"Es Krim" Pisang Stroberi

[caption id="attachment_83387" align="alignnone" width="500" caption="Gelato stroberi pisang siap dinikmati"][/caption]

Anak-anak saya pecinta es krim atau gelato. Sesekali bolehlah membeli, tapi setiap kali mereka menikmati es krim akan ditemani ceramah saya bahwa tidak boleh sering-sering, karena es krim itu kadar gulanya tinggi tidak baik untuk kesehatan mereka. Atau saat menikmati gelato, memang saya sedikit lebih tenang, karena menurut saya kandungan bahan alaminya lebih baik dibanding es krim yang sering kali hanya sekedar menggunakan perasa. Es krim rasa pisang, es krim rasa strawberry, dll. Jadi bukan menggunakan bahan aslinya, hanya sekedar rasa. Tapi disaat menikmati gelato yang satu scoop-nya bisa untuk membeli sekilo buah segar, alarm ibu-ibu pasti bicara: mahal, boros, dst.

Nah berawal dari sana, saya ingin sekali membuatkan mereka camilan yang serupa es krim atau gelato, tapi yang tidak membuat saya was-was dan cerewet. Ide datang karena sering melihat resep jus yang dicampur buah stroberi beku atau pisang beku, katanya membuat rasa jus lebih nikmat. Maka saya coba, membekukan stroberi dan pisang ambon matang pohon. Setelah beku, saya campurkan dalam wadah kemudian diblender, kebetulan saya menggunakan hand blender. Ternyata hasilnya melebihi harapan saya, lembutnya selembut es krim dan rasanya sesegar gelato, karena murni dari buah-buahan tanpa susu sama sekali. Makan banyak pun tidak menimbulkan rasa eneg sesudahnya. Gula? Tidak perlu ditambahkan, asalkan menggunakan pisang ambon matang pohon, maka hasilnya dijamin manis! Tapi kalau seandainya tetap mau ditambahkan rasa manis yang lain, madu bisa ditambahkan. Madu yang berkualitas baik atau maple syrup.

Bahan:


  • 200 gram stroberi

  • 2 buah pisang ambon matang pohon ( selain sebagai pemanis juga membuat tekstur menjadi lembut)


[caption id="attachment_83384" align="alignnone" width="500" caption="Stroberi dan pisang beku"][/caption]

Cara membuat:


  1. Cuci bersih stroberi lalu potong kecil-kecil, bekukan dalam freezer.

  2. Kupas pisang dan potong kecil-kecil, masukkan dan bekukan SEGERA, supaya tidak terlalu lama kena udara dan akhirnya menghitam. Rasa sih tidak berubah, tapi berpengaruh pada penampilan.

  3. Setelah buah beku, siapkan wadah dan blender. Masukkan sedikit demi sedikit agar mudah proses pencampurannya, karena yang dicampur adalah buah beku.

  4. Setelah tercampur rata dan lembut, segera pindahkan ke wadah dan simpan segera dalam freezer jika tidak langsung dinikmati.


Mudah sekali, kan? Mungkin urban mama juga bisa mencoba buah-buahan yang lain.

16 Comments

  1. avatar
    luh ayu kusuma sari May 30, 2013 8:34 am

    halo mama Fakhira, nggak asem karena udah ada pisang nya :) anak saya yang perempuan jg gak mau strawberry karena asem, tapi kalo maem ini dianya doyan. Untuk itu, pisangnya mesti yang mateng pohon mam, supaya bener2 manis. selamat mencoba ya :)

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    Farah Diba May 29, 2013 4:57 pm

    ngiler deehhhh,bener2 asli buah yaaa tanpa tambahan macem2...btw rasanya asem ngga mom,kadang kan strawberry tuh sering dapet yg asem

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    garasi.lilisland May 28, 2013 9:59 pm

    kebetulan ada strawberry di kulkas...segera dibuat. terimakaish resepnya.

    1. avatar

      As .



  4. avatar
    candraasti May 14, 2013 1:59 pm

    kalo gak ditambahin air sedikit ntar blendernya kasian dong.hehehe.btw hari ini sudah dibuat, sami dan hanah senang bgt.katanya kayak es krim bunda.tsf bunda

    1. avatar

      As .



  5. avatar
    Agita paramita May 10, 2013 3:14 pm

    wuah mudah sekali,, harus dipraktekkan. makasih ya bun.

    1. avatar

      As .