Eating Out With Toddler

chloe mummy

Makan di restaurant pasti nya sudah menjadi bagian dari semua keluarga. Urban Mama Papa pasti pernah mengajak si kecil untuk makan di luar rumah, kan?
Begitu juga bagi saya dan suami. Sebelum menikah dan sebelum punya anak pun, kami berdua enjoy eating out.

Anak kami, Chloe, sekarang sudah di usia toddler 2y7m. Setelah memiliki anak, tentu Chloe menjadi anggota baru acara eating out keluarga kami. Having kids doesn’t mean you have to sacrifice your social life. Kami suka sekali mengajaknya eating out. Baik keluarga inti saja, keluarga besar, atau bersama teman-teman.

Lalu bagaimana membuat Chloe enjoy saat kami makan siang atau makan malam bersama?
Saya memiliki beberapa tips.

1. Memberi Chloe snack dalam perjalanan menuju restaurant sebagai antisipasi bila makanan yang dipesan tidak datang dengan cepat.

2. Memilih restaurant yang menyediakan high chair.
Saya membiasakan Chloe untuk turun dari high chair atau jalan-jalan di restaurant bila semua sudah selesai makan.

3. Membawa peralatan “entertainment” favorit si kecil.

Untuk Chloe, dia sangat suka membaca, bermain, dan juga menggambar. Yang biasa saya bawa adalah pensil warna, spidol (yang bisa jadi stamp juga supaya seru!), kertas gambar, dan juga buku bacaan.
Barang-barang ini saya ganti-ganti atau saya tambah agar Chloe juga tidak bosan.

So far, semua ini berhasil. Chloe selalu duduk santai di high chair sambil menikmati permainannya, sambil menunggu order makanan datang, atau menunggu mama/papa selesai makan.

Beberapa urban Mama Papa mungkin ragu-ragu untuk mengajak si kecil eating out karena khawatir dengan sikap si kecil yang unpredictable, gelisah saat duduk di high chair, bersikap kurang manis, dan lain-lain. Bagi saya, semakin sering si kecil diajak eating out, si kecil akan belajar bersikap.

5 Comments

  1. lawatie
    susilawati sudira September 5, 2011 at 8:10 am

    wah..boleh jg tipsnya. selama ini faris (2,8) selalu gak sbrn kalo pesanan lom dtg..suka usil mo naik ke meja segala hehe..tfs y mom..

    1. yunitaariani
      YunCe September 5, 2011 at 9:49 am

      anak saya Yuna ( 13m) biasanya ikut makan bareng kami. cari makanan yang ga pedes n ga berbumbu banyak. alhamdulillah selama ini dia seneng2 aja :). paling rewel kalo dia mau ikutan nyendok makanan ato mau mainin makanannya :p

  2. citralestari_np
    citra lestari September 5, 2011 at 9:48 am

    makasihhh tipssnya, kalo anakku suka ga betah di high chairnya, mungkin mainan yang kubawa cuma dikit, kayanya kertas gambar ide yg bagus tuh momm..:)

  3. Ika_Ps
    Ika Ps September 5, 2011 at 6:45 pm

    wah yg kyk bgtu gk brlaku bt ghani, krn dy tu ghani the explorer, klo lg nggu dan kelar mkn, setelahnya wush..ngider deh k sktar, tp stju dgn kalimat bhwa makin srg dy d ajak eating out makin pinter, tfs mama…

  4. eka
    Eka Wulandari Gobel September 16, 2011 at 1:12 am

    chloe pinter banget deh..
    kalo lg eating out bgini, dante pengennya duduk di kursi dewasa, pengen nyuap2 sendiri, dan main2in makanan yg ada di meja. seneng kali dia sama suasana yg beda :)
    tfs ya ma, nanti coba diterapkan ke dante. mudah2an berhasil :)

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.