“Es Krim” Pisang Stroberi

luhayu

Gelato stroberi pisang siap dinikmati

Anak-anak saya pecinta es krim atau gelato. Sesekali bolehlah membeli, tapi setiap kali mereka menikmati es krim akan ditemani ceramah saya bahwa tidak boleh sering-sering, karena es krim itu kadar gulanya tinggi tidak baik untuk kesehatan mereka. Atau saat menikmati gelato, memang saya sedikit lebih tenang, karena menurut saya kandungan bahan alaminya lebih baik dibanding es krim yang sering kali hanya sekedar menggunakan perasa. Es krim rasa pisang, es krim rasa strawberry, dll. Jadi bukan menggunakan bahan aslinya, hanya sekedar rasa. Tapi disaat menikmati gelato yang satu scoop-nya bisa untuk membeli sekilo buah segar, alarm ibu-ibu pasti bicara: mahal, boros, dst.

Nah berawal dari sana, saya ingin sekali membuatkan mereka camilan yang serupa es krim atau gelato, tapi yang tidak membuat saya was-was dan cerewet. Ide datang karena sering melihat resep jus yang dicampur buah stroberi beku atau pisang beku, katanya membuat rasa jus lebih nikmat. Maka saya coba, membekukan stroberi dan pisang ambon matang pohon. Setelah beku, saya campurkan dalam wadah kemudian diblender, kebetulan saya menggunakan hand blender. Ternyata hasilnya melebihi harapan saya, lembutnya selembut es krim dan rasanya sesegar gelato, karena murni dari buah-buahan tanpa susu sama sekali. Makan banyak pun tidak menimbulkan rasa eneg sesudahnya. Gula? Tidak perlu ditambahkan, asalkan menggunakan pisang ambon matang pohon, maka hasilnya dijamin manis! Tapi kalau seandainya tetap mau ditambahkan rasa manis yang lain, madu bisa ditambahkan. Madu yang berkualitas baik atau maple syrup.

Bahan:

  • 200 gram stroberi
  • 2 buah pisang ambon matang pohon ( selain sebagai pemanis juga membuat tekstur menjadi lembut)

Stroberi dan pisang beku

Cara membuat:

  1. Cuci bersih stroberi lalu potong kecil-kecil, bekukan dalam freezer.
  2. Kupas pisang dan potong kecil-kecil, masukkan dan bekukan SEGERA, supaya tidak terlalu lama kena udara dan akhirnya menghitam. Rasa sih tidak berubah, tapi berpengaruh pada penampilan.
  3. Setelah buah beku, siapkan wadah dan blender. Masukkan sedikit demi sedikit agar mudah proses pencampurannya, karena yang dicampur adalah buah beku.
  4. Setelah tercampur rata dan lembut, segera pindahkan ke wadah dan simpan segera dalam freezer jika tidak langsung dinikmati.

Mudah sekali, kan? Mungkin urban mama juga bisa mencoba buah-buahan yang lain.

16 Comments

  1. dewiamel
    dewiamel May 3, 2013 at 5:02 am

    Ini camilan sore nya Kalam :D
    Kadang suka saya campur wortel atau apel. Enaaaaaak. Bubun nya jg suka minta hihihihi

  2. luhayu
    luh ayu kusuma sari May 3, 2013 at 9:11 am

    makasih tambahan ide nya bubun Kalam :)

  3. Kira Kara
    Bunda Wiwit May 3, 2013 at 12:06 pm

    waaah.. menarik nih idenya. Bisa untuk buah yang lain juga yach? Di rumah sering banyak pepaya dan pisang nih. Boleh dicontek nih idenya :) TFS

  4. marce febriyanto
    marce febriyanto May 3, 2013 at 1:01 pm

    waaah izin copas y,quin eskrim mania.. hampir tiap minggu beli eskrim wadah’n yg di SPM.. TFS mom

  5. Vibe
    Vibe May 5, 2013 at 1:57 am

    Keliatannya enak deh, itu beku2 keras langsung masuk blender tanpa air lg yah?

  6. luhayu
    luh ayu kusuma sari May 5, 2013 at 3:58 am

    @vibe: iya langsung beku dimasukin blender, dipotong kecil2 sebelum dibekukan supaya mudah dan lebih cepat waktu diblendernya. Saya nggak pake air lagi, hanya dari air buahnya. :)

  7. ellasmom
    Tania Darmawan May 5, 2013 at 10:17 pm

    ini harus langsung habiskah? atau bisa dibekuin lagi?

  8. Listya Nurina May 6, 2013 at 2:33 am

    Menarik bun, langsung coba ah

  9. luhayu
    luh ayu kusuma sari May 6, 2013 at 9:53 am

    @tania : Nggak mesti langsung habis, yang penting setelah dikeluarkan dari freezer utk diambil secukupnya, langsung masukkan lagi dalam freezer. :)

  10. inme
    inme May 6, 2013 at 5:20 pm

    wahh inspiratif bgt mam menu “eskrim2an”nya. Jdi pengen coba juga.. ^-^b

  11. middutt
    mia utami May 8, 2013 at 8:49 am

    ngiler…warnanya menarik banget yaaa

  12. agitacake
    agitacake May 10, 2013 at 3:14 pm

    wuah mudah sekali,, harus dipraktekkan. makasih ya bun.

  13. candraasti
    candraasti May 14, 2013 at 1:59 pm

    kalo gak ditambahin air sedikit ntar blendernya kasian dong.hehehe.btw hari ini sudah dibuat, sami dan hanah senang bgt.katanya kayak es krim bunda.tsf bunda

  14. garasi.lilisland
    Melania Marwan May 28, 2013 at 9:59 pm

    kebetulan ada strawberry di kulkas…segera dibuat. terimakaish resepnya.

  15. farah mama fakhira
    farah mama fakhira May 29, 2013 at 4:57 pm

    ngiler deehhhh,bener2 asli buah yaaa tanpa tambahan macem2…btw rasanya asem ngga mom,kadang kan strawberry tuh sering dapet yg asem

  16. luhayu
    luh ayu kusuma sari May 30, 2013 at 8:34 am

    halo mama Fakhira, nggak asem karena udah ada pisang nya :) anak saya yang perempuan jg gak mau strawberry karena asem, tapi kalo maem ini dianya doyan. Untuk itu, pisangnya mesti yang mateng pohon mam, supaya bener2 manis. selamat mencoba ya :)

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.