Ensiklopedia Tematik untuk Anak

Imelda Sutarno A working mom with two gorgeous krucils. Suddenly love the outdoor recreations as an impact of married with her scuba diver husband, Bambang. Take the kids from beach to the hill, from forest to the waterfall, will always give her (and her husband) joy and enthusiastic. Cooking isn’t her middle name but always trying to give her family the best food that she can. Now she lives in Jakarta.

Anak-anak adalah pribadi yang selalu ingin tahu. Terkadang kita sebagai orangtua kewalahan menghadapi rentetan pertanyaan-pertanyaan dari mulut mungil mereka. Kewalahan dalam arti capek karena pertanyaan tak kunjung henti, dan juga kewalahan karena bingung alias tidak tahu apa jawabannya.  

Apalagi kalau pertanyaannya berkaitan dengan dunia sains dan sejenisnya. Waduh, ilmu mama papanya belum sampai untuk menjawab banyak pertanyaan semacam itu. Sering di rumah saya tiba-tiba anak saya bertanya, "Kalau burung hantu itu makannya apa? Memamah biak itu apa? Bintang sama matahari itu kok kecil ya? Kalau angin tornado itu apa sih, Bu?"

Beruntung, saya menemukan buku berjudul Ensiklopedia Tematik.


Buku ini adalah buku terjemahan dari Disney Junior, dan di Indonesia diterbitkan oleh Erlangga Kids. Karena Disney, maka seluruh isi buku ini pun dipenuhi aneka karakter Disney yang terkenal, mulai dari Mickey Mouse, Donald Duck, Goofy dan Handy Manny. 

Terbagi menjadi 3 bab besar yaitu: Alam, Bumi, dan Hewan, buku ini memuat 365 fakta sains yang baik untuk diketahui anak-anak. Harapannya, dalam 1 hari anak akan mengetahui 1 fakta, sehingga waktu yang digunakan untuk memahami keseluruhan isi buku adalah 1 tahun (365 hari).

Teks fakta disajikan bersama foto asli dari objek yang sedang dibahas, siap membantu pemahaman anak akan wujud objek tersebut. Plus ilustrasi karakter Disney yang hadir menemani sang fakta di setiap halamannya.



Pembahasan tentang alam itu misalnya: apa itu cuaca, apa itu musim, dan apa itu sayuran. Kalau bumi, misalnya: apa itu meteor, planet, dan bintang?



Sementara untuk pembahasan hewan, sudah tentu tentang aneka ragam hewan yang ada di dunia ini dan fakta unik yang ada pada mereka, misalnya burung hantu ternyata tidak hanya membuat sarang di atas pohon, tapi juga pada liang di tanah.



Karena buku ini ditulis berdasarkan kondisi yang ada di Amerika sebagai negara asal Disney Junior, maka beberapa faktanya malah membuat saya sebagai orangtua, jadi ikut tertarik membaca buku ini. Misalnya penjelasan tentang apa itu taiga, tundra, musim gugur, yang mana semua ini tidak kita jumpai di Indonesia.





Secara keseluruhan, saya sangat terbantu menghadapi pertanyaan anak-anak dengan adanya ensiklopedia ini. Seru rasanya melewati hari-hari membaca aneka fakta sains bersama anak-anak di rumah. Ssst jangan bilang-bilang ya… terkadang kalau anak-anak sudah tidur, saya diam-diam fokus membaca buku ini sendirian, karena sejujurnya fakta unik tentang aneka objek di sekitar kita selalu menarik untuk diketahui.

 

Related Tags : ,,,

13 Comments

  1. avatar
    Honey Josep December 19, 2016 3:52 pm

    bukunya nampak seruuuuu! Bisa buat kado Natal Darren nih :)

    Tfs mama Imel :)

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    Eka Gobel December 16, 2016 9:09 pm

    Bagus banget bukunya! Iyaa sama mel. Seneng curi2 start kalo baca buku anak, terutama yg ilustrasinya bagus dan isinya seru. TFS ya mel, mau cari ah di toko buku.

    1. avatar
      Imelda Sutarno December 19, 2016 10:41 am

      eka maaf baru bales. Selamat hunting di toko buku ya. Hehe..kebiasaan curi-curi baca ternyata banyak dilakukan para mamas juga ya :)

      1. avatar

        As .



    2. avatar

      As .



  3. avatar
    Retno Aini December 16, 2016 4:02 pm

    Aaaa bagus banget ini ensiklopedianya, jadi ingat dulu waktu aku kecil juga baca ensiklopedia disney, tapi enakan yang ensiklopedia tematik ini ya, satu buku ada semua. thanks buat reviewnya ya mba Imelda...

    1. avatar
      Imelda Sutarno December 16, 2016 6:37 pm

      iya mbak aini, satu buku udah komplit ada semuanya. Jadi lebih ringkes ya. Sama-sama ya, semoga bermanfaat reviewnya :)

      1. avatar

        As .



    2. avatar

      As .



  4. avatar
    hanana fajar December 15, 2016 11:21 am

    wah asik dapat referensi buku keceh lagi...tfs mama imelda:)

    1. avatar
      Imelda Sutarno December 15, 2016 11:32 am

      iya, sama-sama ya mbak :)

      1. avatar

        As .



    2. avatar

      As .



  5. avatar
    Marsha Maria December 14, 2016 11:20 am

    ah kerenn.. jadiin wishlist dulu ah buat nanti belajar sama kait.. tfs mba imelda..

    1. avatar
      Imelda Sutarno December 14, 2016 1:07 pm

      iya mama kaitlyn. Beli sekarang juga gpp biar mamanya duluan yg baca. Seru loh :)

      1. avatar

        As .



    2. avatar

      As .