marquee letter light ini, jangan lupa dipersiapkan alat dan bahannyanya ya, seperti cardboard, cutter, pisau x-acto, penggaris, pensil, selotip kertas, party lamp dan terakhir cat acrylic. Untuk langkah-langkah pembuatannya bisa dilihat pada foto di atas. Selamat mencoba!

12 Comments

  1. avatar
    Honey Josep November 7, 2015 11:23 am

    ini keren banget!

    Nyanya emang jagonya, no doubt! :)

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    Siska Knoch November 7, 2015 7:17 am

    Keren banget!!!

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    Retno Aini November 4, 2015 5:11 pm

    Keren banget Nya! Jadi tergoda bikin ih...mana di sini lampu hiasan natal kecil2 mulai sale. Tfs yaa Nya :D

    1. avatar

      As .



  4. avatar
    littlenonibatik November 3, 2015 8:19 pm

    Wow this is seriously cool. Thanks for the tips

    1. avatar

      As .



  5. avatar
    Almaviva Landjanun November 2, 2015 1:58 pm

    terima kasih urban mamaaaa. Yuk dibikiiin!

    mama nara - itu bohlam khusus dekor ko yang buat party gitu. Ga panas. Bohlamnya aja dari plastik.

    1. avatar

      As .