Dongeng Sekolah Tebing

superpippo

Saya mengenal nama Clara Ng karena membaca novel-novelnya yang ditujukan bagi orang dewasa. Dan inilah kali pertama saya membaca karya Clara Ng yang berupa cerita untuk anak-anak. Dongeng Sekolah Tebing adalah buku hardcover cantik yang terdiri dari 52 dongeng pendek, sesuai jumlah minggu dalam setahun, plus satu dongeng ekstra di akhir buku. Dongeng-dongeng ini mengisahkan kehidupan di sebuah sekolah terpencil bernama Sekolah Tebing yang terletak di Ujung Angin.

Bab-babnya dibagi dalam hitungan minggu, sehingga bisa dibaca satu dongeng per minggu (dan membuat anak kita penasaran menunggu kelanjutannya di minggu berikut), atau dibaca langsung beberapa bab sekaligus, untuk kemudian diulang berkali-kali (dijamin, nggak bakal bosen kok!).

Ada 13 orang murid dari berbagai latar belakang yang bersekolah di Sekolah Tebing. Menyenangkan sekali mengenalkan anak-anak kita kepada budaya beraneka ragam yang dikemas melalui tokoh-tokoh menarik: Tia, gadis cilik pindahan dari kota besar; Nur si manis yang berkerudung; Rosid yang berbadan besar dan berkulit hitam namun ternyata cadel, sampai Ling-ling yang merupakan keturunan Tionghoa. Berbagai kejadian menarik mereka alami, didampingi oleh guru bijaksana, Ibu Sheila.

Yang lebih seru, banyak juga dongeng tentang tokoh-tokoh hewan yang tinggal di sekolah dan sekitarnya. Cica si cicak, Koko, tikus kota yang berlibur di desa, atau Manis, kucing imut yang malas mandi. Bagian ini biasanya jadi favorit anak-anak yang lebih kecil (termasuk Yofel!).

Clara Ng juga termasuk penulis yang berani memasukkan tema-tema yang menyegarkan untuk anak kecil, seperti: mengapa angka 13 dibilang angka sial, padahal tidak ada alasan untuk itu. Lalu, ada juga cerita tentang Ilham yang punya adik baru dan harus menyesuaikan diri, juga Tia si anak kota yang terkadang masih kaget dengan suasana desa.

Dihiasi ilustrasi cantik berwarna lembut yang dibuat oleh Elia Elviana, buku terbitan Buah Hati ini tidak hanya menarik untuk anak-anak, tapi juga untuk orang tua yang membacakannya.

19 Comments

  1. ipeh
    Musdalifa Anas February 5, 2012 at 9:13 am

    Kebetulan lagi nyari buku dongeng, dan sangat pensaran dengan buku dongeng Clara Ng ini, pasti bagus deh. Thanks ya Trid atas reviewnya.

    1. superpippo
      Astrid Lim February 6, 2012 at 11:22 am

      iya bagus kok Peh, buat mamanya juga menarik =)

  2. ninit
    ninit yunita February 5, 2012 at 10:48 am

    baca review ini langsung beli!
    bagus ya ilustrasi di dalemnya… suka! tks astrid reviewnya.

    1. superpippo
      Astrid Lim February 6, 2012 at 11:23 am

      sama-sama Nit, jangan kapok yaaa kirim2 lagi hahaha…yg lain masih ngantri dibaca n direview =)

  3. fanny
    Fanny Hartanti February 5, 2012 at 11:16 am

    Karyanya mbak Clara mah emang jaminan mutu! Novel dewasa dan buku anaknya keren kereennn.
    Baca review ini jd tambah pengen beli buku ini :)

    1. superpippo
      Astrid Lim February 6, 2012 at 11:23 am

      naaah di bbrp novel dewasanya malah gw ada yg berasa kurang sreg fan..tp di dongeng ini semuanya OK =D

  4. eka
    Eka Wulandari Gobel February 5, 2012 at 1:42 pm

    udah sering denger ttg buku ini, jadi tambah penasaran setelah baca reviewnya Astrid. tar kalo ke toko buku mau beli ah, tfs, tid!

    1. superpippo
      Astrid Lim February 6, 2012 at 11:24 am

      sama-sama ekaaaa =D ceritanya universal, jd cowok n cewek masih masuk kok =)

  5. rimadamayanti
    rimadamayanti February 5, 2012 at 9:47 pm

    suka bingung kalo mau dongeng buat anak, baca review ini jadi pgn beli bukunya. tfs.

    1. superpippo
      Astrid Lim February 6, 2012 at 11:24 am

      ayuk, belanja buku =D gambar2nya bagus deh.

  6. wikit
    wikit February 6, 2012 at 7:36 am

    Udah ngincer tp blum sempat mampir ke toko buku :D
    Jadi makin yakin u/ segera memiliki :)
    TFS

    1. superpippo
      Astrid Lim February 6, 2012 at 11:25 am

      sip =) happy shopping n reading !

  7. IntanDian
    Dian Sarwono February 6, 2012 at 10:36 am

    Kalau untuk Kai dan Yofel udah bisa diceritain buku ini belum tich?

    1. superpippo
      Astrid Lim February 6, 2012 at 11:31 am

      bisa kok tan2, tapi emang buat mereka kayanya lebih menarik cerita2 tentang binatangnya deh ya…gambarnya bagus soalnya.

  8. Kira Kara
    Bunda Wiwit February 6, 2012 at 2:44 pm

    waaa.. jadi naksir nih… tambah lagi deh wish listnya… heuheu… ^_^

  9. jadeayu
    Ayu Prasanthi February 6, 2012 at 4:53 pm

    Okehh.. Harus dicari nih buku ini.. Langsung mendongeng buat my little man deh. Tfs mbak..

  10. Honey Josep
    Honey Josep February 7, 2012 at 12:55 pm

    wah… mau beli aaah :)

    thanks for the review Astrid :)

  11. Niniek Rofiani
    niniek rofiani February 7, 2012 at 2:31 pm

    tfs Moms, good reference. untuk bay under 1 tahun bisa juga ya

  12. vinividivici
    vinividivici February 16, 2012 at 9:31 am

    belinya dimana mba? di ols atau toko buku biasa adakah mba?

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.