Empat Bayi Naga dari Bandung

muttimitha

Tanggal 8 Desember lalu menandai genapnya usia 1 tahun bayi naga keempat kami. Kami? Ya, kami: Sondang, Ranni, Mitha dan Wiwit. Kami hamil pada saat yang berdekatan. Sehingga menjalani kehamilan dan melahirkan juga berdekatan. Bisa dikatakan ini adalah birth club ala TUM tapi versi offline.

Sebelum mulai cerita tentang empat bayi naga ini, saya ingin bercerita dulu tentang awal perkenalan kami. Pada Oktober 2011, saya dan keluarga pindah mengikuti suami yang mendapatkan pekerjaan baru di Bandung. Saya senang sekaligus takut karena sama sekali tidak mengenal kota Bandung. Beberapa bulan sebelum kepindahan kami, saya memberanikan diri untuk mengirimkan pm via TUM ke mamod Eka, yang sebelumnya berdomisili di Bandung. Melalui Eka saya dikenalkan ke Wiwit, dan kemudian menjadi anggota BBG Wiwit dengan beberapa mama TUM Bandung lainnya.

Alhamdulillah terbantu sekali, mulai dari mendapatkan rumah yang kami tinggali sekarang, sampai mengenal pelosok bandung. Yang terpenting adalah mendapatkan teman-teman baru, yang bertemu dengan mereka serasa pulang ke rumah sendiri.

Kembali ke kisah bayi naga. Berawal dari niat untuk hamil bersama, tiba-tiba pada Januari 2012 Ranni memasang hasil test pack positif di group yang langsung disambut gembira oleh semuanya. Tak lama setelah itu, meluncurlah pengakuan Sondang bahwa ia juga sudah positif juga, bahkan sejak acara TUM 2nd Anniversary di Villa Datuk Manglayang. Pada bulan Februari giliran saya yang memasang foto test pack yang positif dan disusul Wiwit pada bulan Maret.

Waktu terus berjalan hingga akhirnya naga-naga kecil kami pun lahir, dimulai dengan Gamaliel Esmachiah Tamba, putra ketiga Sondang pada 8 September 2012. Lalu Ambarwati Yuna Irawan, putri kedua Ranni, pada 17 September 2012. Selang dua bulan kemudian Katrinka Alegra Garnaswara, putri ketiga saya pada 11 November 2012, dan ditutup dengan lahirnya Kevin Ernest Mahardika Mangunsong, putra kedua Wiwit pada 8 Desember 2013.

Memiliki support group ketika hamil (sampai sekarang malah) sungguh sangat membantu. Di sini kami saling menguatkan, saling memberi semangat, saling mengingatkan. Saling menenangkan atas kekuatiran akan sibling rivalry, maupun perbedaan pola asuh dengan para orangtua kami. Kami pun sama-sama berusaha meluangkan waktu untuk ‘us time‘ demi menjaga kewarasan, seperti membeli bubble tea bersama, kumpul-kumpul kalau ada teman TUM dari Jakarta seperti Chika, Meta, Crey, dan Mia, atau bahkan lunch date demi bebersih isi kulkas Ranni.

Semua itu tidak mungkin bisa saya dapatkan kalau saya tidak bergabung dengan The Urban Mama. Words can’t express how grateful I am for the new family I found here. Happy 4th birthday The Urban Mama. Semoga terus menginspirasi, semoga selalu bisa menjadi bagian kebahagiaan mama-mama di luar sana. Peluk hangat dari kami, dan empat bayi naga.

14 Comments

  1. Kira Kara
    Bunda Wiwit December 21, 2013 at 12:19 pm

    wow! kereeennn.. ada 4 bayi naga di ultah TUM ke-4.. suka! ♥ ♥ Tumbuh sehat dan cerdas ya.. *hugs*

  2. cynkoirewa
    Cynthia Koirewa December 21, 2013 at 4:20 pm

    Asiiikk euy, pengen juga ketemuan sama sesama birth club TUM yg lain :(

  3. ipeh
    Musdalifa Anas December 21, 2013 at 4:42 pm

    Mitha, terharu bacanya. Sama Mit, The Urban Mama sudah menjadi keluarga kita ya semua.
    Sehat selalu untuk 4 naga di bandung, mama-mamanya juga.

  4. gabriella
    Gabriella Felicia December 21, 2013 at 6:25 pm

    Wow… senang banget ya Mit… pindah ke kota baru dan bisa ketemu keluarga baru yang superkompak berkat TUM! Kereeeeen!

  5. siska.knoch
    Siska Knoch December 21, 2013 at 8:54 pm

    Mithaaa… pengalamannya seru banget! baru tau bener2 ceritanya disini ttg bayi naga :))
    terimakasih juga sudah bergabung dengan TUM ya. semoga 4 bayi naga selalu sehat, tumbuh kembang sempurna ya *tiyum satu-satu*

  6. sondang
    Sondang December 22, 2013 at 4:24 am

    Dan akupuuun selalu bersyukur pas awal Januari 2011 mau memberanikan diri sms Wiwit buat ketemuan di rumahnya. Pertama kali ketemu Ika, Rieka, Nyanya, Poy,dkk lewat forum Bandung kopdar. Ih macam di Kite Runner kata si Baba, ada beberapa hari yg bisa mengubah hidup selamanya, ihik, tuh hari Sabtu itu jadi salah satu hari yg macam begitu. Mengubah hari-hariku di Bandung, pastinya. Thanks TUM :)

  7. ZataLigouw
    Zata Ligouw December 22, 2013 at 8:18 am

    4 bayiiii naga, kerennn! semoga sehat selalu ya nakkk..
    Makasih artikelnya Mitha..

  8. eka
    Eka Wulandari Gobel December 22, 2013 at 3:48 pm

    aww..terharu bacanya :’)
    semoga selalu dikumpulkan dalam kebaikan dan keberkahan yaa :*

  9. giacitha
    giacitha December 23, 2013 at 7:30 pm

    aaa serruuu yaaa.. semoga sehat selalu semuanya dan tetap seru bareng2 :D

  10. Davincka
    Jihan Davincka December 24, 2013 at 7:47 pm

    Si naga-naga kecil ini sepasang-sepasang pula ya :D. Semoga tetap karib sampai menjadi naga-naga abege bahkan sampai level naga-naga dewasa nanti ;).

  11. mom lulu
    mom lulu December 30, 2013 at 9:30 am

    Setuju mom,klo ad tmn yang hamil nya relatif barengan jadi seru n bisa sharing.. Aq skr sedang hamil dan banyak tmnku yang sedang hamil jg,jadi klo ketemuan topik kehamilan,menghadapi kelahiran n manajemen ASIP jadi topik hangat hehe..

  12. elforeni
    MeLa naiBaHo January 3, 2014 at 7:53 am

    yeach….ada foto Gama *GET3*

  13. mama aoii
    mama aoii February 21, 2014 at 11:30 am

    salam kenal, sy baru di TuM….senengnya bs kumpul2 dan dpt temen baru..kalo boleh, kasih tau dong gimana cara dpt temen2 baru ini? sy jg domisili di bdg.anak sy skrg 11 bln..thank you..

  14. ezra regina
    ezra regina February 24, 2015 at 8:55 am

    salam kenal buat bunda semuanya, anak sayalahir desember akhir saya mau gabung dengan desember birth club caranya gimana ya, trimakasibunda2

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.