DIY Sensory-Messy Play: Trapped Dinosaurs

Rasanya sudah lama sekali saya tidak membuatkan Keenan messy play. Suatu hari saat saya ke ATM di minimarket, mata saya terhenti pada sebungkus mainan dinosaurus karet. Karena memang sudah dari lama ingin membelikannya untuk Keenan, maka mainan dinosaurus warna warni itupun akhirnya dibeli juga.

Sampai rumah, saya langsung memeriksa jelly dan agar-agar putih di dalam kulkas. Ternyata selama ini belum terpakai sama sekali. Agar-agar dan jelly tersebut memang sengaja saya persiapkan membuat permainan sensory play bersama Keenan. Jadi sadar kalau selama ini cuma lapar mata belanja bahan-bahan saja namun idenya belum dieksekusi sama sekali.

Proses pembuatan sensory play dengan menggunakan jelly agar-agar ini cukup mudah, seperti membuat jelly agar-agar yang biasa dimakan. Pertama siapkan panci dan isi dengan 500 ml air, kemudian rebus. Sembari menunggu air mendidih, saya cuci semua mainan dinosaurus karet dan menyiapkan cetakan agar-agar.

Setelah mendidih, masukkan bubuk jelly atau agar-agar. Saya memilih agar-agar daripada jelly, karena agar-agar cenderung akan lebih mudah hancur saat dimainkan dibandingkan jelly. Setelah semua agar-agar larut tercampur rata, matikan kompor.

Adonan agar-agar panas telah siap, tuang adonan agar-agar ke dalam cetakan. Berikutnya, sisipkan mainan dinosaurus karet ke dalamnya.

Tak butuh waktu lama untuk mendapatkan agar-agar yang siap untuk dimainkan. Kalau ingin cepat, setelah agar-agar agak dingin, masukkan agar-agar ke dalam freezer tetapi jangan terlalu lama di freezer karena nanti akan keras menjadi es.


Awalnya ketika saya sodori satu nampan agar-agar untuk dieksekusi, Keenan sempat menolak. Dia nampak geli dan ragu untuk memegangnya. Akhirnya saya dan suami turun tangan. Kami ikut main, mengarahkan tangan Keenan untuk meremas agar-agar dan menunjukkan bahwa ada 'kejutan' di dalam agar-agarnya. Tak perlu waktu lama untuk Keenan akhirnya menikmati sensory play yang menyenangkan ini. Karena menggunakan agar-agar yang edible, urban mama tidak perlu khawatir membuat DIY sensory play ini jika putra atau putrinya masih hobi memasukkan segala sesuatu ke mulut. Keenan (14 bulan) juga sesekali memasukkan agar-agar ke dalam mulutnya. Namun selalu awasi si kecil saat bermain, dan pilih juga mainan karet atau plastik yang ukurannya tidak terlalu kecil agar tidak bahaya tertelan.

Sambil memainkan sensory play ini, urban mama-papa dapat sambil bercerita. Mungkin tentang dinosaurus yang terjebak es, sehingga harus diselamatkan. Atau mungkin mama punya imajinasi cerita lain yang lebih seru?

 



Hal-hal yang bisa diasah dalam permainan sensory play kali ini:

  1. Membedakan benda hangat dan dingin. Saya sengaja menyajikan agar-agar dalam kondisi dingin, fresh dari dalam freezer.

  2. Melatih koordinasi tangan dengan latihan meremas agar-agar.

  3. Membedakan berbagai tekstur, tekstur agar-agar yang licin dan keras dapat menstimulasi indera peraba anak.

  4. Permainan dan imajinasi 'menyelamatkan dinosaurus yang terjebak'.


 

Messy-play allows children to build, imagine, experience, investigate, explore, create, observe, predict, and use the senses (Jayne G, certified childminder). Tunggu apalagi, mama? Let's get messy!

11 Comments

  1. avatar
    Rian Rosita Luthfi March 8, 2016 2:36 pm

    Kak Ella: sama sama kak, mudah dan seru ya :)
    Mbak Cin: Thank ya Mbak idenya keceh!
    Woro: Ayoo cobain mom, dijamin ibu-bapaknya ikutan hebring!
    Maria: Yeay! Ah seru juga tuh, dingin dingin seruuuu!

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    maria soraya March 8, 2016 1:26 pm

    aku bikin kayak ini semalem, tapi gak pake agar2, pake air yang dibekuin + dikasi pewarna kuning :D

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    Woro Indriyani March 4, 2016 10:41 am

    Bagus idenya hihi jadi pengen cobain juga :) TFS mom

    1. avatar

      As .



  4. avatar
    Cindy Vania March 2, 2016 12:21 am

    Keenan semangat banget mainnya!
    Seru ya pegang-pegang jelly dingin kayak gini :)

    1. avatar

      As .



  5. avatar
    Gabriella F March 1, 2016 10:09 am

    Wah, ini mainannya sederhana tapi seru ya... lumayan untuk ide bermain anak-anak. TFS ya mama Rian...

    1. avatar

      As .