Easy Apple Crumble

Saya suka sekali menyiapkan dessert yang bahannya berupa buah karena Naia (2thn 9bln) senang sekali makan buah. Jadi wajar saja kalau isi kulkas selalu penuh dengan buah segar, salah satunya apel!

Suatu hari saya ingat saya sudah lama sekali tidak membuat resep apple crumble ini, padahal dulu saking seringnya sampai saya bisa modifikasi sana sini dan menemukan resep yang sangat gampang dan cepat bagi saya yang waktu itu masih single dan tinggal sendiri. Ah ternyata, untuk kondisi saya yang sekarang working mama pun, resep ini berguna sekali untuk membuat kudapan atau dessert yang cepat saji, gampang, dan tentunya enak! Lama setelah saya taruh resepnya di blog, ternyata para urban Mama ramai sekali membahasnya di twitter. Jadi, saya share juga di sini supaya urban Mama bisa mencobanya untuk keluarga di rumah.

Bahan yang diperlukan:

  • 4-6 buah apel hijau (granny smith) atau apple untuk dimasak. Sebaiknya pilih apel yang keras (crunchy).

  • 1 cup brown sugar.

  • 100-125gr mentega dengan temperatur ruang, jangan dilelehkan.

  • 1/2 tsp bubuk kayu manis atau vanilla.

  • 1 tbsp lemon juice (optional).

  • 2 cups tepung, all purpose atau self-raising.

  • 1/2 cup oats/granola (optional).
  • Cara membuat:


      1. Kupas apel dan potong-potong dadu. Simpan ke dalam panci bersama 1/2 cup gula, jus lemon, bubuk kayu manis/vanilla dan 1 sdm mentega. Tutup dan biarkan masak di atas api kecil, sambil sesekali di cek dan aduk. Biarkan sampai apel empuk (kira-kira selama 30 menit).

      2. Setelah apel empuk, angkat dan sisihkan. Hancurkan caramel apel di panci dengan ditekan-tekan pakai pengaduk kayu secukupnya, jangan sampai jadi puree ya. Alternatif lain, tidak perlu di hancurkan, bisa langsung dipakai juga kok!

      3. Letakkan apel yang sudah dingin di pinggan. Sebarkan dengan rapi.

      4. Panaskan oven 150C sambil menyiapkan adonan crumble-nya. Di dalam mangkok lebar, masukkan sisa mentega, gula, dan tepung. Mulai dengan kocok mentega sampai hancur dengan whisk (jangan dengan mixer ya!) atau garpu. Lalu masukkan adukan gula, tepung, dan gandum (oats) perlahan-lahan sampai membentuk crumble. Apabila si kecil sudah cukup besar, boleh loh diajak di dapur untuk bikin crumble. Pasti seru banget!

      5. Kalau crumble sudah terlihat jadi, sebarkan di atas apple filling yang sudah disimpan di bawah pinggan. Jangan ditekan, cukup disebar saja.

      6. Masukkan ke dalam oven selama kurang lebih 30 menit. Angkat dan sajikan dengan es krim vanilla, kalau suka.
      7. Urban Mama, filling boleh diganti dengan buah-buah lain seperti stroberi, bluberi, bahkan nanas. Be creative and make your own fruit crumble :)

    Related Tags : ,

    21 Comments

    1. avatar
      Yusnita Bastianie July 6, 2011 5:14 pm

      Mmmm bisa jadi menu kudapan buat sabtu ini nih
      Tq mom...

      1. avatar

        As .



    2. avatar
      ririmamaoichii May 23, 2011 3:47 pm

      WAAA..nampak enyaakkk...nanti aku nyobain ah mba shinta...kmaren aku dah nyobain resep banana chocochip muffinnya mbaa...itu pertama kalinya aku bikin kue..kirain mau gagal gak taunya berhasil dan maknyooooossssssss...*joged2...tengkyouu soo sooo much ya mba..^^

      1. avatar

        As .



    3. avatar
      momsiyu February 5, 2011 3:49 pm

      Shinta, TFS yakk.. barusan bikin, enakkkk.. kata suami juga enak.. kayak dessert di hotel-hotel, gitu katanya..hehe..my toddler Tian juga sukaa..bolak balik minta maam melulu..:) bakalan bikin lagi dah.. buatnya juga cepet.. :) *happy mom* hihi..

      1. avatar

        As .



    4. avatar
      metariza February 4, 2011 2:56 pm

      Udah dua kali bikiiin gara2 ketagihan, hihi enak dan gampang bgt bikinnya. Thx ya Shin, resep2 lo emang dijamin enak, mudah n cepet.

      Btw suami gw yang gak suka kue/cake dengan bahan buah aja suka sama apple crumble ini (apalagi banana muffin lo, OOT yee)

      1. avatar

        As .



    5. avatar
      Anggie February 4, 2011 2:42 pm

      asiik ney... bs buat athar jg sey... tfs buat shinta..

      1. avatar

        As .